10 Tips Praktis Membuat Password Yang Aman dan Sulit Ditebak

password aman

Bisa dikatakan bahwa membuat password itu gampang-gampang susah. Di satu sisi kita ingin membuat password yang rumit agar tidak mudah ditebak orang lain, biar website lebih aman dari gangguan orang-orang yang suka iseng. Namun di sisi yang lain resikonya pun cukup besar, yaitu LUPA.

Dengan pertimbangan LUPA itulah sering kali membuat kita cenderung menganggap remeh masalah yang satu ini yaitu dengan membuat password yang paling gampang diingat. Bahkan password yang “jelek” itu pun digunakan di semua sistem yang memakai password, entah itu Google, Yahoo, Facebook, dan sebagainya.

Apakah ada yang masih mempunyai kebiasaan seperti itu? Tenang saja, hampir semua orang juga seperti itu. Bahkan termasuk saya sendiri.

Sebetulnya tidak masalah jika kita menggunakan password yang sama untuk semua sistem, asalkan password tersebut cukup aman digunakan dan yang paling penting BELUM ketahuan orang lain.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membuat password yang rumit, tidak mudah ditebak oleh orang lain tetapi mudah diingat?

Berikut ini 10 kiat untuk membuat password yang bagus dan aman.

1. Buat Password Yang Panjang

Seringkali kita membuat password yang pendek agar tidak mudah lupa. Tetapi resikonya sangat besar. Password yang pendek itu kelemahannya yaitu mudah ditembus. Tentu tidak ada yang ingin mengambil resiko seperti itu bukan? Nah, oleh karena itu sebaiknya kita membuat password yang cukup panjang, minimal 8 karakter.

2. Jangan Menggunakan Kata-Kata Dalam Kamus

Nah, ini juga sering terjadi. Saking bingung mau membuat password lalu mencari kata-kata dalam kamus. Hindari cara seperti ini karena tidak aman. Banyak sekali program atau tool pembobol password yang didesain dengan cara mencocokkan kata dalam kamus.

3. Jangan Menggunakan Nama Anggota Keluarga

Nama anggota keluarga seperti nama anak, suami, istri, atau bahkan kucing kesayangan sering juga dipakai untuk membuat password. Hal ini sebaiknya juga dihindari. Jika seseorang tahu seluk beluk keluarga kita, maka dia bisa juga menebak password kita.

4. Kombinasikan Huruf Besar dan Huruf Kecil

Salah satu trik yang bagus dalam membuat password yaitu dengan mengkombinasikan huruf besar dan huruf kecil. Misalnya saja bagian awal dan akhir password menggunakan huruf besar, sedangkan sisanya huruf kecil atau bahkan sebaliknya.

5. Gunakan Karakter Khusus

Alangkah baiknya apabila kita menyisipkan karakter-karakter khusus di dalam password yang kita buat. Misalnya saja tanda tanya (?), tanda seru (!), bintang (*), dollar ($) dan sebagainya. Hal ini akan membuat password kita sulit ditebak orang lain.

6. Gunakan Angka Sebagai Pengganti Huruf Tertentu

Trik lainnya yaitu dengan mengganti huruf-huruf tertentu dengan angka yang mirip. Misalnya saja “sorsawomagazine” bisa diganti dengan “s0rs4w0m464z1n3”. Hal ini juga akan membuat password yang kita buat lebih aman.

7. Gabungan Kata Lebih Baik Daripada Kata Tunggal

Ada baiknya apabila kita menggunakan gabungan kata untuk membuat password. Hal ini akan membuat password kita lebih panjang dan sulit ditebak. Misalnya kita bisa membuat password “1L0v3Y0u****” yang merupakan gabungan dari kata-kata “I Love You ****”.

8. Hapus Huruf Vokal

Trik lainnya yang cukup keren yaitu dengan menghapus setiap huruf vokal dalam password. Misalnya kita membuat password “Srswmgzn” yang berasal dari kata-kata “Sorsawo Magazine”.

9. Gunakan Kata Yang Terbalik

Membalik kata juga merupakan salah satu teknik membuat password yang sangat aman dan tentu saja mudah diingat. Kita bisa membuat password dari kata atau istilah yang kita sukai lalu dibalik. Misalnya “sorsawomagazine” kalau dibalik menjadi “enizagamowasros”.

10. Gunakan Password Generator

Alternatif terakhir, jika kita sudah mentok dan tak tahu mau membuat password apa, kita bisa membuat password menggunakan tool khusus misalnya Password Generator dari Norton. Kita akan mendapatkan password yang benar-benar aman dan rumit. Bahkan kita sendiri pun akan sulit untuk mengingatnya, hehehe….

Barangkali ada yang mempunyai cara lebih praktis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *