Keuntungan Memiliki Email Dengan Nama Domain Sendiri

Harus diakui bahwa penyedia layanan email gratisan yang populer seperti Gmail, Yahoo, Outlook atau Zoho memberikan account email dengan berbagai macam kemudahan dan fasilitas yang menarik kepada penggunanya.

Anda tinggal mengisikan beberapa data pribadi seperti nama, alamat serta tanggal lahir dan selanjutnya dalam beberapa menit saja Anda sudah bisa memiliki alamat email secara gratis dengan kapasitas yang besar dan fasilitas serba mewah.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kalau Anda menggunakan layanan email gratisan tersebut untuk keperluan bisnis, misalnya sebagai alamat email perusahaan? Apakah menguntungkan atau justru merugikan?

Boleh saja Anda menggunakan alamat email gratisan untuk keperluan bisnis. Namun untuk kepentingan jangka panjang, bagi pelaku bisnis sangat disarankan untuk memiliki alamat email dengan nama domain sendiri.

Anda akan mendapatkan manfaat yang besar dengan menggunakan alamat email yang memuat nama bisnis atau perusahaan Anda. Dilihat dari sisi profesionalitas, secara tidak langsung hal ini bisa menunjukkan kepada calon pelanggan seberapa besar keseriusan Anda dalam bisnis tersebut.

Pelanggan akan lebih mudah mengingat nama bisnis Anda jika menggunakan alamat email dengan nama domain Anda sendiri. Logikanya, orang tentu akan lebih terkesan dan lebih mudah mengingat alamat email “kontak@namabisnis.com” daripada “namabisnis@gmail.com”.

Selain itu ada beberapa kesan negatif yang mungkin timbul bila Anda menggunakan alamat email gratisan, yaitu antara lain:

  • Bisnis yang Anda jalankan merupakan usaha dengan skala kecil atau tidak dikelola dengan baik.
  • Komunikasi lewat email bukanlah prioritas utama.
  • Perusahaan Anda tidak memiliki website resmi.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat alamat email dengan nama domain Anda sendiri?

PERTAMA, Anda harus mendaftarkan nama domain yang sesuai dengan nama usaha Anda.

Pilihlah nama domain yang pendek namun sudah bisa mewakili nama bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan. Biaya pendaftaran nama domain tidak terlalu mahal, antara 90 – 150 ribu rupiah dan itu berlaku untuk 1 tahun.

KEDUA, cari penyedia layanan email hosting yang cocok.

Perusahaan web hosting biasanya menawarkan paket yang memungkinkan pelanggan untuk membuat satu atau beberapa alamat email dengan nama domain mereka sendiri. Anda bisa membuat alamat email lewat kontrol panel yang disediakan oleh perusahaan web hosting, misalnya cPanel.

Biaya web hosting cukup bervariasi, ada paket hosting dengan biaya 5 ribu/bulan, 20 ribu/bulan, 100 ribu/bulan dan seterusnya, tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan web hosting.

Alternatif lainnya, jika Anda membutuhkan email dengan kapasitas besar, Anda bisa memanfaatkan penyedia layanan email yang memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk bisa menggunakan nama domain sendiri, misalnya Google Apps atau Zoho Mail.

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment