SEO WordPress: Panduan Lengkap & Mudah Bagi Pemula

seo wordpress

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara khusus tentang SEO pada website berbasis WordPress.

Namun demikian, sebelum mulai dengan pembahasan mengenai langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengoptimasi SEO pada WordPress, Anda perlu tahu lebih dahulu apa pentingnya SEO bagi website Anda dan istilah-istilah yang berkaitan dengan SEO tersebut.

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Pada prinsipnya, SEO adalah suatu cara agar website Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna Internet ketika mereka mencari informasi lewat search engine.

Baca Juga: Search Engine Submission

Mengapa SEO Sangat Penting?

Sekarang ini kebanyakan orang mencari informasi lewat search engine, terutama Google. Apalagi sekarang ini kan jamannya orang mengakses Internet lewat ponsel dimana Google sudah menjadi aplikasi pencarian favorit di ponsel Android.

Dalam artikelnya yang berjudul 10 Stats to Justify SEO, Search Engine Journal menulis bahwa 93% trafik Internet berasal dari search engine. Sebanyak 71% di antara pengguna Internet tersebut menggunakan Google untuk mencari informasi.

Jadi bisa Anda bayangkan betapa pentingnya SEO untuk saat ini.

SEO sangat penting, tak hanya untuk mendapatkan pengunjung dari search engine saja tapi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas konten website itu sendiri.

Bisa dikatakan SEO merupakan cara berkomunikasi antara website Anda dengan search engine menggunakan “bahasa” yang mereka mengerti untuk memberikan informasi yang lebih detail kepada search engine tersebut tentang website Anda.

Ketika seseorang mencari informasi di Internet dengan mengetikkan kata kunci di search engine, pada prinsipnya terjadi seleksi di situ. Search engine akan memilah-milah setiap halaman website yang ada di database untuk menemukan halaman website yang sesuai dengan kata kunci dan mengurutkannya berdasarkan kriteria tertentu.

Jadi jangan heran apabila Anda mencari informasi lewat search engine ternyata yang muncul ribuan atau bahkan jutaan.

Siapa pun yang mempunyai website pasti ingin agar websitenya muncul di halaman pertama Google karena peluang untuk diklik lebih besar. Berhubung jumlah halaman web yang ada di Internet itu sangat banyak, mungkin bisa mencapai milyaran, maka terjadilah kompetisi untuk memperebutkan tempat di halaman pertama search engine.

Setiap orang berusaha dengan berbagai cara agar website mereka muncul duluan ketika seseorang mencari informasi lewat search engine. Dari situlah kemudian muncul istilah SEO atau Search Engine Optimization.

Ada banyak faktor yang menentukan apakah website Anda akan muncul di halaman pertama Google atau tidak. Namun sayangnya faktor-faktor tersebut berada di luar kontrol Anda dan Anda tidak bisa mengetahuinya secara pasti.

Google mempunyai algoritma tertentu untuk menentukan apakah suatu website akan muncul di halaman pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Algoritma tersebut sifatnya rahasia dan selalu berubah setiap periode tertentu.

Anda memang tidak bisa mengontrol di halaman berapa website Anda akan muncul di Google karena tidak tahu algoritma yang dipakai Google. Namun demikian Anda tentu mempunyai kontrol terhadap website Anda sendiri bukan?

Jadi yang bisa Anda lakukan adalah membuat agar website Anda lebih disukai oleh search engine. Istilah kerennya adalah search engine friendly.

Lalu bagaimana caranya?

Ide dasar dari SEO sebenarnya sangat sederhana, yaitu bagaimana supaya konten website itu lebih mudah terindeks oleh search engine. Oleh karena itu dalam membuat konten website Anda perlu mengikuti standar dan aturan yang dibuat oleh search engine.

Baca Juga: Ini Dia 7 Search Engine Paling Populer di Dunia

White Hat SEO vs. Black Hat SEO

Ada dua sisi teknik SEO yang biasa digunakan, yaitu White Hat dan Black Hat.

Black Hat SEO hanya fokus melakukan optimasi konten website untuk search engine saja. Tidak peduli apakah konten tersebut bermanfaat untuk pengunjung web atau tidak. Biasanya teknik ini menggunakan segala cara agar mendapatkan posisi bagus di search engine dengan cepat.

Contoh dari Black Hat SEO adalah dengan memposting link di banyak situs (meskipun konten situs tersebut tidak relevan) secara otomatis dengan software tertentu maupun manual dan menyisipkan kata kunci pada konten sebanyak-banyaknya.

Meskipun dampaknya cukup instan, teknik Black Hat SEO tidak disukai oleh search engine. Website Anda bisa di-banned oleh Google jika ketahuan menggunakan cara-cara seperti ini.

White Hat SEO adalah kebalikan dari Black Hat SEO. Dengan teknik SEO ini fokus optimasi konten adalah membuat konten website yang berkualitas dan mudah dibaca oleh pengunjung website dengan cara mengikuti aturan-aturan yang dibuat oleh search engine. Jadi titik beratnya adalah pengunjung bukan lagi search engine.

Teknik mana yang sebaiknya digunakan? Kalau saya pribadi menyarankan untuk menggunakan White Hat SEO karena lebih aman dan jangka panjangnya akan lebih menguntungkan website Anda.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Mendatangkan Trafik ke Website Secara Gratis

On-Page SEO dan Off-Page SEO

Secara umum SEO mempunyai dua komponen utama, yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Apa yang dimaksud dengan On-Page SEO?

On-Page SEO adalah teknik SEO yang dilakukan dengan cara mengoptimasi bagian-bagian tertentu dari suatu website dengan tujuan agar lebih mudah terindeks oleh search engine.

Ada 10 poin penting dari On-Page SEO yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi website Anda, yaitu sebagai berikut:

  • Search Friendly URL
  • Title dan Meta Description
  • Heading dan Sub Heading
  • Konten Website
  • Gambar / Foto
  • Responsive Design
  • External Links
  • Internal Links
  • Kecepatan Akses Website
  • Social Sharing Button

Berbeda dengan On-Page SEO, Off-Page SEO adalah teknik SEO yang tidak bersentuhan langsung dengan website namun ikut berpengaruh terhadap rangking website Anda di search engine.

Banyak orang mengasosiasikan Off-Page SEO ini dengan teknik link-building, namun sebenarnya tidak hanya itu. Pada umumnya Off-Page SEO harus dilakukan dengan cara promosi agar peringkat website di search engine lebih tinggi.

Ada 3 poin penting dari Off-Page SEO yang bisa meningkatkan rangking website Anda, yaitu:

  • Link Building
  • Social Media Marketing
  • Social Bookmarking

Lebih penting mana, On-Page SEO atau Off-Page SEO?

Susah untuk menjawab pertanyaan seperti itu. Kedua teknik tersebut sama-sama penting. Namun pada umumnya, On-Page SEO lebih diutamakan daripada Off-Page SEO. Mengapa demikian? Karena lebih mudah dilakukan.

Bisa dikatakan bahwa On-Page SEO adalah pondasi dari semua teknik SEO. Jadi sebelum fokus ke Off-Page SEO, website Anda harus dibenahi terlebih dahulu. Atau dengan kata lain On-Page SEO harus beres dulu. Kalau tidak, segala cara yang berkaitan dengan Off-Page SEO hasilnya tidak akan maksimal.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan SEO itu? Anda juga sudah tahu apa itu beda White Hat SEO dan Black Hat SEO serta On-Page SEO dan Off-Page SEO. Saatnya Anda mulai dengan mengoptimasi SEO WordPress agar nantinya website Anda mudah ditemukan lewat search engine.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Harus Mempunyai Website

Instalasi Plugin Yoast SEO

Langkah pertama sebelum Anda mulai untuk melakukan optimasi SEO di WordPress adalah instalasi plugin Yoast SEO. Anda memerlukan plugin tersebut agar proses optimasi website Anda lebih mudah dan cepat.

Selain Yoast SEO, sebenarnya masih banyak plugin lain yang bisa Anda pakai untuk optimasi SEO di WordPress baik itu yang gratis maupun berbayar, misalnya saja SEMRush, All in One SEO Pack, SEOPress, dan Rank Math.

Anda bisa melakukan instalasi Yoast SEO lewat panel administrasi WordPress. Caranya yaitu klik menu Plugins > Add New. Selanjutnya ketikkan “yoast seo” pada kotak pencarian seperti pada gambar di bawah ini.

install yoast seo

Klik tombol Install Now untuk menginstall plugin tersebut. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Selanjutnya aktifkan plugin tersebut.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress Plugin

Optimasi Setting Permalink WordPress

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan permalink itu?

Permalink adalah struktur URL dari website. Anda harus mengatur struktur URL di website Anda agar lebih optimal. Tujuannya yaitu agar website Anda lebih mudah terindeks oleh search engine khususnya Google.

Klik menu Settings > Permalinks untuk menampilkan halaman pengaturan Permalink.

Opsi permalink di WordPress yang direkomendasikan oleh banyak pakar SEO yaitu Post Name. Pilih opsi tersebut lalu klik tombol Save Changes untuk menyimpan konfigurasi tersebut. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

permalink wordpress

Yoast SEO Configuration Wizard

Yoast SEO mempunyai fitur yang namanya Configuration Wizard yang memudahkan Anda dalam mengatur konfigurasi plugin tersebut untuk website Anda. Caranya yaitu setelah login ke panel administrasi WordPress klik menu SEO. Anda akan menjumpai halaman pengaturan Yoast SEO seperti contoh di bawah ini.

yoast seo dashboard

Pada bagian Problems, Anda akan bisa melihat apakah ada permasalahan yang akan mempengaruhi SEO di website Anda atau tidak. Jika ada maka atasi terlebih dahulu sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Anda bisa melihat kalau ada permasalahan pada website yang saya pakai sebagai contoh dengan keterangan “Huge SEO Issue: You’re blocking access to robots“. Jika Anda menjumpai permasalahan seperti itu ikuti saja instruksi yang ada di situ untuk mengatasinya. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

Dengan asumsi bahwa tidak ada lagi permasalahan di bagian Problems, Anda bisa memulai pengaturan konfigurasi Yoast SEO dengan mengklik link “configuration wizard” yang terdapat pada kotak dengan judul “First-time SEO configuration“.

Selanjutnya Anda akan menjumpai halaman pengaturan seperti contoh di bawah ini.

environment settings

Pilih opsi A pada bagian Environment agar website Anda terindeks oleh search engine lalu klik tombol Next.

site type settings

Pilih tipe website Anda pada bagian Site Type, misalnya online shop lalu klik tombol Next.

organization settings

Pilih opsi Organization atau Person sesuai dengan website yang Anda buat lalu klik tombol Next.

visibility settings

Pilih opsi Yes pada bagian Search Engine Visibility agar semua konten bisa terindeks oleh search engine lalu klik tombol Next.

multiple authors settings

Jika Anda membuat website untuk Anda sendiri, pilih opsi No pada bagian Multiple Authors lalu klik tombol Next.

title settings

Atur Website Name dan pilih Title Separator pada bagian Title Settings lalu klik tombol Next.

yoast learning

Anda bisa mengabaikan pengaturan pada bagian Continue Learning ini. Langsung saja klik tombol Next untuk melanjutkan.

success

Pengaturan lewat Yoast SEO Configuration Wizard sudah selesai. Selanjutnya klik tombol Close untuk kembali ke halaman Dashboard.

On-Page SEO Pada Konten WordPress

Ketika Anda membuat konten di WordPress, baik itu dengan tipe Post maupun Page, Anda akan menemukan sebuah kotak (metabox) di bagian bawah editor WordPress dengan judul Yoast SEO. Di dalam kotak tersebut terdapat beberapa fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengatur konfigurasi SEO pada konten yang Anda buat.

seo metabox

Pada kolom Focus keyphrase, masukkan kata kunci yang menjadi target dari konten website yang Anda buat.

Klik tombol Edit Snippet pada kotak Yoast SEO tersebut. Selanjutnya akan muncul form untuk mengatur SEO Title, Slug, dan Meta Description pada konten WordPress yang Anda buat. Anda bisa mengubah ketiga konfigurasi SEO tersebut agar lebih optimal.

Selanjutnya Anda bisa melihat hasil analisa yang dibuat oleh Yoast SEO berdasarkan Focus keyphrase yang Anda pilih pada bagian SEO Analysis.

seo analysis

Kesimpulan

Bisa dikatakan bahwa SEO merupakan salah satu cara yang cukup murah dan efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung melalui hasil pencarian di search engine tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun untuk keperluan iklan.

Walaupun efek yang dihasilkan dengan SEO tidak terjadi secara instan, namun untuk jangka panjang, dengan menerapkan teknik-teknik SEO sesuai dengan standar dan aturan yang ditetapkan oleh search engine dampaknya akan sangat menguntungkan bagi website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *