7 Editor Terbaik Bagi Programmer Yang Layak Dipertimbangkan

Bagi programmer, editor lebih dari sekedar alat bantu dalam penulisan kode program. Dengan editor yang tepat, seorang programmer bisa lebih produktif dan cepat dalam menyelesaikan sebuah program komputer.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa programmer itu membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi dalam bekerja. Oleh karena itu diperlukan editor dengan fitur yang lengkap agar programmer lebih nyaman.

Ada dua tipe editor yang bisa dipakai oleh programer yaitu IDE dan code editor. Apa beda kedua tipe editor tersebut?

Perbedaan mendasar antara IDE dan code editor yaitu terletak pada fungsinya.

IDE atau Integrated Development Environment merupakan editor pemrograman yang berfungsi untuk menulis, meng-compile, meng-execute dan sekaligus men-debug kode program. Biasanya IDE hanya fokus pada bahasa pemrograman tertentu dan sudah dilengkapi dengan compiler/interpreter yang spesifik untuk bahasa pemrograman tersebut.

Code editor fungsi utamanya hanya untuk menulis kode program saja. Oleh karena itu pada umumnya code editor mendukung bahasa pemrograman yang lebih banyak daripada IDE.

Jadi bisa dikatakan bahwa sebuah IDE pasti juga merupakan code editor.

Ada dua fitur utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih editor bagi programmer, yaitu code completion dan syntax highlighting.

Code competion adalah fitur untuk membantu programmer dalam mengingat fungsi-fungsi yang terdapat pada bahasa pemrograman yang dia gunakan dan biasanya juga dilengkapi dengan dokumentasi serta cara menggunakan fungsi tersebut. Dengan fitur tersebut fokus programmer tidak akan terganggu dengan aktivitas mencari dokumentasi karena semuanya sudah tersedia di situ.

Sedangkan syntax highlighting adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur tampilan kode program agar lebih terstruktur, mudah dibaca dan dipahami oleh programmer. Syntax highlighting diwujudkan dalam bentuk warna yang berbeda untuk fungsi-fungsi tertentu yang ada dalam kode program tersebut.

Setiap programmer biasanya mempunyai selera yang berbeda-beda dalam memilih editor. Tidak ada keharusan bagi programmer untuk menggunakan editor tertentu. Saya sendiri sebagai programmer PHP lebih suka menggunakan Netbeans untuk menulis kode program.

Walaupun sama-sama programmer PHP atau Java, belum tentu editor yang digunakan juga sama. Setiap programmer bebas untuk memilih editor yang akan dia gunakan. Bahkan kalau mau, Notepad saja sudah cukup untuk menulis kode program.

Ada banyak sekali editor yang bisa Anda gunakan saat ini, baik itu yang gratis maupun berbayar. Akan tetapi pada artikel ini saya hanya akan membahas editor yang gratis saja.

Netbeans

editor netbeans

Netbeans merupakan IDE favorit banyak programmer untuk menulis kode program. Netbeans sangat populer dikalangan programmer Java dan PHP. Selain gratis, IDE ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik.

Platform:Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, Solaris
Bahasa Pemrograman:Java ME & SE, JavaScript, HTML5, PHP, C/C++, XML, Groovy, Javadoc, JSP
Website Resmi:https://netbeans.org

Eclipse

editor eclipse

Eclipse merupakan IDE yang sangat populer di kalangan software developer. Eclipse mempunyai fitur yang sangat lengkap dan mendukung banyak bahasa pemrograman.

Platform:Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, Solaris
Bahasa Pemrograman:Ada, ABAP, C, C++, COBOL, D, Fortran, Haskell, Java, JavaScript, Julia, Lasso, Lua, NATURAL, Perl, PHP, Prolog, Python, R, Ruby, Ruby on Rails, Rust, Scala, Clojure, Groovy, Scheme, and Erlang, LaTeX, Mathematica
Website Resmi:https://www.eclipse.org

Visual Studio Xamarin

visual studio xamarin

Visual Studio Xamarin merupakan IDE yang dibuat oleh Microsoft. Editor ini bisa berjalan di berbagai platform serta mendukung banyak sekali bahasa pemrograman.

Platform:Linux, MacOS, Windows
Bahasa Pemrograman:C++ , C , C# , Visual Basic , PHP , JavaScript
Website Resmi:https://www.visualstudio.com/xamarin/

Visual Studio Code

visual studio code

Visual Studio Code merupakan code editor yang dibuat oleh Microsoft. Code editor masih relatif baru dan mendukung hampir semua bahasa pemrograman. Visual Studio Code juga dapat berjalan di berbagai platform, tidak hanya Windows.

Platform:Microsoft Windows, Mac OS X, Linux
Bahasa Pemrograman:Batch, C++, Clojure, CoffeeScript, DockerFile, Elixir, F#, Go, Pug template language, Java, HandleBars, Ini, Lua, Makefile, Objective-C, Perl, PowerShell, Python, R, Razor, Ruby, Rust, SQL, Visual Basic, XML
Website Resmi:https://code.visualstudio.com

Notepad++

editor notepad++

Notepad++ merupakan code editor yang mirip dengan aplikasi Notepad namun memiliki fitur yang jauh lebih lengkap. Notepad++ sangat populer di kalangan programmer karena sangat ringan dan mendukung banyak bahasa pemrograman.

Platform:Microsoft Windows
Bahasa Pemrograman:Ada, asp, Assembly, AutoIt, Batch, C, C++, C#, Caml, Cmake, COBOL, CoffeeScript, CSS, D, Diff, Flash ActionScript, Fortran, Gui4CLI, Haskell, HTML, INNO, Java, JavaScript, JSP, KiXtart, LISP, Lua, Makefile, Matlab, MS-DOS, INI file, NSIS, Normal Text File, Objective-C, Pascal, Perl, PHP, PostScript, PowerShell, Properties, Python, R, Resource file, Ruby, Shell, Scheme, Smalltalk, SQL, TCL, TeX, Visual Basic, VHDL, Verilog, XML, YAML
Website Resmi:https://notepad-plus-plus.org

Atom

editor atom

Atom merupakan code editor yang sangat ringan dan mudah digunakan. Atom dapat berjalan di berbagai platform serta juga mendukung banyak sekali bahasa pemrograman.

Platform:Microsoft Windows, Mac OS X, Linux
Bahasa Pemrograman:HTML, CSS, Less, Sass, GitHub Flavored Markdown, C/C++, C#, Go, Java, Objective-C, JavaScript, JSON, CoffeeScript, Python, PHP, Ruby, Ruby on Rails, shell script, Clojure, Perl, Git, Make, Property List (Apple), TOML, XML, YAML, Mustache, Julia & SQL
Website Resmi:https://atom.io

Brackets

editor brackets

Brackets merupakan code editor yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web. Code editor ini cukup ringan serta bisa berjalan di berbagai platform.

Platform:Microsoft Windows, Mac OS X, Linux
Bahasa Pemrograman:C++, C, VBScript, Java, JavaScript, HTML, Python, Perl, Ruby
Website Resmi:http://brackets.io

Itulah beberapa editor yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan penulisan kode program yang Anda buat. Kalau bingung mau pakai yang mana, bisa Anda coba satu persatu dan bandingkan mana yang paling nyaman dipakai.

Ingin punya website tapi tidak ingin pusing dengan masalah instalasi dan konfigurasinya? Manfaatkan saja layanan desain website yang kami sediakan. Layanan tersebut sudah termasuk web hosting dengan kapasitas minimal 1 GB serta fitur lain yang Anda butuhkan.

Leave a Comment