Tutorial Lengkap SEO WordPress

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan SEO? Search Engine Optimization atau yang disingkat SEO adalah proses optimasi website dengan tujuan agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung lewat search engine.

Di era digital marketing seperti sekarang ini search engine merupakan sumber trafik website yang tidak ternilai harganya. Selain karena gratis, pengunjung yang menemukan website Anda lewat search engine lebih mudah untuk dijadikan sebagai target pemasaran dibandingkan mereka yang berkunjung ke website Anda karena melihat iklan yang Anda pasang.

Logikanya, seseorang menggunakan search engine tujuan utamanya yaitu untuk mencari informasi. Jadi kalau konten di website Anda muncul di halaman pencarian search engine maka itu artinya informasi yang dia butuhkan ada di website Anda.

Nah, kalau Anda jeli dalam melihat peluang bisnis maka Anda bisa menawarkan sesuatu, entah itu produk atau layanan kepada orang tersebut. Berhubung sedang membutuhkan, besar kemungkinannya dia akan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Menyadari bahwa trafik website yang berasal dari search engine itu sangat besar efeknya maka orang berlomba-lomba mencari cara agar website mereka mendapat posisi yang bagus di hasil pencarian search engine.

Nah, di artikel ini saya akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan SEO WordPress yaitu sebagai berikut:

Ingin tahu detailnya bagaimana? Baca terus pembahasannya di artikel ini!

Mengapa SEO Sangat Penting Untuk Website Anda?

pentingnya seo website
Photo by kuldeep singh licensed under Creative Commons Attribution 2.0 Generic

Sekarang ini kebanyakan orang mencari informasi lewat search engine, terutama Google. Apalagi sekarang ini kan jamannya orang mengakses Internet lewat ponsel dimana Google sudah menjadi aplikasi pencarian standar di ponsel Android.

Dalam artikelnya yang berjudul 10 Stats to Justify SEO, Search Engine Journal menulis bahwa 93% trafik Internet berasal dari search engine. Sebanyak 71% di antara pengguna Internet tersebut menggunakan Google untuk mencari informasi.

Jadi bisa Anda bayangkan betapa pentingnya SEO untuk saat ini.

SEO sangat penting, tak hanya untuk mendatangkan trafik pengunjung dari search engine saja tapi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas konten website itu sendiri.

Bisa dikatakan SEO merupakan cara berkomunikasi antara website Anda dengan search engine menggunakan “bahasa” yang mereka mengerti untuk memberikan informasi yang lebih detail kepada search engine tersebut tentang website Anda.

Ketika seseorang mencari informasi di Internet dengan mengetikkan kata kunci di search engine, pada prinsipnya terjadi seleksi di situ. Search engine akan memilah-milah setiap halaman website yang ada di database untuk menemukan halaman website yang sesuai dengan kata kunci dan mengurutkannya berdasarkan kriteria tertentu.

Jadi jangan heran apabila Anda mencari informasi lewat search engine ternyata yang muncul ribuan atau bahkan jutaan.

Siapa pun yang mempunyai website pasti ingin agar websitenya muncul di halaman pertama Google karena peluang untuk diklik lebih besar. Berhubung jumlah halaman web yang ada di Internet itu sangat banyak, mungkin bisa mencapai milyaran, maka terjadilah kompetisi untuk memperebutkan tempat di halaman pertama search engine.

Setiap orang berusaha dengan berbagai cara agar website mereka muncul duluan ketika seseorang mencari informasi lewat search engine.

Ada banyak faktor yang menentukan apakah website Anda akan muncul di halaman pertama Google atau tidak. Namun sayangnya faktor-faktor tersebut berada di luar kontrol Anda dan Anda tidak bisa mengetahuinya secara pasti.

Google mempunyai algoritma tertentu untuk menentukan apakah suatu website akan muncul di halaman pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Algoritma tersebut sifatnya rahasia dan selalu berubah setiap periode tertentu.

Anda memang tidak bisa mengontrol di halaman berapa website Anda akan muncul di Google karena tidak tahu algoritma yang dipakai Google. Namun demikian Anda tentu mempunyai kontrol terhadap website Anda sendiri bukan?

Jadi yang bisa Anda lakukan adalah membuat agar website Anda lebih disukai oleh search engine. Istilah kerennya adalah search engine friendly.

Lalu bagaimana caranya?

Konsep dasar dari SEO sebenarnya sangat sederhana yaitu bagaimana supaya konten website itu lebih mudah terindeks oleh search engine. Oleh karena itu dalam membuat konten website Anda perlu mengikuti standar dan aturan yang dibuat oleh search engine.

Apa Itu White Hat SEO dan Black Hat SEO?

black dan white seo
Photo by Shawn Collins licensed under Creative Commons Attribution 2.0 Generic

Ditinjau dari sisi cara yang digunakan dan target optimasinya ada dua istilah SEO yang cukup populer yaitu White Hat SEO dan Black Hat SEO.

Black Hat SEO adalah praktik SEO yang titik beratnya hanya pada search engine saja, tidak peduli apakah konten tersebut bermanfaat untuk pengunjung website atau tidak. Biasanya praktek SEO semacam ini menggunakan segala cara agar mendapatkan posisi bagus di search engine dengan cepat.

Contoh dari Black Hat SEO adalah dengan memposting link di banyak situs (meskipun konten situs tersebut tidak relevan) secara otomatis dengan software tertentu maupun manual dan menyisipkan kata kunci pada konten sebanyak-banyaknya.

Meskipun dampaknya cukup instan, Black Hat SEO tidak disukai oleh search engine. Website Anda bisa di-banned oleh Google jika ketahuan menggunakan cara-cara instan seperti ini.

White Hat SEO adalah kebalikan dari Black Hat SEO. Praktik SEO ini fokusnya adalah membuat konten website yang berkualitas dan mudah dibaca oleh pengunjung website dengan cara mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh search engine. Jadi titik beratnya adalah pengunjung bukan lagi search engine.

Cara mana yang sebaiknya digunakan? Kalau saya pribadi menyarankan untuk menggunakan White Hat SEO karena lebih aman dan efek jangka panjangnya akan lebih menguntungkan website Anda.

Apa Itu On-Page SEO dan Off-Page SEO?

on-page dan off-page seo

Secara garis besar ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimasi website Anda yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Apa yang dimaksud dengan On-Page SEO?

On-Page SEO adalah praktik SEO yang dilakukan dengan cara mengoptimasi bagian-bagian tertentu dari suatu website dengan tujuan agar lebih mudah terindeks oleh search engine.

Ada beberapa metode On-Page SEO yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas konten website Anda, yaitu sebagai berikut:

  • Atur struktur URL agar disukai oleh search engine
  • Optimasi Title Tag dan Meta Description
  • Gunakan Heading dan Sub Heading
  • Buat konten website yang unik dan berkualitas
  • Tambahkan dan optimasi gambar di website Anda
  • Buatlah desain website yang responsive
  • Sisipkan internal dan eksternal link di konten website Anda
  • Tingkatkan kecepatan akses website Anda
  • Tambahkan Social Sharing Button di website Anda

Berbeda dengan On-Page SEO, Off-Page SEO adalah metode SEO yang tidak bersentuhan langsung dengan website namun ikut berpengaruh terhadap rangking website Anda di search engine.

Banyak orang mengasosiasikan Off-Page SEO ini dengan link-building, namun sebenarnya tidak hanya itu. Pada umumnya Off-Page SEO harus dilakukan dengan cara promosi agar peringkat website di search engine lebih tinggi.

Ada beberapa metode Off-Page SEO yang bisa meningkatkan rangking website Anda, yaitu:

  • Link Building
  • Social Media Marketing
  • Social Bookmarking

Lebih penting mana, On-Page SEO atau Off-Page SEO?

Susah untuk menjawab pertanyaan seperti itu. Kedua metode tersebut sama-sama penting. Namun pada umumnya, On-Page SEO lebih diutamakan daripada Off-Page SEO. Mengapa demikian? Karena lebih mudah dilakukan.

Bisa dikatakan bahwa On-Page SEO adalah pondasi dari semua praktik SEO. Jadi sebelum fokus ke Off-Page SEO, website Anda harus dibenahi terlebih dahulu. Atau dengan kata lain On-Page SEO harus beres dulu. Kalau tidak, segala cara yang berkaitan dengan Off-Page SEO hasilnya tidak akan maksimal.

Instalasi Plugin SEO di WordPress

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang secara khusus dibuat untuk memudahkan Anda dalam melakukan optimasi website. Versi gratisnya bisa Anda download di website WordPress Plugins Directory.

Selain Yoast SEO, sebenarnya masih banyak plugin lain yang bisa Anda pakai untuk optimasi SEO di WordPress baik itu yang gratis maupun berbayar, misalnya saja SEMRushAll in One SEO PackSEOPress, dan Rank Math.

Anda bisa melakukan instalasi Yoast SEO lewat panel administrasi WordPress. Caranya yaitu klik menu Plugins > Add New. Selanjutnya ketikkan “yoast seo” pada kotak pencarian seperti pada gambar di bawah ini.

install yoast seo

Klik tombol Install Now untuk menginstall plugin tersebut. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Selanjutnya aktifkan plugin tersebut.

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan permalink itu?

Permalink adalah struktur URL dari website. Anda harus mengatur struktur URL di website Anda agar lebih optimal. Tujuannya yaitu agar website Anda lebih mudah terindeks oleh search engine khususnya Google.

Klik menu Settings > Permalinks untuk menampilkan halaman pengaturan Permalink.

Opsi permalink di WordPress yang direkomendasikan oleh banyak praktisi SEO yaitu Post Name. Pilih opsi tersebut lalu klik tombol Save Changes untuk menyimpan konfigurasi tersebut. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

setting permalink wordpress

Yoast SEO Configuration Wizard

Yoast SEO mempunyai fitur yang namanya Configuration Wizard yang memudahkan Anda dalam mengatur konfigurasi plugin tersebut untuk website Anda.

Caranya yaitu setelah login ke panel administrasi WordPress klik menu SEO. Anda akan menjumpai halaman pengaturan Yoast SEO seperti contoh di bawah ini.

yoast seo konfigurasi wizard

Pada bagian Problems, Anda akan bisa melihat apakah ada permasalahan yang akan mempengaruhi SEO di website Anda atau tidak. Jika ada maka atasi terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Anda bisa melihat kalau ada permasalahan pada website yang saya pakai sebagai contoh dengan keterangan “Huge SEO Issue: You’re blocking access to robots“. Jika Anda menjumpai permasalahan seperti itu ikuti saja instruksi yang ada di situ untuk mengatasinya. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

Dengan asumsi bahwa tidak ada lagi permasalahan di bagian Problems, Anda bisa memulai pengaturan konfigurasi Yoast SEO dengan mengklik link “configuration wizard” yang terdapat pada kotak dengan judul “First-time SEO configuration“.

Selanjutnya Anda akan menjumpai halaman pengaturan seperti contoh di bawah ini.

yoast seo wizard environment

Pilih opsi A pada bagian Environment agar website Anda terindeks oleh search engine lalu klik tombol Next.

yoast seo wizard site type

Pilih tipe website Anda pada bagian Site Type, misalnya online shop lalu klik tombol Next.

yoast seo wizard organization

Pilih opsi Organization atau Person sesuai dengan website yang Anda buat lalu klik tombol Next.

yoast seo wizard search engine visibility

Pilih opsi Yes pada bagian Search Engine Visibility agar semua konten bisa terindeks oleh search engine lalu klik tombol Next.

yoast seo wizard author

Jika Anda membuat website untuk Anda sendiri, pilih opsi No pada bagian Multiple Authors lalu klik tombol Next.

yoast seo wizard title setting

Atur Website Name dan pilih Title Separator pada bagian Title Settings lalu klik tombol Next.

yoast seo wizard learning

Anda bisa mengabaikan pengaturan pada bagian Continue Learning ini. Langsung saja klik tombol Next untuk melanjutkan.

yoast seo wizard sukses

Pengaturan lewat Yoast SEO Configuration Wizard sudah selesai. Selanjutnya klik tombol Close untuk kembali ke halaman Dashboard.

Mengatur Setting Title Tag dan Meta Description

Ketika Anda membuat konten di WordPress, baik itu dengan tipe Post maupun Page, Anda akan menemukan sebuah kotak (metabox) di bagian bawah editor WordPress dengan judul Yoast SEO. Di dalam kotak tersebut terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengatur konfigurasi SEO pada konten yang Anda buat.

yoast seo metabox

Pada kolom Focus keyphrase, masukkan kata kunci yang menjadi target dari konten website yang Anda buat.

Klik tombol Edit Snippet pada kotak Yoast SEO tersebut. Selanjutnya akan muncul form untuk mengatur SEO TitleSlug, dan Meta Description pada konten WordPress yang Anda buat. Anda bisa mengubah ketiga konfigurasi SEO tersebut agar lebih optimal.

Selanjutnya Anda bisa melihat hasil analisa yang dibuat oleh Yoast SEO berdasarkan Focus keyphrase yang Anda pilih pada bagian SEO Analysis.

Penutup

Bisa dikatakan bahwa SEO merupakan salah satu cara yang cukup murah dan efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung melalui hasil pencarian di search engine tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun untuk keperluan iklan.

Walaupun efek yang dihasilkan dengan SEO tidak terjadi secara instan, namun untuk jangka panjang, dengan menerapkan teknik-teknik SEO sesuai dengan standar dan aturan yang ditetapkan oleh search engine dampaknya akan sangat menguntungkan bagi website Anda.

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment