Alasan Penting Mengapa Pelaku Bisnis Harus Ngeblog

ngeblog

Ngeblog adalah kegiatan yang memerlukan komitmen yang kuat untuk melakukannya. Tidak semua orang bisa bertahan untuk selalu ngeblog secara kontinyu. Kebanyakan hanya bertahan beberapa bulan, bahkan ada yang dalam hitungan hari sudah bosan lalu berhenti total.

Sebagai ilustrasi, beberapa tahun yang lalu kita bisa dengan mudah menemukan blog yang terawat dengan baik. Namun saat ini bisa dikatakan hanya sedikit blog yang masih punya tanda-tanda kehidupan didalamnya, rata-rata sedang koma bahkan banyak juga yang sudah mati.

Orang lebih suka berkeluh kesah lewat sosial media ketimbang menulis di blognya masing-masing. Alasannya bermacam-macam, ada yang karena memang tidak punya blog, malas menulis panjang-panjang, (apabila ditulis di blog) tidak ada yang memberi komentar, dan sebagainya.

Salah satu penyebab mengapa banyak orang tidak konsisten menulis blog karena saat mengawali membuat blog tidak dilandasi dengan alasan yang kuat sehingga banyak sekali yang berguguran di tengah jalan.

Jika Anda adalah pelaku bisnis, sayang sekali jika Anda tidak ngeblog atau bahkan tidak punya blog sama sekali. Mengapa demikian? Karena itu artinya Anda sudah melewatkan kesempatan untuk mempopulerkan bisnis Anda di dunia maya.

Berikut ini 3 alasan penting mengapa Anda harus ngeblog, khususnya bagi pelaku bisnis:

1. Personal Branding

Blog merupakan media yang sangat efektif untuk personal branding. Anda bisa menggunakan blog untuk meningkatkan citra Anda di dunia maya. Lewat blog Anda bisa menunjukkan kepada orang lain siapa sesungguhnya Anda, keahlian apa yang Anda miliki, bisnis apa yang sedang Anda lakukan, dan sebagainya.

Dengan memiliki blog dan rutin mengupdatenya dengan tulisan yang berhubungan dengan keahlian yang Anda miliki, Anda seperti sedang mendemonstrasikan keahlian Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki pembaca setia yang selalu mengikuti tulisan di blog Anda.

Dengan menunjukkan apa yang Anda mampu di bidang yang Anda tekuni secara konsisten, lambat laun pembaca setia Anda akan menaruh kepercayaan pada Anda dan menjadi mitra bisnis yang akan memanfaatkan keahlian Anda, apapun keahlian yang Anda miliki. Ingat, banyak transaksi yang dilakukan di dunia bisnis seringkali diawali dengan kepercayaan pada pihak tertentu.

2. Membangun Jaringan

Blog dengan tema yang spesifik dan selalu diupdate dengan tulisan-tulisan baru cenderung lebih sering dikunjungi oleh pembaca daripada yang sudah lama tidak diupdate. Pembaca inilah yang nantinya secara tidak langsung akan menjadi calon pelanggan Anda jika memang produk dan jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan rajin mempublikasikan artikel di blog secara perlahan jaringan bisnis Anda akan berkembang. Orang yang pada awalnya tidak mengetahui siapa dan apa bisnis Anda jadi tahu berkat blog tersebut.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Saat ini hampir semua orang sudah menyadari betapa pentingnya keberadaan sebuah website bagi bisnis. Dengan adanya website Anda bisa memasarkan produk ke seluruh dunia dengan cepat dan murah. Namun ternyata, seiring dengan perkembangan teknologi Internet yang sangat cepat, memiliki website saja tidaklah cukup untuk membuat produk Anda bisa dikenal orang.

Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini Internet sudah penuh sesak dengan website. Sebagai contoh, jika suatu saat Anda mencari informasi di Google maka kemungkinan besar Anda akan menemukan hasil pencarian yang luar biasa banyaknya, bisa puluhan, ratusan, atau bahkan jutaan. Dari situ bisa Anda bayangkan dimana posisi website Anda di Google.

Tanpa ada usaha keras untuk mempopulerkan website Anda, rasanya cukup mustahil untuk mengharapkan website Anda memiliki posisi yang bagus di Google. Nah, salah satu metode yang sangat efektif untuk meningkatkan posisi website Anda di Google yaitu dengan Search Engine Optimization atau disingkat SEO.

SEO adalah suatu metode untuk mengoptimasi halaman website agar lebih disukai oleh search engine, atau yang lebih dikenal dengan istilah search engine friendly. Nah, cara yang paling mudah dan murah yaitu dengan membuat blog dan mengupdate-nya secara teratur dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Dengan menulis artikel di blog secara kontinyu maka search engine seperti Google akan lebih sering mengindeks halaman website Anda dan secara perlahan ini akan meningkatkan popularitas dan posisi website Anda di Google.

Itulah tiga alasan mengapa pelaku bisnis harus ngeblog untuk kemajuan bisnisnya. Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *