5 Tips Praktis Agar Website Selalu Terlihat “Up To Date”

website up to date

Apa sesungguhnya yang dicari oleh pengguna Internet ketika sedang melakukan browsing?

Jawabannya adalah informasi. Nah, informasi itu sendiri bisa bermacam-macam, bisa tentang sebuah produk atau layanan, informasi tentang seseorang, perusahaan atau organisasi tertentu, tutorial atau panduan, informasi seputar topik yang sedang ramai diperbincangkan, dan sebagainya.

Itulah sebabnya mengapa konten website begitu penting. Bisa dikatakan kalau konten website merupakan pintu masuk untuk menarik pengunjung Internet. Sebagus apapun tampilan suatu website jika konten yang ada di dalamnya tidak dikemas dengan baik tentu akan kesulitan untuk mendatangkan pengunjung.

Selain itu, website yang selalu menyajikan konten yang sama, dengan kata lain tidak pernah berubah biasanya juga akan segera ditinggalkan oleh pengunjungnya. Tentu saja pengunjung akan cepat bosan jika berkunjung ke suatu website yang isinya hanya itu-itu saja. Kesannya seakan-akan website tersebut tidak ada penghuninya.

Konten website yang selalu “up to date” mempunyai beberapa manfaat, yaitu antara lain:

  • Membantu search engine agar bisa menemukan website kita dengan mudah.
  • Menunjukkan kepada pengunjung kalau website kita terawat dengan baik.
  • Menarik minat pengunjung agar selalu datang ke website kita.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Mendatangkan Trafik ke Website Secara Gratis

Lalu bagaimana caranya agar website kita tetap “up to date”? Berikut ini 5 tips sederhana yang bisa dicoba.

1. Membuat Blog

Ngeblog merupakan cara yang paling efektif dan mudah untuk membuat konten website tetap “up to date”. Namun ada syaratnya, yaitu kita harus konsisten untuk menulis artikel-artikel baru, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali asal jangan terlalu lama waktu jedanya.

Kita bisa menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis yang kita jalani. Misalnya saat kita mendapatkan proyek yang cukup menarik, tidak ada salahnya jika kita berbagi cerita kepada pengunjung website seputar proyek yang sedang kita kerjakan.

Bagaimana kalau kehabisan ide? Tenang saja, tidak ada salahnya jika kita mendaur ulang artikel-artikel lama yang pernah kita tulis. Kita bisa mengulas topik pada artikel tersebut dari sudut pandang yang berbeda dan lebih mendalam sehingga kesannya seolah-olah itu adalah artikel yang baru padahal jika ditelusuri topik yang dibahas sama saja.

Baca Juga: Alasan Penting Mengapa Pelaku Bisnis Harus Ngeblog

2. Meminta Testimonial Pelanggan

Testimonial merupakan cara yang ampuh untuk mempromosikan bisnis. Kita bisa meminta testimonial kepada pelanggan yang merasa puas dengan hasil kerja kita lalu mencantumkannya di website. Lebih bagus lagi jika disertai dengan video testimonial karena itu akan membuat website kita terlihat sangat menarik.

3. Menambahkan Video di Website

Video merupakan salah satu media yang bisa kita manfaatkan untuk menarik pengunjung website. Kita bisa menampilkan video yang berisi tutorial praktis, tips dan trik, atau jenis video lain agar pengunjung betah berlama-lama berada di website kita.

Tidak punya video sendiri? Tidak masalah, kita bisa menampilkan video dari sumber lain. Tengok saja situs Youtube atau DailyMotion, kita bisa menemukan ribuan video yang menarik di sana.

Kita bisa menggunakan video-video tersebut untuk menambah daya tarik website kita. Cari video yang sekiranya sesuai dengan konten atau tema website kita dan sisipkan video tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Mengupload Video ke WordPress

4. Merubah Tampilan Website

Terkadang merubah tampilan website merupakan ide yang bagus untuk memberikan kesan bahwa website kita tidak ketinggalan jaman. Saat ini yang sedang ngetren adalah desain responsive yang memungkinkan tampilan website sama baiknya di berbagai perangkat, baik itu pada komputer, laptop, tablet maupun ponsel.

5. Mengupdate Konten Statis di Website

Jangan melupakan konten statis di website kita, selain artikel di blog kita. Cek halaman website lainnya, apakah ada informasi yang perlu diganti atau tidak. Jika perlu tambahkan informasi lainnya yang sekiranya bermanfaat untuk pengunjung, misalnya tanya jawab, peta atau denah tempat usaha kita dan sebagainya.

Itulah 5 tips yang bisa kita praktikkan agar website kita selalu terlihat “up to date”, menarik dan tidak membosankan. Barangkali ada yang mempunyai ide lebih menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *