Panduan Setup Zoho Mail Dengan Nama Domain Sendiri

panduan setup zoho mail

Zoho Mail mungkin tidak sepopuler Google Mail. Akan tetapi kalau bicara soal fasilitas Zoho Mail tidak akan kalah. Jika kita sudah tidak kebagian username email yang cocok di Google, ada baiknya mencoba mendaftar di Zoho Mail. Siapa tahu masih bisa mendapatkan alamat email yang sesuai dengan nama kita.

Cara mendaftarkan email personal di Zoho Mail sangat mudah. Kunjungi saja website Zoho Mail lalu pilih Personal Email. Setelah itu masukkan data-data yang diminta dan dalam waktu singkat kita akan mendapatkan alamat email yang kita inginkan. Di Zoho Mail, kita akan memperoleh alamat email dengan format “username@zoho.com”.

Selain Personal Email, Zoho juga menyediakan Business Email. Bedanya yaitu kalau Business Email kita bisa menggunakan nama domain kita sendiri sebagai alamat email. Ada tiga paket Business Email yang ditawarkan oleh Zoho, yaitu sebagai berikut:

  • Standard: $2/user/bulan, kapasitas 30GB
  • Pro: $5/user/bulan, kapasitas 100GB
  • Enterprise: $8/user/bulan, kapasitas 1TB

Selain ketiga paket tersebut, Zoho juga menyediakan versi gratisnya yang mempunyai kapasitas lebih kecil yaitu 5GB/user. Untuk yang gratisan ini kita hanya diperbolehkan untuk membuat alamat email maksimal sebanyak 25 user dengan 1 nama domain. Selain itu kita juga tidak mendapat fasilitas POP. Kita hanya bisa mengakses email lewat webmail dan ponsel dengan IMAP.

Meskipun ada keterbatasan seperti itu, paket email ini memiliki kelebihan yaitu tanpa iklan sama sekali. Keren sekali bukan? Selain itu kita juga bisa menggunakan nama domain kita sendiri sehingga alamat email kita nantinya akan memiliki format:
“username@domain.com”. Cocok sekali jika kita ingin menggunakan email tersebut untuk keperluan bisnis.

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftar dan mengatur konfigurasi Zoho Mail dengan nama domain kita sendiri.

Registrasi Zoho Mail

Kunjungi website Zoho Mail untuk melakukan registrasi. Pilih tipe Business Email lalu klik tombol Sign Up Now.

Selanjutnya akan muncul pilihan paket Business Email yang ditawarkan oleh Zoho Mail. Seperti yang sudah saya singgung di atas, pada saat artikel ini dibuat ada 3 paket yang tersedia yaitu Standard, Pro dan Enterprise.

Kalau Anda punya banyak uang dan lebih tertarik dengan paket berbayar yang disediakan, silakan pilih salah satu paket tersebut. Namun kalau ingin yang gratisan cari paket FREE PLAN pada halaman tersebut.

Perlu sedikit kejelian untuk mencarinya karena paket yang gratisan tersebut tidak terlihat dengan jelas. Kita harus menggulung halaman sedikit ke bawah, baru kita akan menemukan paket FREE PLAN.

Jika sudah ketemu klik tombol GET STARTED.

Selanjutnya masukkan nama domain yang akan kita gunakan lalu klik tombol Add. Jika nama domain tersebut valid dan belum dipakai, selanjutnya akan muncul form seperti di bawah ini.

registrasi zoho mail

Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama, username admin, password dan nomor ponsel lalu klik tombol Sign Up.

Jika proses registrasi Zoho Mail berjalan lancar, selanjutnya kita akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut ke kotak isian yang tersedia lalu klik tombol Verify Code.

Verifikasi Nama Domain

Setelah registrasi Zoho Mail selesai, langkah selanjutnya yaitu memverifikasi nama domain yang akan kita gunakan sebagai alamat email. Klik link Setup “nama domain” in Zoho yang terdapat di bagian bawah untuk melakukan verifikasi nama domain.

zoho mail

Pilih “DNS Hosting provider” dari daftar yang tersedia. Jika tidak ada pilih saja opsi “Others”. Ada 3 metode yang bisa kita pakai untuk memverifikasi nama domain, yaitu metode CNAME, TXT dan HTML. Kita bisa memilih salah satu metode yang kita anggap paling mudah.

Silakan ikuti mengikuti panduan yang ada disitu untuk memverifikasi nama domain. Kalau saya sendiri biasanya menggunakan metode HTML karena lebih cepat. Kalau pakai metode CNAME dan TXT kelemahannya yaitu kadang-kadang kita harus menunggu cukup lama karena penambahan record CNAME atau TXT pada DNS Hosting tersebut tidak seketika langsung aktif.

Berikut ini cara verifikasi dengan metode HTML:

Langkah 1: Klik tab “HTML Method” dan selanjutnya kita akan melihat tampilan seperti contoh pada gambar di bawah ini.

verifikasi zoho mail

Langkah 2: Sesuai instruksi download file verifyforzoho.html dan simpan di komputer.

Langkah 3: Login ke cPanel lalu klik menu File Manager.

Langkah 4: Buat folder zohoverify pada root direktori.

Langkah 5: Upload file verifyforzoho.html dan letakkan di folder zohoverify.

Langkah 6: Klik tombol Verify di halaman Zoho Mail.

Setup User dan Grup

Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukkan user dan grup. Jika diperlukan kita bisa membuat email tambahan hingga maksimal 25 user. Proses ini bisa diabaikan dengan mengklik tombol Next.

Mengatur Konfigurasi MX

Langkah selanjutnya atur konfigurasi MX pada DNS hosting. Jika kita menggunakan cPanel, caranya klik menu MX Entry seperti pada gambar di bawah ini.

cpanel mx entry

Pada bagian Email Routing silakan pilih opsi Remote Mail Exchanger lalu klik tombol Change. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

cpanel remote mail

Selanjutnya tambahkan MX record pada tabel di bawah ini satu demi satu.

HostnameAddressPriority
@mx.zohomail.com10
@mx2.zohomail.com20

Contoh cara menambahkan MX Record di atas bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

zoho mail mx record

Jangan lupa untuk menghapus semua default MX record yang sudah ada, sisakan kedua record dari Zoho saja.

Nah, setup Zoho Mail sudah selesai. Tunggu sampai 48 jam agar konfigurasi tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Webmail Zoho

Kita bisa mengakses webmail Zoho Mail dengan mengklik menu Login yang ada di pojok kanan atas website Zoho Mail seperti contoh berikut ini.

webmail zoho

Masukkan alamat email dan password yang telah kita buat lalu klik tombol Sign In.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *