Cara Install WordPress Plugin Bagi Pemula

Setelah instalasi WordPress selesai, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, salah satunya yaitu memilih plugin yang tepat untuk website Anda. Nah, di artikel ini Anda akan belajar tentang WordPress plugin, bagaimana cara install dan pengaturannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar Isi

Apa Itu WordPress Plugin?

Plugin adalah komponen WordPress yang berfungsi untuk menambah fitur baru pada website. Kalau Anda ingin membuat website dengan WordPress, agar fitur yang tersedia lebih lengkap, Anda bisa melakukan instalasi WordPress plugin.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat toko online. Kalau hanya mengandalkan WordPress saja tentu saja tidak bisa. Anda harus menggunakan plugin tertentu seperti WooCommerce atau Easy Digital Downloads.

Begitu pula jika Anda ingin menambahkan form kontak di website Anda. WordPress saja tidak cukup, Anda harus menggunakan plugin seperti WPForms, Contact Form 7, Ninja Forms atau Formidable Forms.

Ada ribuan plugin yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah fitur pada WordPress. Seperti halnya WordPress themes, plugins ada yang Free (gratis) dan ada juga yang Premium (berbayar).

Di Mana Anda Bisa Menemukan WordPress Plugin Yang Berkualitas?

Ada banyak WordPress plugin dengan kualitas bagus yang bisa Anda gunakan di website Anda. Pertanyaannya, dimana Anda bisa menemukan plugin tersebut?

Setiap WordPress plugin biasanya menawarkan berbagai fitur unik yang membedakannya dengan plugin lainnya. Anda dapat memulai pencarian plugin yang tepat berdasarkan kebutuhan website Anda.

Jika anggaran dana yang Anda miliki cukup terbatas, plugin gratis bisa Anda pertimbangkan. Namun jika plugin gratis tidak ada yang cocok dengan kebutuhan website Anda maka pertimbangkan untuk menggunakan premium plugin.

a) Free WordPress Plugin (Gratis)

wordpress.org plugin directory

Jika Anda ingin mencari plugin gratis maka WordPress.org Plugin Directory adalah tempat yang terbaik. Dengan jumlah plugin yang mencapai ribuan, bisa dibilang WordPress.org Plugin Directory merupakan situs penyedia plugin gratis terbesar yang ada di pasaran.

Keuntungan menggunakan plugin dari WordPress.org Plugin Directory adalah mereka sudah melalui proses review yang sangat ketat. Itu artinya plugin yang lolos dan dipublikasikan di situs web tersebut merupakan plugin pilihan dengan kualitas yang bagus.

Setiap website memiliki kebutuhan yang berbeda, akan tetapi ada beberapa plugin yang harus dimiliki oleh setiap website, apa pun tipe website tersebut.

Berikut ini adalah 10 plugin penting dan gratis yang perlu Anda gunakan di website Anda:

Nama PluginKegunaan
Yoast SEOSearch Engine Optimization
Akismet Anti-SpamAnti Spam
WP Super CacheWebsite Caching
WPForms LiteForm Kontak
iThemes SecurityKeamanan Website
WP Mail SMTPEmail SMTP
UpdraftPlus – Backup/RestoreBackup Website
MonsterInsightsGoogle Analytics Dashboard
OptinMonsterLead Generation
AutoptimizeOptimisasi Website

b) Premium WordPress Plugin (Berbayar)

Ada banyak WordPress plugin gratis yang tersedia, lalu mengapa Anda perlu membeli premium plugin?

Memang benar bahwa sebagian besar plugin populer memiliki versi gratis tetapi fiturnya sangat terbatas. Bagi website kecil mungkin itu sudah cukup. Akan tetapi untuk website yang lebih besar atau untuk keperluan bisnis memerlukan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Berikut ini empat alasan mengapa premium WordPress plugin layak Anda pertimbangkan:

  • Fitur: Premium WordPress plugin menawarkan performa yang lebih baik dan fitur lengkap yang tidak terdapat pada sebagian besar plugin gratis.
  • Dokumentasi: Disertai dokumentasi yang lengkap sehingga Anda bisa mempelajari semua yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari plugin tersebut.
  • Customer Support: Dukungan pelanggan sudah termasuk dalam harga pembelian sehingga Anda bisa mendapatkan tanggapan yang lebih cepat ketika Anda memerlukan bantuan mereka.
  • Update: Premium WordPress plugin diperbarui secara teratur.

Mari kita lihat beberapa premium WordPress plugin yang perlu Anda ketahui.

Nama PluginKegunaan
Yoast SEO PremiumSearch Engine Optimization
WPForms ProForm Kontak
LearnDashOnline Course
OptinMonsterInternet Marketing
MemberPressMembership Website
Slider RevolutionSlideshow
iThemes Security ProKeamanan Website
Restrict Content ProMembership Website
TranslatePress ProMultilingual Website
WooCommerce Premium ExtensionOnline Store

Bagaimana Cara Install WordPress Plugin?

Anda bisa melakukan instalasi WordPress plugin lewat panel administrasi WordPress dengan dua cara yaitu metode search dan upload.

a) Install WordPress Plugin Dengan Metode Search

Jika Anda ingin menggunakan plugin gratis dari WordPress.org Plugin Directory, cara instalasi yang paling mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan fasilitas pencarian yang ada di panel administrasi WordPress.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins → Add New.

add new wordpress plugin

Selanjutnya Anda bisa mencari WordPress plugin yang ingin Anda gunakan dengan fasilitas pencarian yang ada di halaman tersebut. Sebagai contoh Anda akan mencari plugin WPForms maka ketikkan “wpforms” pada kotak pencarian seperti pada gambar di bawah ini lalu tekan tombol Enter.

search wordpress plugin

Apabila sudah menemukan plugin yang dimaksud, klik tombol Install Now untuk melakukan instalasi.

install plugin

Tunggu beberapa saat. WordPress akan segera menjalankan proses instalasi. Jika berhasil tombol Install Now akan berubah menjadi Activate.

activate plugin

Selanjutnya klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

b) Install WordPress Plugin Dengan Metode Upload

Cara pertama hanya bisa digunakan untuk melakukan instalasi plugin gratis yang tersedia di WordPress.org Plugin Directory. Jika Anda ingin melakukan instalasi premium plugin atau plugin buatan Anda sendiri, Anda harus menggunakan metode upload.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins → Add New.

add plugin

Selanjutnya klik tombol Upload Plugin.

upload plugin

Pilih plugin yang sudah Anda simpan di komputer Anda dalam format .ZIP lalu klik tombol Install Now.

browse plugin

Tunggu beberapa saat. WordPress akan segera menjalankan proses instalasi. Setelah selesai akan muncul pemberitahuan beserta link untuk mengaktifkan plugin tersebut.

upload plugin sukses

Selanjutnya klik tombol Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Penutup

Kami berharap artikel ini bisa membantu Anda untuk memahami apa itu WordPress plugin, mengetahui bagaimana cara instalasinya dan bisa menemukan plugin yang tepat untuk website Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar WordPress plugin yang belum sempat kami bahas di artikel ini, jangan ragu untuk mengirimkan pesan kepada kami melalui form kontak. Tim kami akan memberikan tanggapan secepat mungkin.

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment