Embedding, Cara Praktis Sisipkan Video dan Audio di WordPress

wordpress embedding

Tahukah Anda kalau kita bisa menyisipkan status Twitter atau video Youtube di WordPress dengan sangat mudah?

WordPress mempunyai fitur keren yang barangkali tidak semua orang tahu, yaitu WordPress Embedding. Dengan adanya fitur embedding itu kita bisa menyisipkan dokumen dari website lain, entah itu video, audio, presentasi atau yang lain ke dalam konten yang kita buat di WordPress.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress

Nah, di dalam artikel ini kita akan sedikit membahas apa dan bagaimana WordPress Embedding itu.

Apa Itu Embedding?

Embedding artinya yaitu menyisipkan konten dari website lain yang berupa video, audio, tweet, atau dokumen lain ke dalam artikel atau tulisan di WordPress. Makna menyisipkan di sini tidak sama dengan mengkopi karena konten yang disisipkan tersebut tetap di-hosting di situs asalnya.

Dengan fitur embedding kita tidak perlu lagi mengupload video, audio, dan dokumen lain yang ukurannya cukup besar ke server hosting kita sendiri. Tentu saja ini sangat menguntungkan karena menghemat bandwidth dan kapasitas penyimpanan yang kita miliki.

Untuk menyisipkan video, audio atau konten lain ke dalam artikel di WordPress caranya sangatlah mudah. Kita hanya memerlukan alamat URL dari konten tersebut. Namun perlu diingat bahwa tidak sembarang konten bisa disisipkan di WordPress. Hanya konten dari website tertentu saja.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Mengupload Video ke WordPress

Berikut ini daftar website yang didukung oleh WordPress Embedding:

Nama Situs LayananJenis Konten
AnimotoVideo
BlipVideo
CloudupVideo, Galeri, Gambar
CollegeHumorVideo
DailyMotionVideo
FlickrVideo, Gambar
FunnyOrDieVideo
HuluVideo
ImgurGambar
InstagramGambar
IssuuDokumen
KickStarterProyek
MeetupAneka Macam
MixcloudMusik
PhotobucketGambar
PollDaddyPoling dan Survei
RedditPosting dan Komentar
ReverbNationMusik
ScribdDokumen
SlideSharePresentasi
SmugMugAneka Macam
SoundCloudMusik
Speaker DeckPresentasi
SpotifyMusik
TEDVideo
TumblrAneka Macam
TwitterMedia Sosial
VideoPressVideo
VimeoVideo
VineVideo
WordPress.tvVideo
YoutubeVideo

Apa Manfaat Embedding?

Fitur embedding di WordPress mempunyai manfaat yang sangat besar. Tanpa embedding, kalau kita ingin menyisipkan video, audio, atau dokumen dari website lain, kita harus menggunakan cara manual yaitu mengcopy-paste kode yang disediakan oleh penyedia layanan tersebut.

Kalau hal tersebut tidak memungkinkan, mau nggak mau kita harus mengupload video, audio, atau dokumen tersebut ke server hosting yang kita gunakan. Setelah itu baru bisa disisipkan di konten website.

Ada pengorbanan yang harus kita lakukan jika menyimpan dokumen berukuran besar seperti video atau audio di website kita sendiri. Selain mengorbankan kapasitas ruang penyimpanan file di paket hosting yang kita miliki, kita juga harus berkorban bandwidth.

Perlu diketahui bahwa bandwidth Internet itu mahal sekali harganya. Tentu saja kerugian besar jika bandwidth di website kita habis untuk menampilkan video dan audio. Lama-lama kecepatan website kita akan menjadi lambat jika banyak pengunjungnya.

Dengan embedding hal itu tidak akan terjadi. Mengapa demikian? Karena tidak ada video atau audio berukuran besar yang disimpan di server hosting kita. Video, audio atau dokumen yang di-embed di website kita itu tetap tersimpan di penyedia layanan.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Embedding di WordPress?

Cara menggunakan fitur embedding di WordPress sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengetahui alamat URL video, audio, atau dokumen lain yang ingin kita sisipkan di WordPress.

Sebagai contoh berikut ini cara menyisipkan video Youtube ke WordPress. Pertama, buka editor WordPress lalu klik tombol + yang ada di bagian kiri atas editor.

Klik ikon Youtube yang berada pada kelompok Embeds.

youtube embed

Masukkan alamat URL video yang ingin kita sisipkan lalu klik tombol Embed.

youtube embed

Selanjutnya video akan muncul pada editor WordPress seperti gambar di bawah ini.

youtube embed

Untuk konten dari penyedia layanan lain caranya hampir sama. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *