Panduan Optimasi Title dan Meta Description Agar SEO Friendly

seo title meta description

Title dan Meta Description merupakan salah satu elemen penting dari On-Page SEO. Jika kita ingin meningkatkan trafik website kita maka mulai saat ini kita harus belajar bagaimana cara mengatur Title dan Meta Description dengan sebaik-baiknya agar SEO website kita lebih optimal.

Baca Juga: Search Engine Submission

Apa Itu Title dan Meta Description?

Ketika kita mencari informasi lewat Google, Title dan Meta Description dari halaman website yang kita cari itulah yang akan muncul di halaman hasil pencarian Google. Oleh karena itu optimasi Title dan Meta Description sangat diperlukan agar halaman website kita lebih mudah ditemukan lewat search engine, khususnya Google.

Pada halaman hasil pencarian Google tersebut, Title dan Meta Description dari halaman website kita akan muncul sebagai headline dan teks singkat yang ada di bawahnya. Contohnya bisa kita lihat pada gambar berikut ini.

sampel hasil pencarian google

Pada contoh di atas, Title dari halaman tersebut adalah “Search Engine Submission – Sorsawo Magazine”. Sedangkan teks singkat di bawahnya merupakan Meta Description.

Selain muncul di halaman pencarian Google, Title juga merupakan komponen penting yang ikut dibagikan saat kita membagikan link sebuah halaman web lewat media sosial seperti Twitter, Facebook atau Google+.

Baca Juga: Ingin Sukses Membangun Website, Pahami 5 Kuncinya Berikut Ini

Bagaimana Cara Optimasi Title Agar SEO Friendly?

Menurut Moz.com, Title merupakan faktor terpenting kedua dari On-Page SEO setelah konten. Oleh karena itu penting sekali untuk melakukan optimasi Title agar SEO website kita lebih maksimal di hasil pencarian Google.

Berikut ini contoh struktur kode HTML dari Title Tag.

<head>
<title>Search Engine Submission - Sorsawo Magazine</title>
</head>

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar struktur Title Tag di website kita lebih disukai oleh search engine. Pada artikel ini saya hanya akan membahas tiga cara saja.

1. Menggunakan Keywords (Kata Kunci) Pada Title Tag

Apapun isi dari halaman website yang kita buat, satu hal yang tidak boleh kita lupakan yaitu keywords atau kata kunci. Keywords harus ada, baik itu pada bagian konten website maupun Title Tag.

Pada bagian Title Tag, keywords sebisa mungkin harus diletakkan di bagian depan. Mengapa demikian? Karena search engine biasanya membatasi panjang Title Tag yang akan dibacanya. Dengan meletakkan kata kunci di depan atau di awal Title Tag, secara otomatis keywords tersebut pasti akan dibaca oleh search engine.

Meskipun sebaiknya keywords berada di bagian awal Title Tag, namun perlu diperhatikan juga makna dari Title Tag tersebut. Kalau tidak memungkinkan berada di awal Title Tag, maka tidak perlu dipaksakan juga.

2. Membatasi Panjang Title Tag

Idealnya panjang Title Tag yaitu sekitar 50 – 60 karakter. Kalau melebihi biasanya tidak akan ditampilkan di halaman pencarian search engine. Jadi kalau dilihat dari sisi SEO tidak ada manfaatnya membuat Title Tag yang panjang sekali.

Batas 50 – 60 karakter tersebut sebenarnya hanya perkiraan saja. Ada juga yang menyebutkan 70 karakter. Tidak ada informasi yang pasti berapa batas yang dipakai oleh search engine seperti Google.

Menurut situs SEOmofo.Com, batas yang digunakan oleh Google menggunakan ukuran piksel bukan karakter. Batasnya kurang lebih sekitar 600 piksel.

Bisa dibayangkan betapa repotnya kalau harus mengukur panjang Title Tag. Oleh karena itu kita tidak perlu pusing memikirkannya. Gunakan saja batas karakter karena lebih mudah dalam menghitungnya.

Kalau kita ingin tahu bagaimana tampilan Title Tag yang kita buat di halaman pencarian Google, kita bisa mencoba aplikasi Title Tag Preview Tool yang dibuat oleh Moz.Com.

3. Membuat Title Tag Yang Unik

Setiap halaman website harus mempunyai Title Tag yang unik, berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Jangan sampai satu Title Tag digunakan oleh lebih dari satu halaman website.

Kalau ada beberapa halaman website yang mempunyai Title Tag yang sama maka ada kemungkinan Google akan menganggapnya sebagai duplicate content dan itu akan berpengaruh negatif terhadap SEO website kita.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Mendatangkan Trafik ke Website Secara Gratis

Bagaimana Cara Optimasi Meta Description Agar SEO Friendly?

Meta Description adalah tag HTML yang menyediakan ringkasan singkat dari halaman web. Pada umumnya Meta Description panjangnya dibatasi hingga 160 karakter.

Google sering menampilkan Meta Description pada halaman hasil pencarian di mana hal tersebut sangat mempengaruhi rasio dikliknya link tersebut oleh pengguna Internet.

Berikut ini contoh struktur kode HTML dari Meta Description:

<head>
<meta name="description" content="Apa itu search engine submission? Bagaimana cara mendaftarkan website secara manual ke Google, Bing, Baidu dan Yandex? Baca selengkapnya di artikel ini!">
</head>

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi Meta Description, yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Membatasi Panjang Teks

Meta Description panjangnya bisa berapa saja, akan tetapi Google biasanya memotong teks Meta Description tersebut sepanjang ~ 300 karakter (batas ini meningkat pada Desember 2017).

Panjang Meta Description yang direkomendasikan yaitu antara 50–300 karakter. Namun perlu diingat bahwa panjang yang optimal akan bervariasi tergantung pada situasinya.

2. Format Meta Description

Walaupun tidak lagi menjadi faktor kunci dari penentuan ranking di hasil pencarian, Meta Description tetaplah harus mendapat perhatian. Karena dengan melihat deskripsi halaman website tersebut bisa mempengaruhi pengguna Google untuk mengklik link tersebut.

Meta Description merupakan peluang bagi kita untuk mengiklankan konten halaman website kita agar dikunjungi oleh pengguna Google yang sedang mencari informasi lewat search engine.

Uraian Meta Description haruslah menarik dan menggunakan kata kunci yang menjadi target halaman website tersebut. Meskipun demikian Meta Description juga harus relevan dengan konten halaman yang dituju.

Baca Juga: Menghitung Biaya Membuat Website Sendiri Dengan WordPress

Kesimpulan

Optimasi Title dan Meta Description sangat penting bagi website kita agar peluang halaman website tersebut dikunjungi oleh pengguna Internet lebih besar.

Barangkali yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengubah Title dan Meta Description tersebut apabila kita membuat website dengan CMS seperti WordPress?

Kita tidak perlu bingung dengan hal tersebut. CMS modern seperti WordPress sudah menyediakan plugin khusus untuk memudahkan proses optimasi Title dan Meta Description, contohnya yaitu Yoast SEO.

Pada artikel yang lain kita akan membahas secara khusus bagaimana cara optimasi SEO di WordPress dengan plugin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *