21 Website Penyedia Gambar Gratis Berkualitas Tinggi Untuk Website Kita

website penyedia gambar gratis

Salah satu fungsi gambar yaitu untuk memberikan ilustrasi pada konten website. Akan tetapi tidak mudah untuk mendapatkan gambar berkualitas tinggi yang sesuai dengan konten website kita. Kalau kita mempunyai keahlian di bidang desain grafis, mungkin itu bukan masalah yang serius. Namun demikian kebanyakan dari kita tidak mempunyai keahlian seperti itu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Website Memerlukan Gambar

Kemampuan menggambar yang terbatas tersebut sering kali memaksa kita untuk mencari dan menggunakan gambar milik orang lain. Melalui internet kita bisa mendapatkan gambar dengan mudah. Hanya berbekal kata kunci di mesin pencari, berbagai macam gambar akan muncul di hadapan kita dalam hitungan detik.

Meskipun demikian tidak jarang kita terbentur dengan masalah pelanggaran hak cipta. Kita tidak bisa serta-merta memasang gambar yang kita temukan di Internet pada website kita. Kita perlu memastikan terlebih dahulu apakah gambar yang kita temukan sifatnya legal dan bisa kita gunakan di website kita.

Sayangnya gambar yang termasuk kategori legal dan berkualitas tinggi biasanya tersedia dengan sistem berbayar atau royalti. Kita perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa menggunakan gambar tersebut. Getty Images atau Shutterstock merupakan contoh website yang menyediakan gambar berbayar tersebut. Kita hanya bisa menggunakan gambar yang mereka sediakan dengan membeli lisensi terlebih dahulu.

Kita memang akan mendapatkan gambar berkualitas tinggi untuk konten website kita. Hanya saja, dari segi anggaran cara ini bisa jadi kurang efektif karena akan menguras rekening kita. Bayangkan saja, satu lisensi gambar bisa dipatok seharga jutaan rupiah.

Namun kita tidak perlu khawatir. Kita tetap bisa mendapatkan gambar berkualitas tinggi dengan cuma-cuma. Saat ini tersedia banyak website yang menyediakan gambar gratis yang bisa kita gunakan di website kita tanpa harus mengeluarkan biaya apa-apa. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Baca Juga: Yuk, Kenali Cara Menggunakan Gambar Flickr Creative Commons

Stock.xchng

free images

Stock.xchng mempunyai koleksi foto yang sangat banyak, lebih dari 300 ribu foto dan kualitasnya sangat bagus. Masing-masing foto sudah dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Sejak diakuisisi oleh Getty Images situs tersebut berubah menjadi FreeImages. Kita harus mendaftar terlebih dahulu untuk memperoleh gambar dari situs tersebut.

Pixabay

pixabay

Pixabay menyediakan koleksi dengan lisensi Creative Common (CC0). Kita bisa mendownload, memodifikasi, dan menggunakan koleksi yang ada tanpa perlu membayar royalti, bahkan untuk keperluan komersial sekalipun. Ada lebih dari 700 ribu koleksi yang tersedia di website tersebut, terdiri dari foto, grafik vektor, ilustrasi dan video.

Unsplash

unsplash

Jika kita ingin mencari gambar atau foto dengan lisensi Creative Common (CC0) dan Public Domain, maka Unsplash bisa kita pertimbangkan. Koleksi foto yang ada di website tersebut cukup banyak dan kualitasnya sangat bagus.

Photo Pin

photopin

Photo Pin menyediakan fasilitas pencarian gambar dengan Flickr API. Hampir semua gambar atau foto mengharuskan kita untuk memberikan kredit ke website tersebut apabila kita ingin menggunakannya di blog atau website kita.

Public Domain Pictures

public domain pictures

Situs Public Domain Pictures menyediakan koleksi foto yang sangat lengkap dan bisa kita gunakan di blog atau website kita secara gratis. Kita bisa mencari foto yang kita butuhkan dengan fasilitas pencarian yang ada di website tersebut atau dengan menelusuri berbagai kategori yang ada di situ.

New Old Stock

new old stock

Situs ini menyediakan koleksi foto yang dianggap kuno atau ketinggalan jaman. Kita bisa menggunakan foto-foto tersebut di blog atau website kita secara gratis karena memiliki lisensi Public Domain.

Pickup Image

pickup image

Pickup Image menyediakan koleksi foto, gambar dan clipart yang bisa kita gunakan secara gratis di blog atau website kita. Gambar dan foto sudah dikelompokkan menjadi beberapa kategori sehingga kita bisa mencari gambar yang kita perlukan dengan mudah.

Public Domain Archive

public domain archive

Public Domain Archive menyediakan beragam koleksi foto dengan kualitas tinggi. Kita bisa mencari foto masa kini maupun yang sudah kuno di website tersebut.

SplitShire

splitshire

SplitShire adalah situs yang menyediakan foto-foto koleksi dari Daniel Nanescu dan dirilis ke publik dengan lisensi Creative Common.

LibreShot

libreshot

LibreShot menyediakan ratusan foto dengan kualitas bagus dan bisa digunakan untuk keperluan pribadi maupun komersial.

Skitterphoto

skitterphoto

Skitterphoto menyediakan koleksi foto dengan lisensi Public Domain. Artinya kita bisa menggunakan foto-foto tersebut secara gratis, bahkan untuk keperluan komersial sekalipun.

Stocksnap.io

stocksnap

Stocksnap.io menyediakan berbagai foto yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori dan bisa kita pakai secara gratis di blog atau website kita.

WikiMedia Commons

wikimedia common

Wikimedia Commons menyediakan beragam koleksi mulai dari foto, audio dan video yang bisa kita pergunakan secara gratis di blog atau website kita.

PDPics

pdpics

PDPics menyediakan cukup banyak koleksi gambar dan foto dengan lisensi Public Domain. Kita bisa menggunakannya secara gratis di blog atau website kita.

Free Photos Bank

free photos bank

Free Photos Bank menyediakan beragam foto yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti Abstract, Architecture, dan Life.

FodiesFeed

FoodiesFeed menyediakan gambar atau foto dengan tema kuliner. Mereka mempunyai kumpulan foto kuliner berkualitas tinggi yang bisa kita gunakan secara gratis. Mulai dari foto sayuran, buah, kopi, hingga ke makanan mewah bisa kita download dari sini.

Open Clip Art

Website ini menyediakan berbagai macam gambar clip art serta vector yang bisa kita gunakan secara gratis. Lebih menarik lagi, kita juga bisa memodifikasinya sesuai keinginan.

Bucketlisty

Bucketlisty menyajikan gambar atau foto dengan tema travel atau jalan-jalan. Website ini menyediakan foto travel berkualitas sangat tinggi yang bisa kita download. Mereka menampilkan foto travel dari berbagai tempat di dunia.

Picography

Picography menyediakan gambar atau foto dengan tema lifestyle. Kita bisa mencari dan mendownload gambar yang kita butuhkan tanpa dipungut biaya.

Startup Stock

Startup Stock memiliki banyak gambar atau foto mengenai teknologi dan website, sehingga cocok bagi yang bekerja di bidang tersebut. Startup Stock memfokuskan website mereka untuk menampilkan foto-foto khusus dunia startup.

Little Visuals

Little Visual menyediakan gambar atau foto dengan tema alam. Di website ini kita akan menemukan banyak sekali potret alam yang diambil dengan berbagai angle dan berkualitas tinggi.

Nah, itulah 21 website penyedia gambar gratis yang bisa kita manfaatkan. Tapi ingat ya, meskipun disediakan secara gratis, sebaiknya kita tetap mencari tahu terlebih dahulu lisensi dari gambar atau foto tersebut agar tidak melanggar hak cipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *