7 Search Engine Paling Populer di Dunia

Saat ini Google merupakan search engine paling populer di dunia. Ditambah dengan popularitas ponsel berbasis Android yang sangat tinggi maka tidak heran jika Google dikenal oleh hampir semua orang.

Dengan market share yang mencapai lebih dari 70%, Google merupakan target utama untuk marketing online. Oleh karena itu setiap orang berkompetisi agar website yang dikelolanya bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Pertanyaannya sekarang, apakah Google merupakan satu-satunya search engine di dunia ini yang bisa Anda gunakan?

Tentu saja tidak.

Selain Google, masih banyak search engine lain yang bisa Anda gunakan. Meskipun popularitasnya masih kalah dengan Google, akan tetapi fitur yang mereka tawarkan tidak bisa dipandang remeh.

Berikut ini 7 search engine yang paling populer di dunia menurut situs NetMarketShare.com, diurutkan berdasarkan jumlah penggunanya.

Google

search engine google

Google merupakan search engine paling populer di dunia dengan market share lebih dari 70%. Selain itu Google juga menguasai pangsa pasar pencarian lewat perangkat mobile dengan market share lebih dari 85%.

Potensi pasar yang sangat besar menyebabkan Google menjadi pilihan utama untuk mendatangkan trafik website. Hanya saja persaingannya sangat ketat karena setiap orang juga memiliki keinginan yang sama yaitu agar website mereka muncul di halaman pertama Google.

Bing

search engine bing

Bing merupakan pesaing terbesar dari Google dengan market share mencapai 12% di seluruh dunia. Perlu diketahui bahwa saat ini Yahoo juga menggunakan Bing sebagai mesin pencari di websitenya.

Halaman pencarian Bing terlihat mirip dengan Google dengan kategori yang sama dan latar belakang putih, tautan biru dan URL hijau.

Kelebihan Bing yaitu mereka menawarkan “Rewards”, sebuah program yang akan memberi Anda poin ketika Anda berbelanja di search engine tersebut dan memungkinkan Anda untuk menebus poin itu dengan gift cards, donasi dan banyak lagi lainnya.

Baidu

search engine baidu

Baidu merupakan search engine paling populer di Tiongkok dengan market share mencapai lebih dari 75%. Di seluruh dunia, popularitas Baidu mencapai 11%. Tampilan website Baidu terlihat mirip dengan Google dengan latar belakang putih, tautan biru dan URL hijau.

Jika Anda membuat website atau toko online dengan target pasar di kawasan Asia, Baidu merupakan pilihan yang layak untuk dipertimbangkan untuk mendatangkan trafik ke website Anda.

Yahoo!

search engine yahoo

Yahoo! merupakan search engine yang sangat terkenal sebelum munculnya Google. Saat ini pengguna Yahoo masih cukup banyak dengan market share mencapai 2% di seluruh dunia.

Yahoo didukung oleh Bing sehingga hasil pencarian kedua search engine tersebut sangat mirip.

Yandex

search engine yandex

Yandex merupakan search engine yang paling populer di Rusia dengan market share mencapai 65%. Yandex juga populer di Ukraina, Kazakhstan, Turki dan Belarusia. Di seluruh dunia, popularitas Yandex mencapai 1%.

Yandex tersedia dalam beberapa bahasa yaitu diantaranya Inggris dan Cyrillic. Sebagai informasi, Yandex juga menyediakan layanan penyimpanan cloud sehingga pengguna dapat mencari file mereka dari kolom pencarian Yandex.

DuckDuckGo

search engine duckduckgo

DuckDuckGo merupakan search engine yang sangat menghargai privasi pribadi. Search engine tersebut tidak mengumpulkan atau menyimpan informasi pribadi Anda.

Dengan demikian Anda bisa melakukan pencarian informasi lewat DuckDuckGo dengan tenang tanpa harus khawatir ada yang mengawasi aktivitas Anda melalui layar komputer.

Popularitas search engine tersebut mencapai 0,4% di seluruh dunia.

Ask

search engine ask

Ask.com merupakan search engine yang cukup unik karena menggunakan format tanya jawab. Bila dibandingkan dengan Bing dan Yahoo, popularitasnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 0,2% saja.

Meskipun sebagian besar hasil pencarian yang disponsori oleh Ask.com didukung oleh search engine Google, Ask.com mempunyai algoritma asli yang lebih mengutamakan keahlian pada topik daripada popularitas.

Penutup

Google masih menjadi pilihan yang paling populer untuk mencari informasi lewat Internet. Akan tetapi Anda masih memiliki banyak alternatif search engine lain untuk digunakan tidak hanya Google saja.

Oleh karena itu, jika kebetulan Google tidak bisa diakses, sedangkan Anda perlu mencari informasi lewat search engine, Anda tidak perlu kebingungan lagi. Anda bisa memilih salah satu search engine di atas.

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment