Pertimbangkan 7 Faktor Ini Ketika Memilih Plugin WordPress

plugin wordpress

Plugin adalah aplikasi yang dipasang di WordPress untuk menambahkan fitur atau fasilitas tertentu yang sebelumnya belum ada di WordPress. Sebagai contoh, dengan plugin WooCommerce Anda bisa membuat toko online di WordPress.

Baca Juga: Panduan Membuat Toko Online Dengan WooCommerce

Sebagian besar plugin WordPress dirilis secara gratis dan bisa Anda temukan di situs WordPress Plugin Directory. Jumlah plugin yang dihosting di situs tersebut banyak sekali, mencapai puluhan ribu dan bertambah terus setiap harinya.

Tak heran jika banyak sekali orang yang bingung untuk memilih plugin WordPress apa yang sebaiknya dipakai di website mereka. Nah, di artikel ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara memilih plugin WordPress.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress Plugin

Ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan plugin tertentu di website Anda.

1. Asal Plugin

Faktor pertama yang harus Anda perhatikan adalah darimana plugin tersebut berasal. Apakah dari situs resmi WordPress Plugin Directory atau bukan?

Alangkah lebih baik jika Anda selalu memprioritaskan plugin yang dihosting di WordPress Plugin Directory daripada plugin yang Anda peroleh dari situs lain. Mengapa demikian? Karena setiap plugin yang masuk ke direktori tersebut selalu direview oleh tim khusus sebelum akhirnya muncul di situs tersebut.

Kalau plugin tersebut coding-nya kurang bagus sudah pasti akan ditolak dan tidak akan ditampilkan di situs resmi WordPress Plugin Directory.

2. Jumlah Download

jumlah download perhari

Seberapa populer plugin tersebut? Ini bisa diketahui dengan melihat statistik berapa kali plugin tersebut didownload oleh pengguna WordPress. Kalau jumlah downloadnya cukup banyak maka kemungkinan besar plugin tersebut kualitasnya memang bagus dan layak untuk digunakan.

Namun sebaliknya, apabila hanya sedikit pengguna yang mendownload padahal plugin tersebut sudah cukup lama ada di WordPress Plugin Directory maka itu menjadi pertanyaan besar. Kalau ini yang terjadi sebaiknya Anda mencari plugin lainnya saja.

3. Update Terakhir

update terakhir

Kapan terakhir kali plugin tersebut diupdate? Perhatikan jangka waktunya. Kalau ternyata sudah lama sekali, misalnya 6 bulan yang lalu atau bahkan 2 tahun yang lalu maka lupakan plugin tersebut. Plugin yang update terakhirnya sudah lama menandakan bahwa pembuat plugin tersebut sudah tidak peduli lagi dengan plugin yang dia buat.

Hati-hati jika Anda menggunakan plugin yang tidak pernah diupdate oleh pembuatnya. Bisa jadi kode yang dipakai oleh plugin tersebut sudah tidak kompatibel dengan versi WordPress yang sekarang Anda pakai.

4. Kompatibilitas WordPress

Pastikan bahwa plugin yang akan Anda pakai sesuai dengan versi WordPress yang sekarang terinstall di website Anda. Jika tidak sesuai, ada kemungkinan plugin tersebut tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Entah itu ada pesan error, tampilan website menjadi berantakan atau yang lainnya.

5. Rating Plugin

rating plugin wordpress

Bagaimana kesan pengguna yang pernah menggunakan plugin tersebut? Hal ini bisa Anda lihat di bagian rating. Kalau ratingnya bagus, itu artinya pengguna merasa puas dengan plugin tersebut.

Di bagian sidebar Anda bisa melihat rating dari setiap plugin. Jumlah bintang menandakan tingkat kepuasan pengguna. Bintang 5 itu paling tinggi, sedangkan bintang 1 paling rendah. Namun itu tidak selalu bisa jadi patokan karena tidak semua pengguna plugin mau memberikan penilaian.

6. Review Plugin

Ketika pengguna memberikan penilaian atau rating atas sebuah plugin biasanya dia juga akan memberikan review sedikit yang berisi tentang kesan dia pada saat menggunakan plugin tersebut.

7. Screenshot

Faktor terakhir yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah screenshot. Bagaimana tampilan plugin tersebut ketika dipasang di website, apakah sesuai dengan yang diinginkan atau tidak?

Itulah 7 faktor yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memasang suatu plugin di website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *