Tips Membuat Website Secara Gratis Dengan Blogger / Blogspot

website gratis blogger

Pada umumnya kalau kita ingin membuat website maka kita perlu menyewa hosting dan mendaftarkan nama domain. Nah, untuk keperluan tersebut tentunya biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit. Itu pun harus dibayar setiap bulan, tidak cukup hanya bayar sekali saja.

Belum lagi kalau kita tidak mahir desain website. Tentunya daripada pusing mengutak-atik website, mau nggak mau kita harus keluar biaya lagi untuk menggaji orang yang mendesain website tersebut.

Kalau masalahnya seperti itu, membuat website dengan hosting gratisan bukanlah ide yang buruk. Blogger / Blogspot bisa kita manfaatkan. Selain gratis, fasilitas yang disediakan sangat lengkap dan menarik. Dan yang paling penting adalah bebas iklan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Antara Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server

Apa Itu Blogger / Blogspot?

Blogger / Blogspot termasuk kategori layanan blog gratisan yang sudah cukup tua, bahkan mungkin bisa dikatakan yang paling tua. Blogger / Blogspot ini sangat banyak penggemarnya, terutama para pemula yang baru belajar ngeblog.

Bagi Anda yang suka dengan Adsense, saya yakin pasti pernah menggunakan Blogger / Blogspot. Mengapa demikian? Karena sudah bukan rahasia lagi bahwa dengan Blogger / Blogspot, aplikasi Adsense kita akan dengan mudah mendapat persetujuan dari Google.

Selain itu, Blogger / Blogspot disukai karena kita bebas memasang iklan di website dengan platform tersebut. Bahkan bisa dikatakan Blogger / Blogspot merupakan satu-satunya blog gratisan yang mendukung Adsense. Tentu hal ini bisa dimaklumi mengingat Blogger / Blogspot sendiri merupakan salah satu produk Google.

Baca Juga: Pilih WordPress atau Blogger? Ini Dia Perbandingan Keduanya

Mengapa Pakai Blogger / Blogspot?

Mungkin ada yang bertanya-tanya dalam hati mengapa saya lebih merekomendasikan Blogger / Blogspot daripada layanan web gratisan lainnya seperti WordPress.Com.

Memang harus diakui bahwa WordPress.Com sangat populer dan lebih banyak pilihan template-nya. Namun sayangnya layanan WordPress.Com tidak sepenuhnya gratis. Jika kita ingin mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap maka kita harus upgrade ke versi berbayarnya. Biayanya pun tidak main-main, sangat mahal.

Kalau kita tetap menggunakan WordPress.Com yang gratisan kadang-kadang muncul iklan di website kita. Celakanya, fitur iklan tersebut tidak bisa disembunyikan atau dimatikan.

Coba bayangkan apa jadinya jika pengunjung sedang membuka website kita lalu tiba-tiba saja nongol iklan obat kuat di website tersebut. Apa itu tidak memalukan? Itulah sebabnya saya tidak merekomendasikan layanan WordPress.Com.

Static Page

Blogger / Blogspot mempunyai fitur menarik yang disebut dengan Static Page. Dengan fitur tersebut kita bisa membuat halaman statik di Blogger / Blogspot, yang berbeda dengan halaman posting blog yang sering kita lihat di Blogger / Blogspot.

Kita bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat halaman khusus yang memuat informasi tentang usaha kita, alamat kontak, maupun produk dan layanan yang kita tawarkan seperti yang ada di website profesional.

Custom Domain

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik dari Blogger / Blogspot adalah custom domain. Dengan adanya fitur tersebut kita bisa mengubah alamat website menjadi lebih profesional dengan nama domain pilihan kita sendiri.

Jika kita membuat website di Blogger / BlogSpot, kita akan mendapat alamat website dengan subdomain “blogspot.com” atau “blogspot.co.id”, misalnya “https://tokobunga.blogspot.co.id”.

Sebenarnya tidak masalah dengan subdomain tersebut. Akan tetapi jika kita serius ingin membuat website yang bagus, apalagi ingin menggunakan website tersebut untuk keperluan bisnis, saya sarankan sebaiknya menggantinya dengan nama domain sendiri atau istilahnya Custom Domain.

Baca Juga: Domain Name Generator, Tool Wajib Bagi Pemburu Nama Domain Unik

Mungkin ada yang bertanya-tanya, memangnya bisa berbisnis dengan website gratisan di Blogger / BlogSpot?

Tentu saja bisa. Kalau ingin melihat contohnya, silakan buka website LilaLoa.Com atau Poppytalk.Com. Website tersebut dibuat dengan menggunakan platform Blogger / Blogspot dan alamat URL-nya diganti dengan nama domain sendiri.

Kalau sebelumnya alamat website kita di Blogger / Blogspot adalah “https://tokobunga.blogspot.co.id” maka kita bisa mengubahnya menjadi “https://tokobunga.com” dengan fitur custom domain tersebut.

Bagaimana cara mengganti alamat website di Blogger / Blogspot dengan nama domain sendiri?

Untuk menggunakan nama domain sendiri, tentu saja pertama-tama kita harus mendaftarkan nama domain yang ingin kita pakai terlebih dahulu.

Nggak gratis lagi dong?

Ya, memang. Kalau kita ingin mengganti alamat website kita di Blogger / Blogspot dengan nama domain yang lebih keren, kita harus keluar uang untuk membeli nama domain tersebut.

Tapi jangan khawatir. Biayanya tidak terlalu mahal kok dan itu berlaku untuk setahun. Untuk ekstensi domain umum (internasional) seperti .com biayanya sekitar 150-an ribu pertahun. Tapi kalau mau menggunakan ekstensi domain lokal seperti .web.id hanya dengan biaya sekitar Rp 50 ribu / tahun kita sudah bisa memiliki website keren dengan nama domain pilihan kita sendiri.

Baca Juga: 10 Cara Efektif Menentukan Nama Domain Yang Unik dan Menarik

Mengapa lebih baik menggunakan nama domain sendiri?

1. Website Terkesan Lebih Profesional

Dengan menggunakan nama domain sendiri seperti LilaLoa.Com tersebut, tidak akan ada yang menyangka kalau kita menggunakan layanan gratisan. Hanya mereka yang sering menggunakan Blogger / Blogspot saja yang tahu. Itu pun kalau mereka tidak jeli kemungkinan besar juga tidak akan menyadarinya.

2. Alamat Website Lebih Pendek dan Mudah Diingat

Selain terlihat lebih profesional, dengan nama domain kita sendiri maka secara otomatis alamat website kita menjadi lebih pendek, lebih keren dan tentu saja akan lebih mudah diingat, baik itu oleh kita sendiri maupun pengunjung.

3. Terhindar Dari Spammer

Mengingat Blogger / Blogspot adalah layanan gratisan, seringkali website dengan platform tersebut menjadi sasaran dari spammer. Apa itu spammer? Spammer berasal dari kata spam yang berarti pengiriman pesan yang sama yang memaksa orang yang tidak menginginkan adanya pesan itu mau tidak mau harus menerimanya.

Kebanyakan spam yang ada di internet adalah berupa iklan, promosi dari suatu produk. Di Blogger / Blogspot spam ini biasanya muncul di bagian komentar apabila kita mengaktifkan fitur komentar tersebut.

4. Membangun Branding

Dengan nama domain sendiri, kita bisa menggunakan website untuk keperluan branding. Kita juga bisa menggunakan logo, favicon dan banner yang mencerminkan diri kita sendiri.

Itulah beberapa tips praktis bagaimana membuat website secara gratis dengan memanfaatkan layanan Blogger / Blogspot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *