Ini Dia 7 Search Engine Paling Populer di Dunia

search engine populer

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini Google merupakan search engine yang paling populer di dunia. Ditambah lagi dengan popularitas ponsel berbasis Android yang cukup tinggi menjadikan Google dikenal oleh hampir semua orang.

Dengan market share yang mencapai lebih dari 70%, Google merupakan target utama untuk marketing online. Tak heran jika setiap orang berlomba-lomba agar website yang dikelolanya bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Pertanyaannya sekarang, apakah Google merupakan satu-satunya search engine di dunia ini yang bisa kita gunakan?

Tentu saja tidak.

Selain Google, sebenarnya masih banyak search engine lain yang bisa kita gunakan. Meskipun popularitasnya kalah jauh dengan Google, akan tetapi fitur yang mereka tawarkan tidak bisa dipandang remeh.

Baca Juga: Search Engine Submission

Berikut ini 7 search engine yang paling populer di dunia menurut situs NetMarketShare.com.

1. Google

Google merupakan search engine paling populer di dunia dengan market share lebih dari 70%. Selain itu Google juga menguasai pangsa pasar pencarian lewat perangkat mobile dengan market share lebih dari 85%.

search engine google

Potensi pasar yang besar menjadikan Google sebagai pilihan utama untuk mendatangkan trafik website. Hanya saja persaingannya sangat ketat karena setiap orang juga memiliki keinginan yang sama yaitu agar website mereka muncul di halaman pertama Google.

2. Baidu

Baidu merupakan search engine paling populer di Tiongkok dengan market share mencapai lebih dari 75%. Tampilan website Baidu terlihat mirip dengan Google dengan latar belakang putih, tautan biru dan URL hijau.

search engine baidu

Jika kita membuat website atau toko online dengan target pasar di kawasan Asia, Baidu merupakan pilihan yang layak untuk dipertimbangkan untuk mendatangkan trafik ke website kita.

3. Bing

Bing merupakan pesaing terbesar dari Google dengan market share mencapai 33% di Amerika Serikat. Perlu diketahui bahwa saat ini Yahoo juga menggunakan Bing sebagai mesin pencari di websitenya.

search engine bing

Halaman pencarian Bing terlihat mirip dengan Google dengan kategori yang sama dan latar belakang putih, tautan biru dan URL hijau.

Kelebihan Bing yaitu mereka menawarkan “Rewards”, sebuah program yang akan memberi kita poin ketika kita berbelanja di search engine tersebut dan memungkinkan kita untuk menebus poin itu dengan gift cards, donasi dan banyak lagi lainnya.

4. Yahoo

Yahoo! merupakan search engine yang sangat terkenal sebelum munculnya Google. Saat ini pengguna Yahoo masih cukup banyak dengan market share mencapai 3% di seluruh dunia.

search engine yahoo

Yahoo didukung oleh Bing sehingga hasil pencarian kedua search engine tersebut sangat mirip.

5. Yandex

Yandex merupakan search engine yang paling populer di Rusia dengan market share mencapai 65%. Yandex juga populer di Ukraina, Kazakhstan, Turki dan Belarusia.

search engine yandex

Yandex tersedia dalam beberapa bahasa yaitu diantaranya Inggris dan Cyrillic. Sebagai informasi, Yandex juga menyediakan layanan penyimpanan cloud sehingga pengguna dapat mencari file mereka dari kolom pencarian Yandex.

6. Ask.com

Ask.com merupakan search engine yang cukup unik karena menggunakan format tanya jawab. Bila dibandingkan dengan Bing dan Yahoo, popularitasnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 0.3% saja.

search engine ask

Meskipun sebagian besar hasil pencarian yang disponsori oleh Ask.com didukung oleh search engine Google, Ask.com mempunyai algoritma asli yang lebih mengutamakan keahlian pada topik daripada popularitas.

7. DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan search engine yang sangat menghargai privasi pribadi. Search engine tersebut tidak mengumpulkan atau menyimpan informasi pribadi kita.

search engine duckduckgo

Kita bisa melakukan pencarian informasi lewat DuckDuckGo dengan tenang tanpa harus khawatir ada yang mengawasi aktivitas kita melalui layar komputer.

Kesimpulan

Google masih menjadi pilihan yang paling populer untuk mencari informasi lewat Internet. Akan tetapi kita masih memiliki banyak alternatif lain untuk digunakan tidak hanya Google saja.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *