Strategi Mendongkrak Penjualan Lewat Situs Marketplace

strategi penjualan marketplace

Harus kita akui bahwa situs marketplace gratisan seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya menawarkan fasilitas yang sangat menarik. Setiap orang bisa mendaftar dan memanfaatkan layanan tersebut secara gratis.

Namun perlu dipahami bahwa mereka menyediakan layanan jual beli tersebut secara gratis bukan karena mereka baik hati tetapi karena mengharapkan keuntungan yang jauh lebih lebih besar lagi baik itu lewat iklan maupun jasa lainnya.

Jika suatu saat mereka merasa bahwa keuntungan yang didapatkan ternyata tidak seperti yang mereka harapkan dan tidak mampu menutup biaya operasional bisa dipastikan mereka akan segera menutup layanan tersebut seperti yang terjadi pada Multiply.com. Kalau hal tersebut terjadi meskipun dirugikan pengguna tidak akan bisa berbuat apa-apa.

Lalu apa sajakah keuntungan dan kerugian jualan online di situs layanan jual beli gratisan?

Keuntungan

  • Gratis, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan layanan tersebut.
  • Potensi pasar yang sangat besar. Situs layanan jual beli gratisan yang sudah berdiri cukup lama biasanya mempunyai pengunjung yang fanatik. Banyak diantaranya secara berkala selalu mengunjungi situs tersebut.
  • Anda tidak berlu bersusah payah mencari calon pelanggan baru. Mereka yang akan menemukan Anda lewat situs jual beli gratisan tersebut.
  • Anda bisa menemukan relasi bisnis dengan mudah.

Kerugian

  • Tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Antara penjual yang satu dengan yang lain bisa saja menawarkan produk yang sama sehingga bisa dipastikan akan terjadi perang harga.
  • Situs layanan gratisan biasanya menampilkan iklan di dalamnya. Siapa saja boleh memasang iklan di sana. Jika tidak beruntung, pemasang iklan tersebut bisa saja berasal dari kompetitor Anda.
  • Pengunjung tidak akan mudah mengingat brand Anda. Sebagai contoh, jika seseorang membeli produk Anda lewat Tokopedia maka nama penyedia layanan tersebut yang akan dia ingat, bukan brand atau nama perusahaan Anda.
  • Anda harus mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh penyedia layanan. Jika suatu saat dianggap melanggar maka Anda akan segera diblokir oleh penyedia layanan.
  • Jika layanan gratisan tersebut tutup Anda akan segera kehilangan pelanggan yang cukup signifikan seandainya mereka tidak tahu bagaimana cara menghubungi Anda selain lewat situs layanan gratisan tersebut.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dari berjualan lewat situs jual beli gratisan.

Pertanyaannya sekarang apakah kita tidak boleh berjualan lewat situs tersebut?

Tentu saja boleh bahkan sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal meskipun Anda sudah mempunyai website sendiri. Layanan jual beli gratisan di Internet bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk-produk Anda kepada calon pelanggan.

Anda mungkin tidak diperbolehkan untuk mencantumkan alamat website Anda di situs marketplace tersebut. Namun ada cara lain, yaitu dengan memanfaatkan momentum saat mengirimkan barang kepada pelanggan yang membeli lewat marketplace tersebut.

Anda bisa sekalian menyebarkan kartu nama atau media promosi lain saat mengirimkan barang tersebut. Selanjutnya arahkan mereka untuk berkunjung ke website Anda sendiri dan melakukan transaksi di sana.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan nomor HP atau WhatsApp dari pelanggan untuk melakukan promosi. Seminggu atau sebulan sekali Anda bisa mengirimi mereka pesan kalau ada produk baru yang Anda luncurkan.

Dengan cara seperti itu Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu adanya penjualan lewat situs marketplace tersebut dan sekaligus brand usaha Anda bisa berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *