Panduan Membuat Toko Online Dengan WooCommerce

panduan toko online woocommerce

Ingin membuat toko online? Tak perlu bingung, WordPress merupakan software CMS (Content Management System) yang multi fungsi. WordPress bisa digunakan untuk membuat berbagai macam website, termasuk toko online.

Baca Juga: 7 Fakta Yang Menunjukkan WordPress CMS Paling Populer

Banyak sekali plugin yang bisa kita pakai untuk membuat toko online di WordPress. Saking banyaknya, mungkin kita akan bingung sendiri kalau disuruh memilih plugin apa yang sebaiknya digunakan.

Diantara plugin-plugin tersebut yang paling populer yaitu WooCommerce. Terbukti hingga saat ini menurut data statistik di WordPress Plugin Repository, plugin tersebut sudah didownload lebih dari 20 juta kali.

Apabila dibandingkan dengan aplikasi web lainnya, yang sama-sama berfungsi untuk membangun toko online, WooCommerce pun tidak kalah. Situs BultWith mencatat bahwa dari 10 ribu toko online, sebanyak 10% diantaranya menggunakan WooCommerce. Hanya Magento dan Oracle Commerce yang sanggup mengalahkannya.

Kalau perbandingannya diperluas lagi menjadi seluruh toko online yang ada di Internet, datanya lebih fantastis lagi. Bayangkan, sebanyak 41% diantara toko online tersebut menggunakan WooCommerce.

Mengapa Pakai WooCommerce?

Apa yang membuat orang lebih memilih WooCommerce untuk membangun toko online dibandingkan plugin lainnya? Berikut ini 5 alasan mengapa kita sebaiknya menggunakan WooCommerce:

1. Fasilitas Sangat Lengkap

Hampir semua model toko online didukung oleh WooCommerce. Entah itu toko online untuk jualan baju atau produk digital seperti software dan musik, kursus online berbayar maupun situs membership, semuanya bisa dibuat dengan WooCommerce.

WooCommerce juga mendukung berbagai macam metode shipping dan cara pembayaran. Kalau fasilitas yang kita butuhkan tidak tersedia di WooCommerce, kita bisa mencari plugin atau ekstensi tambahan yang dibuat oleh pihak ketiga.

2. Terintegrasi Dengan WordPress

Harus diakui bahwa saat ini WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan di Internet untuk membuat website. Popularitas WordPress ini secara tidak langsung juga memberikan nilai tambah tersendiri bagi WooCommerce.

Cukup dengan WordPress dan WooCommerce orang bisa membuat toko online yang memiliki fasilitas lengkap. Selain untuk jualan, juga bisa untuk ngeblog, membuat forum diskusi, dan sebagainya.

3. Search Engine Friendly

Bisa dibilang kalau saat ini search engine, terutama Google merupakan alat bantu utama yang dipakai oleh pengguna Internet dalam mencari informasi. Jadi faktor search engine friendly ini sangat penting agar produk dan layanan yang kita jual secara online lebih mudah ditemukan lewat berbagai search engine.

Kunci dari search engine friendly adalah optimasi konten. Tidak ada platform eCommerce lain yang bisa menandingi WooCommerce dalam hal optimasi konten.

4. Tersedia Banyak Ekstensi

Ekstensi WooCommerce berfungsi untuk menambah atau meningkatkan fungsional dari toko online dengan WooCommerce. Sama seperti plugin dalam hal ini kita juga bisa memilih, apakah mau menggunakan ekstensi yang berbayar atau gratisan.

Pada prinsipnya ekstensi WooCommerce termasuk plugin WordPress juga, hanya saja penggunaannya tergantung dari WooCommerce. Artinya ekstensi tersebut hanya bisa berfungsi kalau kita juga menggunakan WooCommerce di website kita.

5. Dokumentasi Lengkap

Faktor yang tak kalah pentingnya adalah ketersediaan dokumentasi. Kita bisa menemukan banyak sekali tutorial yang membahas tentang WooCommerce di Internet, baik itu di website resmi WooCommerce maupun di website lain.

Dengan ketersediaan dokumentasi yang melimpah kita tidak perlu khawatir lagi kalau sewaktu-waktu menemui kesulitan ketika membangun toko online dengan WooCommerce karena banyak artikel maupun tutorial yang bisa kita pakai sebagai referensi.

Itulah 5 alasan mengapa WooCommerce sangat populer dan menjadi pilihan utama untuk membuat toko online di WordPress.

Langkah Membuat Toko Online Dengan WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin WordPress. Itu artinya WooCommerce hanya bisa digunakan di WordPress dan bukan CMS lainnya. Anda tidak bisa menggunakan WooCommerce apabila website Anda menggunakan Blogger / Blogspot, Joomla atau Drupal.

Oleh karena itu langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat toko online dengan WooCommerce adalah memastikan apakah WordPress sudah terinstall di website kita. Jika belum maka lakukan proses instalasi WordPress terlebih dahulu.

Saya sudah membahas secara detail bagaimana proses instalasi WordPress di artikel yang lain. Jadi saya tidak akan membahasnya lagi di sini.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress

Setelah proses instalasi WordPress selesai, langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi WooCommerce itu sendiri, mengatur konfigurasi toko online, mengatur produk yang dijual di toko online, dan sebagainya.

Pembahasan tentang WooCommerce ini sangat panjang. Oleh karena itu saya akan membaginya menjadi beberapa artikel tersendiri agar pembahasannya bisa lebih detail.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kita lalui untuk membuat toko online dengan WooCommerce:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *