8 Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Harus Mempunyai Website

bisnis website

Tidak peduli seberapa besar bisnis Anda, keberadaan website sangat penting untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda. Sungguh rugi rasanya apabila bisnis Anda tidak memiliki website. Cepat atau lambat Anda akan kalah bersaing dengan kompetitor Anda. Apalagi kalau kompetitor Anda itu memiliki website yang menarik.

Apabila Anda menganggap bahwa website untuk bisnis itu tidak penting dan hanya buang-buang duit saja maka Anda sudah salah besar. Justru dengan adanya website, bisnis Anda akan kelihatan lebih keren dimata konsumen.

Berikut ini 8 alasan mengapa bisnis Anda harus mempunyai website.

Website Sebagai Alat Promosi

Website merupakan media yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Tidak ada media lain yang bisa menandinginya. Bayangkan apabila Anda harus mencetak spanduk, brosur atau banner. Berapa biaya yang harus Anda habiskan untuk keperluan tersebut?

Dengan adanya website, Anda tinggal membuat konten website dan mempublikasikannya di website Anda. Jauh lebih murah dan efisien. Kalaupun ada kesalahan tulis misalnya, Anda pun bisa memperbaikinya dengan mudah. Lain halnya jika menggunakan brosur. Jika ada kesalahan maka Anda harus mencetak ulang dan itu akan memakan biaya lagi.

Website Sebagai Tempat Menjual Produk Secara Online

Website juga bisa digunakan untuk menjual produk secara online. Anda tinggal menampilkan produk yang Anda jual beserta harganya di website. Metode pembayaran di Internet juga ada banyak macamnya. Anda tinggal pilih mau pakai sistem pembayaran otomatis seperti PayPal atau bisa juga secara manual. Semuanya ada plus minusnya, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi yang ada.

Website Sebagai Alat Interaksi Dengan Konsumen

Anda juga bisa memanfaatkan website untuk berinteraksi dengan konsumen. Ada berbagai macam cara yang bisa dipakai untuk keperluan tersebut, misalnya dengan menampilkan informasi alamat email, online chat, memasang form kontak, menyediakan fasilitas forum diskusi dan sebagainya.

Website Sebagai Alat Branding

Website yang didesain secara profesional dengan tampilan menarik merupakan nilai tambah tersendiri bagi bisnis Anda. Konsumen akan bisa menilai bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik dan itu akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan Anda.

Bisnis Anda akan terlihat lebih menonjol lagi apabila kompetitor Anda memiliki website yang lebih jelek atau malah tidak memiliki sama sekali. Anda bisa membayangkan keuntungan apa yang bisa Anda raih dengan kondisi seperti itu.

Website Sebagai Media Informasi

Anda ingin meluncurkan produk baru? Nah, disinilah pentingnya memiliki website. Anda tinggal menginformasikan kepada konsumen lewat website. Atau barangkali Anda ingin mengadakan semacam event tertentu? Gunakan saja website Anda untuk mengumumkannya.

Website Buka Selama 24 Jam Non Stop

Anda bisa membayangkan apabila punya toko yang buka selama 24 jam non stop? Tentu banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan bukan? Nah, salah satu keunggulan website adalah bisa diakses selama 24 jam. Meskipun Anda sedang tidur, konsumen masih bisa bertransaksi lewat website Anda.

Website Bersifat Global, Bisa Diakses Dari Mana Saja

Dengan memiliki website, Anda bisa menjangkau konsumen dari mana saja bahkan seluruh dunia. Mengapa demikian? Karena website itu sifatnya global, bisa diakses dari mana saja. Orang-orang di seluruh dunia bisa mengetahui bisnis Anda dengan membaca informasi yang Anda publikasikan lewat website Anda.

Website Menghemat Waktu Anda

Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyampaikan informasi kepada konsumen lewat tatap muka secara langsung, lewat telepon atau dengan cara menyebarkan brosur? Dengan memiliki website Anda bisa menyampaikan informasi secara lebih cepat. Sekali dipublikasikan lewat website, seluruh pengunjung website Anda akan segera mengetahuinya.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *