Panduan Membuat Website UKM Dengan WordPress

website ukm wordpress

UKM identik dengan usaha kecil yang tidak memerlukan modal dan sumber daya yang cukup besar. Meskipun demikian bukan berarti UKM tidak bisa berkembang menjadi perusahaan besar. Dengan pengelolaan dan strategi pemasaran yang tepat tidak mustahil yang tadinya hanya kecil bisa berubah menjadi perusahaan raksasa.

Meskipun sering dipandang sebelah mata, UKM memiliki peran yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Terbukti ketika terjadi krisis moneter di tahun 1998, saat satu persatu perusahaan besar tumbang, bisnis UKM justru tak goyah dan malah menjadi tulang punggung perekonomian kala itu.

Cara yang mudah dan efektif untuk memasarkan produk UKM yaitu dengan membuat website. Mengapa demikian? Karena website itu sifatnya global. Website bisa dijangkau oleh pengunjung dari seluruh dunia selama 24 jam non stop. Kita tinggal memasang gambar produk yang kita jual di website dan semua orang bisa melihatnya.

Meskipun produk UKM umumnya berbasis rumahan dan skala produknya masih kecil bukan berarti tidak perlu membuat website sama sekali. Website bisa dipakai sebagai sarana pemasaran. Apakah pemasaran lewat media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Instagram tidak cukup?

Pemasaran lewat media sosial memang sangat efektif namun itu tidak cukup. Mengapa demikian? Karena ruang lingkupnya sangat terbatas. Hanya yang menjadi follower kita saja yang akan melihat produk yang ditampilkan di media sosial. Beda halnya dengan website, siapa saja bisa melihat produk yang ditampilkan di website. Selain itu kita juga bisa dengan leluasa menampilkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk tersebut tanpa ada batasan.

Tak perlu biaya mahal untuk bisa membuat website. Kita bisa memanfaatkan CMS open source seperti WordPress untuk membuat website UKM yang keren dan profesional tanpa harus keluar biaya yang besar.

Apa Itu WordPress?

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu WordPress?

WordPress merupakan software Content Management System. Dengan WordPress kita bisa membuat website dengan mudah dan cepat. Meskipun pada awalnya WordPress hanya ditujukan untuk membuat blog pribadi saja, namun sekarang WordPress sudah jauh berubah. WordPress sudah berkembang menjadi software yang multi-purpose.

WordPress bisa digunakan untuk membangun berbagai macam website, tidak hanya blog pribadi namun juga website perusahaan (company profile), forum diskusi, situs berita, website membership, media sosial, maupun toko online.

Ada 5 alasan mengapa WordPress merupakan pilihan yang tepat untuk membangun website UKM.

1. Produk Open Source

WordPress merupakan software open source yang dirilis dengan lisensi GNU General Public License. Apa itu open source? Open Source artinya kode sumber dari WordPress sifatnya terbuka, siapa pun bisa melihat dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Dirilis dengan lisensi GNU General Public License artinya WordPress bisa digunakan oleh siapa saja secara bebas tanpa harus membayar lisensi kepada siapa pun. Kita juga bisa mendistribusikan software tersebut kepada siapa saja yang membutuhkan.

2. Instalasi Sangat Mudah

WordPress sangat terkenal karena proses instalasinya sangat mudah dan cepat. Hanya perlu waktu beberapa menit untuk melakukan instalasi WordPress. Jarang sekali saya mendengar ada orang yang mengeluh tidak bisa menginstall WordPress.

Sejak awal WordPress memang dibuat dengan tujuan agar bisa digunakan oleh siapa pun tanpa harus menguasai teknik pemrograman web terlebih dahulu. Bagi pelaku UKM yang biasanya masih awam soal Internet, dengan kemudahan proses instalasi ini tentunya mereka bisa membangun website sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain.

3. Editor Berbasis Visual

WordPress dilengkapi dengan fasilitas editor berbasis visual yang sangat menarik. Dengan editor berbasis visual tersebut setiap orang bisa membuat konten website mereka sendiri dengan mudah, semudah mengetik artikel dengan aplikasi MS Word.

Dulu, kalau kita ingin membuat halaman web kita harus belajar kode-kode HTML yang rumit. Namun dengan WordPress, hal tersebut tidak perlu lagi. WordPress sudah menyediakan interface yang sederhana namun cukup lengkap untuk membuat dan mempublikasikan artikel di website.

4. Search Engine Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk melakukan optimasi pada website agar lebih mudah terindeks oleh search engine. Jika kita membangun website dengan WordPress, tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal ini karena pada dasarnya WordPress sudah didesain agar search engine friendly.

Artinya dengan sedikit pengaturan setting permalink dan penambahan plugin tertentu seperti WordPress SEO dijamin website yang dibangun dengan WordPress akan lebih mudah terindeks oleh search engine, khususnya Google.

5. Tersedia Banyak Pilihan Plugin dan Theme

Di WordPress tersedia banyak sekali pilihan plugin dan theme baik yang gratis maupun premium yang bisa kita gunakan untuk menambah fitur-fitur tertentu pada website, seperti form kontak, jajak pendapat, shopping cart, forum diskusi, galeri foto, dan sebagainya.

Kita tinggal memilih plugin apa saja yang cocok dengan kebutuhan kita. Selain itu tersedia juga ribuan theme menarik yang akan memudahkan kita untuk mengatur tampilan website sesuai dengan selera kita.

Informasi Apa Yang Perlu Ada di Website UKM?

Pada prinsipnya semua informasi yang berkaitan dengan UKM perlu ditampilkan di website UKM. Tujuannya agar pengunjung mengetahui dengan jelas apa UKM tersebut, di mana alamatnya, siapa pemiliknya, produknya apa saja, bagaimana cara membeli produk tersebut dan sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh konten yang bisa ditampilkan di website UKM:

  • Tentang Kami – Halaman ini berisi informasi singkat mengenai UKM tersebut, kapan berdirinya serta siapa pemiliknya.
  • Produk – Halaman ini berisi informasi yang lebih detail mengenai produk-produk yang dihasilkan oleh UKM tersebut.
  • Kontak – Halaman ini berisi informasi alamat UKM tersebut lengkap dengan form kontak dan Google Maps agar pengunjung lebih mudah menghubungi.
  • Cara Pembelian – Halaman ini berisi informasi bagaimana cara membeli atau mendapatkan produk UKM tersebut.
  • Alamat Outlet – Halaman ini berisi informasi tentang outlet yang dimiliki oleh UKM tersebut (jika ada).
  • Daftar Reseller – Halaman ini berisi daftar reseller produk UKM tersebut (jika ada) serta bagaimana cara bergabung.
  • Album Foto – Halaman ini berisi foto-foto aktivitas UKM tersebut, misalnya saat produksi, melayani pembeli dan sebagainya.
  • Video – Halaman ini berisi tentang daftar video seputar UKM tersebut yang dimuat di Youtube (jika ada).
  • Testimoni – Halaman ini berisi tentang pendapat atau komentar pelanggan mengenai produk UKM tersebut. Bisa juga testimoni tersebut dalam bentuk video yang diupload ke Youtube.
  • Tanya Jawab – Halaman ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan.
  • Blog – Halaman ini berisi artikel atau tips yang bermanfaat bagi pelanggan.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website UKM Dengan WordPress?

Jika kita ingin membuat website UKM dengan WordPress, ada dua hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu.

PERTAMA, pastikan bahwa sudah tersedia nama domain untuk website UKM tersebut.

Nama domain berfungsi sebagai identitas dan alamat website di Internet agar lebih mudah diakses oleh pengunjung. Contohnya yaitu sorsawo.com. Kalau belum ada nama domain berarti kita harus mendaftarkan nama domain yang akan dipakai terlebih dahulu.

WordPress UKM bisa menggunakan ekstensi .COM atau .CO. Jika lebih suka dengan ekstensi lokal maka ekstensi .CO.ID atau .ID bisa dipertimbangkan. Hanya saja jika ingin menggunakan ekstensi .CO.ID syaratnya UKM tersebut harus mempunyai ijin usaha terlebih dahulu.

Biaya registrasi dan perpanjangan nama domain cukup bervariasi tergantung registrar yang dipilih, namun biasanya selisihnya tidak terlalu besar. Khusus untuk ekstensi .COM biayanya sekitar Rp 200 ribu / tahun.

KEDUA, menentukan server hosting yang akan digunakan untuk menempatkan file instalasi WordPress dan dokumen lainnya sehingga website tersebut bisa diakses lewat Internet.

Paket hosting bisa kita peroleh dengan biaya paling sedikit sekitar Rp 30 ribu / bulan.

Kalau dua hal tersebut sudah siap, kita bisa mulai untuk melakukan instalasi WordPress. Proses instalasi dan setting WordPress tidak perlu saya jelaskan secara panjang lebar di sini.

Setelah proses instalasi selesai, hal lain yang perlu dipertimbangkan yaitu plugin dan theme apa yang sebaiknya digunakan. Banyak sekali plugin dan theme yang bisa kita tambahkan untuk meningkatkan fungsional website UKM, antara lain sebagai berikut:

Khusus untuk mengatur tampilan website, ada dua pilihan apakah ingin menggunakan theme gratisan atau premium theme. Theme Directory WordPress.org menyediakan banyak sekali theme yang bisa kita pakai secara gratis.

Itulah panduan singkat bagaimana cara membuat website UKM dengan WordPress. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *