Panduan Mencegah Spam di WordPress Dengan Akismet

wordpress spam akismet

Spam merupakan musuh utama yang sering menyerang WordPress. Spam sangat menjengkelkan karena umumnya berisi kata-kata yang sangat tidak pantas atau bahkan berisi link-link yang kalau diklik akan menuju ke website pornografi.

Jika tidak ingin repot sebenarnya Anda bisa mematikan fitur komentar pada WordPress agar tidak ada lagi komentar spam. Namun sepertinya ini juga bukan solusi yang terbaik. Salah satu fungsi website yaitu untuk berinteraksi dengan pengunjung dan fitur komentar sangat bermanfaat untuk keperluan tersebut. Apa jadinya jika fitur tersebut dimatikan?

Solusi lainnya yaitu dengan mengaktifkan fitur moderasi komentar. Dengan cara ini Anda harus memeriksa komentar di website Anda satu persatu. Sebenarnya cara ini sangat efektif, akan tetapi tidak praktis karena menghabiskan waktu dan tenaga Anda.

Lalu bagaimana cara yang paling baik untuk menanggulangi serangan spam tersebut?

Solusi yang paling mudah dan praktis yaitu dengan instalasi plugin tertentu yang mampu mencegah spam di WordPress, salah satunya yaitu Akismet.

Apa Itu Akismet?

Akismet merupakan plugin WordPress yang berfungsi untuk melindungi website dari spam. Akismet akan mengecek setiap komentar yang masuk lewat web service Akismet apakah termasuk kategori spam atau bukan.

Jika Anda membuat website dengan WordPress, setelah proses instalasi WordPress selesai secara otomatis akan ada dua plugin yang terinstall, salah satunya yaitu Akismet. Oleh karena itu Anda tidak perlu melakukan instalasi lagi. Anda tinggal mengaktifkan dan mengatur konfigurasi plugin tersebut.

Instalasi dan Aktivasi Akismet

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins > Installed Plugins. Selanjutnya klik link Activate untuk mengaktifkan Akismet. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

aktivasi akismet

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti contoh pada gambar di bawah ini.

akismet notice

Klik tombol “Activate your Akismet account” tersebut dan Anda akan diarahkan menuju halaman konfigurasi Akismet seperti contoh pada gambar di bawah ini.

akismet page

Untuk menggunakan Akismet, Anda diwajibkan untuk memiliki akun di WordPress.Com terlebih dahulu. Akun tersebut nantinya akan digunakan untuk mendaftar layanan web service Akismet. Setelah terdaftar Anda akan mendapatkan kode API yang bisa dipakai untuk mengakses layanan Akismet.

Klik tombol “Get your API key”.

Selanjutnya akan muncul tampilan halaman intro dari website Akismet seperti contoh pada gambar di bawah ini.

akismet home

Klik tombol Get Started dan Anda akan diarahkan menuju halaman registrasi WordPress.Com seperti contoh pada gambar di bawah ini.

registrasi akismet

Jika Anda sudah mempunyai akun di WordPress.Com klik saja “I already have a WordPress.com account” lalu login dengan username dan password Anda.

Akan tetapi jika belum, lengkapi kotak isian E-mail address, Username dan Password lalu klik tombol Sign Up untuk membuat akun baru di website WordPress.Com.

Selanjutnya Anda akan diarahkan kembali ke website Akismet. Di sini Anda perlu memilih paket layanan Akismet yang ingin Anda gunakan. Jika Anda memilih paket yang gratis maka ubah setting pada bagian pembayaran menjadi $0.

akismet billing

Klik tombol Continue dan selanjutnya akan muncul kode API Anda. Selain itu Anda juga akan mendapatkan email yang berisi kode API yang sama.

Langkah selanjutnya kopi kode API tersebut lalu masukkan ke kotak isian kode API Akismet di WordPress Anda.

Proses setup Akismet sudah selesai. Nah, sekarang kita tidak perlu khawatir lagi dengan spam. Secara otomatis Akismet akan memeriksa setiap komentar yang masuk ke WordPress. Kalau terindikasi spam maka komentar tersebut akan langsung diblokir.

Sampai jumpa lagi di tutorial WordPress yang lainnya. Semoga dengan instalasi dan setup Akismet ini, komentar spam di WordPress tidak akan ada lagi. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *