10 Alasan Kenapa Google Analytics Penting Untuk Kemajuan Bisnis

google analytics bisnis

Mengetahui siapa pengunjung website dan apa yang mereka cari di website tersebut merupakan salah satu cara untuk mendukung kesuksesan marketing di Internet. Nah, untuk bisa mengetahui informasi tersebut kita perlu sebuah alat bantu untuk menganalisis trafik website.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Mendatangkan Trafik ke Website Secara Gratis

Ada banyak alat bantu yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan tersebut. Salah satunya yang paling populer dan gratis yaitu Google Analytics.

Pada artikel ini saya akan membahas 10 alasan mengapa Google Analytics sangat penting untuk kemajuan bisnis kita.

1. Mengetahui Darimana Pengunjung Berasal

Tahukah Anda darimana pengunjung website Anda berasal? Apakah mereka tahu website Anda dari search engine, media sosial, atau yang lainnya? Dengan Google Analytics kita bisa mengetahui semua informasi tersebut secara mendetail.

2. Pemetaan Lokasi Geografis Pengunjung

Ketika kita membangun website, pernahkah terpikirkan kalau website kita itu nantinya akan dikunjungi oleh orang-orang dari berbagai negara? Nah, dengan memasang skrip Google Analytics di website kita, informasi tersebut bisa kita peroleh dengan mudah.

Kita akan mengetahui dari negara mana saja pengunjung website kita. Tak hanya itu, kita juga akan bisa tahu kota-kota asal mereka. Dengan mengetahui lokasi geografis pengunjung tersebut, nantinya kita akan bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat.

3. Segmentasi Basis Konsumen

Setiap pengunjung website itu unik. Dengan Google Analytics, kita bisa mengetahui karakteristik pengunjung website kita, misalnya berapa usia mereka, jenis kelamin, bahasa yang mereka gunakan, apa yang mereka sukai dan sebagainya.

4. Mengetahui Tingkat Keberhasilan Marketing

Sebagai pelaku bisnis, kita perlu tahu apakah strategi marketing yang kita gunakan membuahkan hasil atau tidak. Misalnya saja kita memutuskan untuk melakukan promosi dengan mengirim email ke target yang sudah kita tetapkan. Bagaimana cara mengukur keberhasilan promosi tersebut? Di sinilah pentingnya kita menggunakan Google Analytics.

5. Mengecek Tercapainya Tujuan

Dengan Google Analytics, kita bisa mengecek apa yang dilakukan oleh pengunjung di website kita. Apakah mereka melakukan tindakan sesuai dengan target kita atau tidak? Kalau ya berarti tujuan kita telah tercapai tetapi kalau tidak, berarti kita perlu memikirkan strategi yang lain.

Sebagai contoh kita membuat sebuah form di website, entah itu jajak pendapat, form registrasi, form download gratisan dan sebagainya. Nah, dengan Google Analytics, kita bisa memantau apakah tujuan dari adanya form tersebut tercapai atau tidak. Kita bisa tahu berapa persen pengunjung yang mengisi form dan berapa yang hanya sekedar lewat saja.

6. Mengetahui Kata Kunci Yang Digunakan Pengunjung Untuk Menemukan Website

Search engine seperti Google merupakan sumber trafik yang luar biasa besar bagi suatu website. Itu sebabnya kita perlu tahu “kata kunci” apa saja yang menyumbang trafik terbesar ke website kita. Atau dengan kata lain, informasi apa yang sedang dicari oleh pengunjung lewat search engine sehingga mereka sampai ke website kita.

Apa manfaatnya kalau tahu kata kunci yang digunakan oleh pengunjung? Manfaatnya sangat besar yaitu kita bisa membuat konten website yang lebih optimal agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung lewat search engine.

7. Mengetahui Tingkat Kompetisi

Google Analytics mempunyai fitur Benchmarking yang mampu memberikan informasi bagaimana tingkat kompetisi bisnis kita terhadap bisnis lainnya. Kita bisa membuat perbandingan berdasarkan jenis industri, asal negara, dan sebagainya.

8. Mengetahui Jenis Konten Yang Harus Dibuat

Konten yang bagus adalah kunci untuk menarik pengunjung. Itulah sebabnya mengapa portal berita trafiknya sangat tinggi. Website yang kontennya sangat sedikit dan tidak dioptimasi dengan baik biasanya pengunjungnya juga sedikit.

Dengan memasang Google Analytics di website, kita bisa memantau pageview setiap konten yang ada di website kita. Dari situ kita bisa memikirkan kira-kira jenis konten apa yang sebaiknya kita publikasikan di website agar trafik ke website kita lebih tinggi lagi.

9. Mengetahui Kenapa Pengunjung Meninggalkan Website

Apakah Anda senang kalau pengunjung di website Anda hanya sekedar numpang lewat? Tentu tidak bukan? Harapannya tentu semua pengunjung di website kita akan menjadi pelanggan.

Trafik yang tinggi bukan jaminan kesuksesan sebuah website. Tidak jarang pengunjung hanya sekedar lewat saja. Mengapa demikian? Karena informasi yang mereka perlukan tidak mereka dapatkan di website kita. Atau bisa juga tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

Itulah sebabnya Google Analytics penting untuk kita. Dengan mempelajari laporan dari Google Analytics, kita bisa menyusun langkah-langkah dan strategi yang diperlukan agar trafik website kita bisa dikonversi menjadi pelanggan.

10. Mengetahui Media Sosial Yang Cocok Untuk Promosi

Media sosial merupakan sumber trafik yang tidak boleh diabaikan. Lewat Google Analytics, kita bisa tahu media sosial apa saja yang menyumbang trafik ke website kita. Dengan mengetahui informasi tersebut, kita bisa memikirkan cara yang lebih efektif untuk mempromosikan bisnis kita lewat media sosial yang tepat.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *