Panduan Mencegah Spam di WordPress Dengan Antispam Bee

wordpress antispam bee

WordPress mempunyai musuh yang cukup mengganggu yaitu spam. Waktu dan tenaga kita bisa terbuang percuma hanya karena mengurusi spam di WordPress kita. Tanpa alat bantu apapun mau nggak mau kita harus memeriksa komentar yang masuk ke website kita satu persatu agar bersih dari spam.

Itu sebabnya penting sekali bagi kita mempunyai anti spam di WordPress agar penanganan spam lebih mudah dan efisien. Selain Akismet, Antispam Bee merupakan plugin alternatif yang bisa kita gunakan untuk mencegah spam di WordPress.

Apa Kelebihan Antispam Bee?

Dari sisi popularitas, bisa jadi Akismet merupakan plugin yang paling populer untuk mencegah spam di WordPress. Namun demikian ada beberapa faktor yang menjadikan Antispam Bee lebih diminati daripada Akismet.

Berikut ini kelebihan Antispam Bee dibandingkan dengan Akismet:

  • Gratis, walaupun digunakan untuk website bisnis (komersial). Perlu diketahui bahwa Akismet hanya gratis untuk blog pribadi saja, kalau digunakan untuk komersial kita harus menggunakan versi berbayarnya.
  • Bisa memilah komentar berdasarkan bahasa tertentu. Fitur ini cocok digunakan untuk website yang menggunakan satu bahasa saja. Komentar yang menggunakan bahasa lain bisa langsung dianggap sebagai spam.
  • Terdapat fitur untuk memblokir atau mengijinkan komentar yang berasal dari negara tertentu.
  • Antispam Bee tidak menyimpan data di server eksternal.
  • Kita bisa memilih untuk menghapus komentar spam secara langsung atau hanya menandai komentar tersebut sebagai spam saja.
  • Selain komentar, Antispam Bee juga memeriksa trackback dan pingback di WordPress.
  • Jika diperlukan, kita bisa menghapus komentar spam secara otomatis setelah selang waktu sekian hari.
  • Terdapat fitur untuk memeriksa alamat IP pengirim komentar.
  • Terdapat pilihan apakah akan menghapus komentar spam saja atau spam yang berasal dari trackback saja.
  • Terdapat fitur untuk menghapus komentar spam secara langsung jika memenuhi kriteria tertentu.

Instalasi Antispam Bee

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins > Add New. Ketikkan “antispam bee” pada kotak isian Search Plugins untuk mencari plugin Antispam Bee lalu tekan Enter.

Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

search antispam bee

Selanjutnya akan muncul daftar plugin yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Cari plugin dengan nama “Antispam Bee” lalu klik tombol Install Now.

install antispam bee

Tunggu sampai proses instalasi selesai lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Setting Antispam Bee

Plugin Antispam Bee mempunyai opsi pengaturan yang cukup banyak. Untuk mengatur setting plugin tersebut, klik menu Settings > Antispam Bee. Selanjutnya beri tanda centang pada opsi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan kita.

setting antispam bee

Seperti terlihat pada gambar di atas, pengaturan Antispam Bee dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu Antispam Filter, Advanced Tools dan More Options.

Antispam Filter

Antispam Filter merupakan pengaturan dasar yang akan membantu kita untuk mendeteksi spam pada komentar. Pengaturan ini memungkinkan kita untuk menyaring dan mereview komentar sebelum ditampilkan di halaman website.

filter antispam bee

Advanced Tools

Pada bagian Advanced Tools kita diberikan beberapa opsi untuk memblokir dan menghapus komentar spam.

antispam bee tool

More Options

Pada bagian More Options kita diberikan beberapa opsi yang berkaitan dengan pelaporan atau reporting. Salah satunya yaitu opsi untuk menampilkan statistik dan spam counter pada bagian Dashboard.

antispam bee more options

Setelah mencentang opsi-opsi yang diperlukan jangan lupa untuk mengklik tombol Save Changes.

Itulah tutorial singkat bagaimana cara mengatasi spam di WordPress dengan bantuan Antispam Bee, plugin alternatif pengganti Akismet yang cukup populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *