Pilih WordPress atau Blogger? Ini Dia Perbandingan Keduanya

wordpress blogger

Jika Anda sudah lama mengenal seluk beluk tentang blogging, Anda tentu tahu kalau saat ini ada dua platform blogging yang sangat terkenal yaitu WordPress dan Blogger. Keduanya sama-sama bagus dan menyediakan berbagai fasilitas yang sangat menarik untuk penggunanya.

Karena sama-sama bagus, biasanya blogger pemula akan bingung untuk menentukan platform blog apa yang akan mereka gunakan. Nah, pertanyaannya adalah sebenarnya diantara keduanya manakah platform yang terbaik?

Kalau saya pribadi, berhubung saya selalu menggunakan WordPress untuk membuat website, tentu akan menjawab WordPress lebih baik daripada Blogger. Tapi bagi orang yang biasa menggunakan Blogger mungkin akan menjawab sebaliknya.

Harus kita akui bahwa baik WordPress maupun Blogger tidak ada yang sempurna, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Nah, pada artikel ini saya akan mencoba mengulas perbandingan antara kedua platform tersebut.

Blogger

Kenapa saya mengulas Blogger terlebih dahulu? Pertama, karena Blogger lebih duluan ada ketimbang WordPress. Yang kedua, karena saya tahu Blogger lebih dulu daripada WordPress. Hampir sama ya, nggak apa-apa deh….

Kalau tidak salah Blogger atau Blogspot merupakan platform blogging yang paling tua. Blogger muncul pertama kali pada tahun 1999 dan saat ini sudah diakuisisi oleh raksasa search engine Google. Saat itu Blogger merupakan platform yang paling populer dan tak ada tandingannya meskipun banyak orang menganggap tampilannya kuno dan tidak menarik.

Kelebihan:

  • Gratis. Ya, kita tidak perlu bayar untuk membuat blog di Blogger. Kita hanya perlu alamat email saja untuk mendaftar.
  • Kita akan mendapatkan domain gratis tapi ada embel-embel blogspot.com atau kalau sekarang blogspot.co.id dibelakangnya misalnya nama-blog.blogspot.com. Namun jika diperlukan, kita bisa mengganti subdomain gratis tersebut dengan nama domain pilihan kita sendiri (custom domain) dengan cara mendaftarkan nama domain tersebut lebih dahulu.
  • Kita tidak perlu membeli paket hosting. Blogger sudah menyediakannya untuk kita secara gratis, bahkan dengan kapasitas yang luar biasa besar.
  • Kita bisa mengganti template sesuka hati. Akan tetapi kalau ingin memodifikasinya agak sulit kecuali kita menguasai bahasa HTML.
  • Tersedia berbagai macam plugin atau widget gratis.
  • Terintegrasi dengan Google Adsense dan Google Analytics.

Kekurangan:

  • Peraturannya sangat ketat. Jika kita melanggar maka blog kita akan hilang dari peredaran.
  • Fasilitas sangat terbatas. Kita tidak bisa menambah fasilitas lain di website kita, selain fasilitas yang telah disediakan oleh Blogger sendiri.
  • Kita tidak boleh menampilkan iklan selain dari jaringan Google Adsense.

Jika kita ingin membuat website tapi anggarannya sangat minim, Blogger merupakan pilihan yang realistis. Bahkan nantinya kita bisa memasang iklan Google Adsense di website kita. Selain itu kita juga bisa mengubah alamat website dengan nama domain pilihan kita sendiri. Dalam hal ini kita bisa mendaftarkan nama domain di mana saja tidak harus lewat Google.

WordPress.org

Kalau kita berbicara tentang WordPress sebenarnya kita sedang membicarakan WordPress.org. Mengapa demikian? Karena ada dua versi WordPress, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Nah, pada bagian ini saya akan membahas WordPress.org terlebih dahulu.

Saat ini bisa dikatakan WordPress merupakan platform yang paling populer, mengalahkan seniornya yaitu Blogger. WordPress.org muncul pertama kali pada tahun 2003 dan sejak itu terus berkembang dengan cepat. Menurut catatan statistik, di tahun 2018 ini hampir 32% website yang ada di Internet menggunakan WordPress.org.

Kelebihan:

  • Gratis. Kita tidak perlu bayar untuk menggunakan WordPress.
  • Instalasi sangat mudah. Banyak sekali penyedia layanan hosting menyediakan fasilitas installer otomatis untuk WordPress.
  • Kita bisa mengatur tampilan website sesuka hati. Tersedia ribuan themes gratis maupun premium yang bisa kita pakai.
  • Kita bebas menggunakan WordPress untuk membuat website apa saja, misalnya blog, toko online, portal berita, forum diskusi, company profile, dan sebagainya.
  • Kita bisa menambahkan fasilitas di website kita sesuai kebutuhan dengan menginstall plugin tambahan.
  • Kita bebas menempatkan iklan di website kita.

Kekurangan:

  • Perlu nama domain dan hosting. Kita harus mendaftarkan nama domain dan membeli paket hosting untuk membuat website dengan WordPress.
  • Instalasi, pengaturan konfigurasi dan backup harus kita lakukan sendiri.

Jika kita ingin membangun website untuk keperluan bisnis, WordPress.org merupakan pilihan yang ideal. Kita bisa mendapatkan kontrol penuh terhadap website kita sendiri. Selain itu kita juga bebas mengatur tampilan website sesuai dengan selera kita.

WordPress.com

WordPress.com adalah penyedia layanan hosting blog gratisan seperti halnya Blogger. WordPress.com bisa dikatakan sebagai adiknya WordPress.org dan merupakan salah satu lini bisnisnya para programmer yang ada di belakang software WordPress itu sendiri.

Pada prinsipnya software yang digunakan tetap sama yaitu WordPress yang tersedia secara gratis di situs WordPress.org. Bedanya adalah kita tidak perlu menyediakan nama domain dan hosting sendiri.

Kelebihan:

  • Gratis. Kita tidak perlu bayar untuk membuat blog di WordPress.com. Kita hanya perlu alamat email saja untuk mendaftar.
  • Kita akan mendapatkan domain gratis tapi ada embel-embel wordpress.comdibelakangnya misalnya nama-blog.wordpress.com.
  • Kita tidak perlu membeli paket hosting. WordPress.com sudah menyediakannya untuk kita secara gratis, bahkan dengan kapasitas yang cukup besar.
  • Tersedia banyak themes yang bisa kita pilih untuk mengatur tampilan website.

Kekurangan:

  • Jika kita ingin mengganti subdomain gratis yang disediakan oleh WordPress dengan nama domain pilihan kita sendiri (custom domain), kita harus upgrade ke versi berbayarnya.
  • Kita tidak bisa memodifikasi tampilan sesuka hati, kita perlu upgrade ke versi berbayarnya.
  • Kita tidak bisa menambah plugin sendiri sesuka hati.
  • Kita tidak boleh menempatkan iklan di website kita. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika pihak WordPress.com sendiri yang akan menempatkan iklan mereka di website kita. Dengan kata lain kita tidak mempunyai kontrol terhadap website kita sendiri.
  • Akan ada iklan dari WordPress pada footer website kita, yaitu “Create a free website or blog at WordPress.com”, serta link ke theme yang kita gunakan.

Jika kita tidak punya uang untuk membeli nama domain serta hosting, hanya ingin menulis artikel saja dan tidak tertarik untuk mengutak-atik tampilan website, WordPress.com layak kita pertimbangkan.

Nah, sekarang sudah tahu perbedaan antara WordPress dan Blogger bukan? Jadi mau pilih yang mana? Silahkan dipertimbangkan secara seksama kelebihan dan kekurangan kedua paltform tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *