Cara Install WordPress Theme Bagi Pemula

Setelah instalasi WordPress selesai, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, salah satunya yaitu memilih theme yang cocok dengan website Anda. Nah, di artikel ini Anda akan belajar tentang WordPress theme, bagaimana cara install dan pengaturannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar Isi

Apa Itu WordPress Theme?

Theme adalah komponen WordPress yang bertanggung jawab untuk mengatur aspek tampilan atau layout website agar lebih menarik. Instalasi WordPress theme diperlukan apabila theme standar yang disediakan WordPress tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Theme bisa diibaratkan seperti baju. Menarik atau tidaknya seseorang, salah satunya dipengaruhi oleh baju yang dipakainya. Begitu juga dengan website, tampilan website yang dibuat dengan WordPress tergantung dari theme yang digunakan.

Pada saat proses instalasi WordPress selesai, secara otomatis theme yang aktif adalah theme bawaan dari WordPress misalnya Twenty Twenty-Three pada WordPress 6.1. Theme ini mempunyai tampilan seperti gambar di bawah ini.

Jika Anda tidak suka dengan tampilan theme tersebut, Anda bisa mengganti theme tersebut dengan cara melakukan instalasi theme baru.

Multipurpose vs Niche Theme

Berdasarkan kegunaannya ada dua kategori WordPress theme yaitu multipurpose dan niche theme.

a) Multipurpose WordPress Theme

divi wordpress theme

WordPress theme dengan kategori ini bisa digunakan untuk website dengan tipe apa saja. Semua fitur yang mungkin dibutuhkan oleh website Anda biasanya sudah tersedia semua secara lengkap dan tinggal dipakai saja.

Salah satu keunggulan theme ini yaitu hanya dengan satu theme saja Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Jika Anda bermaksud untuk membuat banyak website dengan WordPress, theme ini sangat cocok. Anda hanya perlu memilih sebuah theme yang bagus dan Anda bisa menggunakannya di semua website tersebut..

Contoh multipurpose WordPress theme yaitu Divi, Avada dan Astra.

b) Niche WordPress Theme

hot coffee wordpress theme

WordPress theme dengan kategori ini dibuat untuk keperluan khusus, misalnya untuk sekolah, proyek amal, gereja, pernikahan dan sebagainya. Biasanya fitur yang ada pada theme tersebut tidak banyak dan hanya cocok digunakan untuk tipe website tertentu.

Berikut ini contoh niche WordPress theme:

WordPress ThemeHargaTipe Website
Craftio$49Tukang Kayu
ProGuards$69Jasa Keamanan
Corbesier$69Desain Interior
Hot Coffee$69Coffee Shop
Scientia$69Toko Buku

Free vs Premium Theme

avada wordpress theme

Berdasarkan nominal biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkannya, ada dua kategori WordPress theme, yaitu Free (gratis) dan Premium (berbayar).

Free WordPress theme bisa Anda download secara gratis. Ada ribuan theme gratis yang dapat Anda coba. Jika anggaran yang Anda miliki sangat terbatas, theme gratis merupakan pilihan yang tepat. Contoh website yang menyediakan theme gratis yaitu WordPress.org Theme Directory.

Berbeda dengan free WordPress theme yang bisa Anda dapatkan secara gratis, premium WordPress theme merupakan theme berbayar. Anda harus membeli theme tersebut jika Anda ingin menggunakannya.

Kalau bisa free, kenapa harus berbayar? Mungkin begitu yang ada di pikiran Anda.

Lalu apa bedanya Free dan Premium Theme?

Nah, berikut ini beberapa perbedaan utama antara theme gratis dan premium.

Free WordPress ThemePremium WordPress Theme
Bisa diperoleh secara gratis.Anda harus membeli theme tersebut.
Fitur sangat terbatas.Memiliki fitur yang lebih lengkap dan terus dikembangkan.
Biasanya jarang diupdate dan kadang jadi bermasalah apabila ada update terbaru pada WordPress.Sering diupdate dan pembuat theme selalu memastikan theme berjalan pada versi WordPress terbaru.
Layanan support sangat minimal.Memiliki layanan support yang handal. Anda dapat bertanya kapan saja apabila ada kesulitan ataupun konflik dengan plugin lain dalam menggunakan theme berbayar.

Berikut ini contoh premium WordPress theme:

WordPress ThemeHargaKategori
Divi$89Multipurpose
Avada$69Multipurpose
Enfold$59Multipurpose
GeneratePress$59Multipurpose
Astra$44Multipurpose

Di Mana Anda Bisa Menemukan WordPress Theme Yang Berkualitas?

Ada banyak WordPress theme dengan kualitas bagus yang bisa Anda gunakan di website Anda. Pertanyaannya, dimana Anda bisa menemukan theme tersebut?

Setiap WordPress theme biasanya menawarkan desain dan fitur unik yang membedakannya dengan theme lainnya. Anda dapat memulai pencarian theme yang tepat berdasarkan kebutuhan website Anda.

Jika anggaran dana yang Anda miliki cukup terbatas, theme gratis bisa Anda pertimbangkan. Ada banyak theme gratis yang bisa Anda pilih, baik itu yang multipurpose maupun niche theme.

Namun jika theme gratis tidak ada yang cocok dengan kebutuhan website Anda maka pertimbangkan untuk menggunakan premium theme.

Berikut ini beberapa situs web yang menyediakan theme dengan kualitas bagus:

a) WordPress.org Theme Directory

wordpress theme directory

Jika Anda ingin mencari theme gratis maka WordPress.org Theme Directory adalah tempat yang terbaik. Dengan jumlah theme yang mencapai ribuan, bisa dibilang WordPress.org Theme Directory merupakan situs penyedia theme gratis terbesar yang ada di pasaran.

Keuntungan menggunakan theme dari WordPress.org Theme Directory adalah mereka sudah melalui proses review yang sangat ketat. Itu artinya theme yang lolos dan dipublikasikan di situs web tersebut merupakan theme pilihan dengan kualitas yang bagus.

Berikut ini daftar 10 theme paling populer di WordPress.org Theme Directory:

Nama ThemeKategori
OceanWPMultipurpose
Hello ElementorMultipurpose
AstraMultipurpose
StorefrontOnline Store
GeneratePressMultipurpose
SydneyMultipurpose
NeveMultipurpose
ColorMagMagazine
HestiaMultipurpose
OnePressMultipurpose

b) Themeforest

themeforest marketplace

Saat ini bisa dibilang Themeforest merupakan situs marketplace paling populer yang menyediakan premium theme. Anda dapat menemukan beragam theme dengan harga yang murah di situs marketplace tersebut.

Ada lebih dari 11 ribu theme yang bisa Anda pilih di Themeforest dengan desain yang unik dan fitur menarik. Setiap theme sudah dikelompokkan sesuai dengan kategori tertentu sehingga Anda bisa menemukan theme yang Anda perlukan dengan mudah.

Berikut ini daftar 10 theme terlaris sepanjang masa di Themeforest:

Nama ThemeHargaKategori
Avada$69Multipurpose
The7$39Multipurpose
Betheme$59Multipurpose
Enfold$59Multipurpose
X | The theme$59Multipurpose
Flatsome$59Multipurpose
Bridge$69Multipurpose
Jupiter$59Multipurpose
Salient$60Multipurpose
Newspaper$59Multipurpose

c) Elegant Themes

elegan themes divi

Elegant Themes adalah situs web terkenal yang menjual Divi, salah satu premium WordPress theme paling populer di pasaran. Divi merupakan WordPress theme dengan kategori multipurpose yang artinya bisa digunakan untuk berbagai tipe website.

Divi dilengkapi dengan Divi Builder, sebuah page builder dengan fitur drag and drop yang bisa Anda gunakan untuk mendesain halaman website yang unik tanpa harus memiliki pengetahuan teknis apa pun.

d) Astra

wpastra

Astra adalah salah satu theme gratis yang paling populer di WordPress.org Theme Directory. Theme tersebut memiliki struktur kode yang ringan dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang mudah digunakan.

Astra dirancang agar kompatibel dengan berbagai page builder populer (seperti Elementor, Beaver Builder dan Divi Builder), berbagai alat pemasaran online dan beberapa plugin terkenal.

Astra juga merupakan theme “freemium” yang artinya tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan premium. Versi premium ditawarkan dengan harga mulai dari $59 dan dilengkapi dengan fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan versi gratisnya.

e) CSSIgniter

cssigniter wordpress marketplace

CSSIgniter menawarkan banyak koleksi premium WordPress theme untuk berbagai tipe website seperti restoran, hotel, majalah dan bisnis. Ada lebih dari 60 theme yang bisa Anda pilih dan semuanya sudah disertai dengan dokumentasi lengkap yang akan memudahkan Anda dalam menggunakan theme tersebut.

CSSIgniter menjual premium theme dengan harga mulai dari $49 per tahun. Anda juga bisa mendapatkan semua koleksi theme dengan dukungan dan pembaruan seumur hidup dengan harga $249.

f) Themify

themify wordpress marketplace

Themify tidak hanya menawarkan premium theme saja tetapi juga premium plugin. Themify Ultra adalah salah satu theme yang paling populer untuk situs web bisnis kecil.

Mereka menyediakan premium WordPress theme untuk berbagai tipe website seperti toko online, personal blog, majalah online, restoran, company profile dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hanya dengan $89 Anda bisa mendapatkan akses untuk mendownload semua premium theme dan plugin yang mereka sediakan.

Bagaimana Cara Install WordPress Theme?

Anda bisa melakukan instalasi WordPress theme lewat panel administrasi WordPress dengan dua cara yaitu metode search dan upload.

a) Install WordPress Theme Dengan Metode Search

Jika Anda ingin mencari theme gratis dari WordPress.org Theme Directory, cara instalasi yang paling mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan fasilitas pencarian yang ada di panel administrasi WordPress.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Appearance → Themes.

wordpress theme menu

Setelah ada di halaman yang memuat daftar WordPress themes yang terinstall di WordPress, klik tombol Add New yang berada di bagian atas.

wordpress add new theme

Selanjutnya Anda bisa memilih WordPress theme yang ingin Anda gunakan dengan fasilitas pencarian yang ada di halaman tersebut.

wordpress search theme

Apabila Anda sudah menemukan theme yang cocok, letakkan kursor mouse di atas gambar theme yang Anda pilih hingga muncul tombol Details & PreviewInstall, dan Preview. Selanjutnya klik tombol Install untuk melakukan instalasi.

wordpress install theme

WordPress akan segera menjalankan proses instalasi theme. Setelah selesai akan muncul pesan yang menyatakan bahwa instalasi sukses beserta tombol untuk mengaktifkan theme tersebut.

wordpress activate theme

Klik Activate dan tampilan website akan berubah sesuai dengan theme yang Anda pilih.

b) Install WordPress Theme Dengan Metode Upload

Cara pertama hanya bisa digunakan untuk melakukan instalasi WordPress theme gratisan yang tersedia di WordPress.org Theme Directory. Jika Anda ingin melakukan instalasi premium theme atau theme buatan Anda sendiri, Anda harus menggunakan metode upload.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Appearance Themes.

Setelah ada di halaman yang memuat daftar WordPress themes yang terinstall di WordPress, klik tombol Add New yang berada di bagian atas.

Selanjutnya klik tombol Upload Theme.

wordpress upload theme

Pilih theme yang sudah Anda simpan di komputer Anda dalam format .ZIP lalu klik tombol Install Now.

wordpress browse theme

WordPress akan segera menjalankan proses instalasi. Setelah selesai akan muncul pemberitahuan beserta link untuk mengaktifkan theme tersebut.

wordpress upload theme sukses

Klik Activate untuk mengaktifkan theme dan tampilan website akan berubah sesuai dengan theme yang Anda pilih.

Bagaimana Cara Mengatur Konfigurasi WordPress Theme?

Anda bisa mengatur tampilan website sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengklik menu Appearance Customize. Ada banyak elemen website yang bisa Anda sesuaikan, misalnya navigasi menu, typography, warna, layout, dan sebagainya.

Setiap theme biasanya mempunyai keunikan tersendiri. Jadi Anda tidak perlu bingung apabila menjumpai setting yang berbeda antara theme yang satu dengan yang lainnya. Anda tinggal mencoba satu persatu hingga mendapatkan tampilan website yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini tampilan customizer pada theme GeneratePress:

generatepress customizer

Jika Anda menggunakan theme yang lain, maka menu yang akan muncul pada Customizer kemungkinan besar berbeda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biasanya perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Penutup

Kami berharap artikel ini bisa membantu Anda untuk memahami apa itu WordPress theme, mengetahui bagaimana cara instalasinya dan bisa menemukan theme yang tepat untuk website Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar WordPress theme yang belum sempat kami bahas di artikel ini, jangan ragu untuk mengirimkan pesan kepada kami melalui form kontak. Tim kami akan memberikan tanggapan secepat mungkin.

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment