Mengenal Model Transaksi One Time dan Subscription

one time subscription

One Time dan Subscription adalah dua model transaksi pembayaran yang sering kita temui di berbagai website yang menjual produk digital secara online, entah itu software, layanan, sistem membership atau produk digital lainnya.

Hal utama yang menjadi pembeda diantara keduanya yaitu berapa kali terjadi pembayaran. Transaksi One Time hanya dilakukan sekali saja, sedangkan Subscription berulang kali.

Pertanyaannya, diantara kedua model transaksi pembayaran tersebut mana yang lebih baik?

Bicara masalah baik dan buruk, dalam hal ini ada dua sisi yang perlu kita bahas yaitu dari sisi penjual dan pembeli atau pelanggan. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas kedua model transaksi pembayaran tersebut satu persatu.

One Time Billing

Jika disebutkan One Time, itu artinya pembeli hanya perlu membayar produk atau layanan tersebut sekali saja, akan tetapi harus dibayar di depan secara lunas, setelah itu ia baru bisa mendapatkan produk atau layanan yang ia inginkan.

Dari sisi pelanggan model transaksi pembayaran seperti ini cukup beresiko, karena jika produk atau layanan tersebut ternyata tidak sesuai harapan maka ia akan kehilangan uang dalam jumlah yang besar. Namun bisa juga berubah menjadi menguntungkan manakala produk atau layanan tersebut kualitasnya sangat bagus dan pemakaiannya dalam waktu yang cukup lama.

Dari sisi penjual, model transaksi pembayaran One Time akan menguntungkan apabila produk atau layanan tersebut benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang. Namun apabila penggunanya sangat sedikit maka keuntungan yang didapatkan pun kecil.

Mengingat pembayarannya hanya terjadi sekali saja maka produk dengan model transaksi pembayaran One Time biasanya dijual dengan harga yang tinggi. Selain itu dalam praktiknya sering juga dikombinasikan dengan layanan lain yang dijual secara Recurring, misalnya dukungan teknis (support).

Salah satu contoh produk yang dijual dengan pembayaran One Time adalah software. Namun demikian tren yang sekarang berkembang, banyak pengembang software yang menjual produknya dengan model Recurring.

Subscription Billing

Subscription merupakan model transaksi pembayaran yang berulang kali, sering juga disebut dengan istilah Recurring Billing. Model ini mengharuskan pelanggan untuk membayar secara terus menerus setiap periode tertentu, misalnya bulanan atau tahunan.

Produk dengan model transaksi pembayaran One Time yang harganya sangat mahal biasanya juga ditawarkan dengan model Subscription. Dengan model pembayaran Subscription, pelanggan bisa mendapatkan produk atau layanan yang ia inginkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Kalau dihitung secara keseluruhan, dalam jangka waktu yang lama maka total pembayaran yang harus ditanggung oleh pelanggan memang menjadi lebih mahal. Akan tetapi karena dibayar secara berkala, maka tidak terasa berat bagi pelanggan.

Dari sisi penjual, model pembayaran seperti ini sangat menguntungkan karena seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan maka keuntungan yang akan didapatkan semakin besar.

Poduk atau layanan yang menggunakan model ini contohnya yaitu layanan web hosting, VPS server, registrasi nama domain, dan software as a service (SaaS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *