Panduan Setup Tracking Code Google Analytics di WordPress

setup google analytics wordpress

Data pengunjung website sangat penting untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk kemajuan bisnis. Kita bisa memperoleh data tersebut secara mudah dengan memasang Google Analytics di website kita.

Pada artikel ini saya akan membahas secara detail bagaimana cara mendapatkan dan memasang tracking code Google Analytics di website berbasis WordPress.

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics adalah tool marketing yang disediakan oleh Google untuk menganalisa trafik kunjungan ke website. Dengan Google Analytics kita bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung website setiap harinya, darimana mereka berasal, halaman apa yang mereka kunjungi dan sebagainya.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Google Analytics Penting Untuk Kemajuan Bisnis

Registrasi Google Analytics

Untuk mendaftar Google Analytics kita harus mempunyai akun Google. Jika belum memilikinya, silakan membuat akun Google lebih dahulu.

Kalau sudah punya akun Google langsung saja kunjungi website Google Analytics.

Selanjutnya klik tombol Sign In untuk login. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu seperti Google Analytics 360 Suite, Google Analytics Premium dan sebagainya. Pilih saja Google Analytics.

Perlu dicatat bahwa tutorial di artikel ini menggunakan setting bahasa Inggris di Google Analytics. Menu untuk mengubah setting tersebut ada di pojok kanan bawah dari situs Google Analytics.

Setelah login ke Google, selanjutnya akan muncul tampilan halaman pengantar Google Analytics seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol Sign Up untuk mendaftarkan website kita ke Google Analytics. Selanjutnya akan muncul tampilan form. Ada dua kategori aplikasi yang bisa didaftarkan di Google Analytics, yaitu Website dan Mobile App.

Pilih atau klik tab Website lalu masukkan informasi website kita untuk mendapatkan tracking code. Jika sudah lengkap klik tombol Get Tracking ID. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

get tracking google analytics

Selanjutnya akan muncul kotak dialog Terms of Service Agreement. Jika kita ingin menggunakan layanan Google Analytics maka mau nggak mau kita harus menyetujui pernyataan tersebut.

Klik tombol I Accept dan selanjutnya kita akan mendapatkan tracking code yang harus kita pasang di website seperti contoh pada gambar di bawah ini.

tracking code google analytics

Nah, sekarang kita sudah mempunyai tracking code untuk website kita. Selanjutnya kode tersebut harus kita pasang di website agar setiap kunjungan ke website kita bisa diketahui dan dianalisa oleh Google Analytics.

Setup Tracking Code di WordPress

Cara yang paling mudah dan praktis untuk memasang kode Google Analytics di WordPress yaitu dengan bantuan plugin Google Analytics by MonsterInsights.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress Plugin

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins > Add New. Cari plugin tersebut dengan kata kunci “google analytics by monsterinsights”. Setelah itu install dan aktifkan plugin tersebut.

google analytics by monsterinsights

Selanjutnya klik menu Insights > Settings untuk mengatur konfigurasi plugin tersebut. Pada halaman tersebut kita bisa memasukkan kode tracking secara manual atau secara otomatis dengan mengklik tombol Authenticate with your Google account. Cara yang paling mudah yaitu dengan cara yang kedua.

Klik tombol tersebut untuk menghubungkan WordPress dengan akun Google Analytics kita. Setelah itu akan muncul kotak dialog login.

authenticate google

Setelah kita login dengan akun Google nantinya akan muncul form persetujuan untuk mengakses data akun Google Analytics kita. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

monsterinsights authentication

Klik tombol Allow. Selanjutnya kopi kode otentikasi Google yang diberikan lalu masukkan ke kotak yang tersedia. Kalau sudah klik tombol Save authentication code. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

google authentication code

Selanjutnya pilih profile website kita pada bagian Analytics Profile seperti contoh pada gambar di bawah ini. Kalau sudah klik tombol Save Changes untuk menyimpan setting tersebut.

monsterinsights settings

Nah, sekarang tracking code Google Analytics sudah terinstall di WordPress. Kita bisa melihat laporan lengkap mengenai statistik kunjungan di website kita dengan login ke website Google Analytics.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *