Cara Membuat Password Yang Kuat dan Aman

Bisa dikatakan bahwa membuat password itu gampang-gampang susah. Di satu sisi Anda ingin membuat password yang rumit agar tidak mudah ditebak orang lain, biar website lebih aman dari gangguan orang-orang yang suka iseng. Namun di sisi yang lain resikonya pun cukup besar, yaitu LUPA.

Dengan pertimbangan LUPA itulah sering kali membuat Anda cenderung menganggap remeh masalah yang satu ini yaitu dengan membuat password yang paling gampang diingat. Bahkan password yang “jelek” itu pun digunakan di semua sistem yang memakai password, entah itu Google, Yahoo, Facebook, dan sebagainya.

Apakah ada yang masih mempunyai kebiasaan seperti itu? Tenang saja, hampir semua orang juga seperti itu. Bahkan termasuk saya sendiri.

Sebetulnya tidak masalah jika Anda menggunakan password yang sama untuk semua sistem, asalkan password tersebut cukup aman digunakan dan yang paling penting BELUM ketahuan orang lain.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membuat password yang rumit, tidak mudah ditebak oleh orang lain tetapi mudah diingat?

Berikut ini 10 cara untuk membuat password yang bagus dan aman.

Buat Password Yang Panjang

Seringkali Anda membuat password yang pendek agar tidak mudah lupa. Tetapi resikonya sangat besar. Password yang pendek itu kelemahannya yaitu mudah ditembus. Tentu tidak ada yang ingin mengambil resiko seperti itu bukan? Nah, oleh karena itu sebaiknya Anda membuat password yang cukup panjang, minimal 8 karakter.

Jangan Menggunakan Kata-Kata Dalam Kamus

Nah, ini juga sering terjadi. Saking bingung mau membuat password lalu mencari kata-kata dalam kamus. Hindari cara seperti ini karena tidak aman. Banyak sekali program atau tool pembobol password yang didesain dengan cara mencocokkan kata dalam kamus.

Jangan Menggunakan Nama Anggota Keluarga

Nama anggota keluarga seperti nama anak, suami, istri, atau bahkan kucing kesayangan sering juga dipakai untuk membuat password. Hal ini sebaiknya juga dihindari. Jika seseorang tahu seluk beluk keluarga Anda, maka dia bisa juga menebak password Anda.

Kombinasikan Huruf Besar dan Huruf Kecil

Salah satu trik yang bagus dalam membuat password yaitu dengan mengkombinasikan huruf besar dan huruf kecil. Misalnya saja bagian awal dan akhir password menggunakan huruf besar, sedangkan sisanya huruf kecil atau bahkan sebaliknya.

Gunakan Karakter Khusus

Alangkah baiknya apabila Anda menyisipkan karakter-karakter khusus di dalam password yang Anda buat. Misalnya saja tanda tanya (?), tanda seru (!), bintang (*), dollar ($) dan sebagainya. Hal ini akan membuat password Anda sulit ditebak orang lain.

Gunakan Angka Sebagai Pengganti Huruf Tertentu

Trik lainnya yaitu dengan mengganti huruf-huruf tertentu dengan angka yang mirip. Misalnya saja “sorsawomagazine” bisa diganti dengan “s0rs4w0m464z1n3”. Hal ini juga akan membuat password yang Anda buat lebih aman.

Gabungan Kata Lebih Baik Daripada Kata Tunggal

Ada baiknya apabila Anda menggunakan gabungan kata untuk membuat password. Hal ini akan membuat password Anda lebih panjang dan sulit ditebak. Misalnya Anda bisa membuat password “1L0v3Y0u****” yang merupakan gabungan dari kata-kata “I Love You ****”.

Hapus Huruf Vokal

Trik lainnya yang cukup keren yaitu dengan menghapus setiap huruf vokal dalam password. Misalnya Anda membuat password “Srswmgzn” yang berasal dari kata-kata “Sorsawo Magazine”.

Gunakan Kata Yang Terbalik

Membalik kata juga merupakan salah satu teknik membuat password yang sangat aman dan tentu saja mudah diingat. Anda bisa membuat password dari kata atau istilah yang Anda sukai lalu dibalik. Misalnya “sorsawomagazine” kalau dibalik menjadi “enizagamowasros”.

Gunakan Password Generator

Alternatif terakhir, jika Anda sudah mentok dan tak tahu mau membuat password apa, Anda bisa membuat password menggunakan tool khusus misalnya Password Generator dari Norton. Anda akan mendapatkan password yang benar-benar aman dan rumit. Bahkan Anda sendiri pun akan sulit untuk mengingatnya, hehehe….

Barangkali ada yang mempunyai cara lebih praktis?

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment