5 Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer di Tahun 2020

memulai karir freelancer

Ketika mendengar kata freelancer, mungkin yang terbayang di pikiran Anda adalah bekerja sesuai dengan hobi, jam kerja yang fleksibel, tidak terikat dengan jam kantor, tidak ada bos yang mengatur dan sebagainya.

Tidak dipungkiri lagi bahwa kebebasan dalam mengatur waktu kerja merupakan motivasi utama mengapa banyak orang ingin menjadi freelancer. Bahkan saat ini pekerjaan sebagai freelancer banyak dipilih oleh generasi milenial yang enggan terikat oleh waktu atau aturan perusahaan.

Selain karena alasan di atas, banyak juga orang yang memulai karir sebagai freelancer dengan tujuan untuk mencari penghasilan tambahan disamping kerja full-time atau untuk mengisi kegiatan di waktu luang tanpa harus mengganggu pekerjaan utama di kantor.

Namun demikian untuk menjadi seorang freelancer profesional itu tidak mudah. Seorang freelancer dituntut untuk selalu cerdas dan kreatif, benar-benar mengerti apa yang diinginkan pelanggan, bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat dan yang paling penting memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Bekerja sebagai freelancer juga memerlukan mental yang kuat. Mengapa demikian? Karena pekerjaan ini kerap membuat seseorang merasa kesepian lantaran hampir selalu bekerja sendirian tanpa ada rekan kerja disampingnya. Kalau tidak mempunyai mental yang kuat dipastikan Anda akan cepat bosan dan merasa frustasi.

Ketika Anda bekerja kantoran, banyak masalah finansial yang sudah ditangani oleh perusahaan, seperti pajak penghasilan, asuransi kesehatan hingga tunjangan. Nah, ketika Anda bekerja sebagai freelancer hal-hal semacam itu harus Anda tanggung sendiri.

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk memulai karir sebagai freelancer?

Berikut ini 5 langkah tepat untuk memulai karir sebagai freelancer di tahun 2020.

1. Cari Tahu Apa Keahlian Anda

Sebelum memutuskan untuk memulai karir sebagai freelancer, Anda perlu menggali apa yang menjadi keahlian Anda terlebih dahulu. Ada banyak sekali peluang yang bisa Anda manfaatkan sesuai dengan keahlian yang Anda miliki. Skill yang menjual bisa Anda jadikan modal utama dalam menjalankan bisnis freelancer ini.

Banyak sekali freelancer yang menjalani profesi mereka berdasarkan keahlian dalam bidang kreatif, misalnya saja menulis, desain, programming, fotografi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun demikian, freelancer tidak terbatas pada bidang kreatif saja. Banyak juga yang berhasil menjalani bisnis freelancer di bidang administratif maupun manajemen. Namun memang yang populer di tengah masyarakat adalah bahwa freelancer selalu berhubungan dengan dunia kreatif.

Tanpa adanya keahlian sulit sekali untuk bisa memulai karir sebagai freelancer. Namun Anda tidak perlu takut jika belum mempunyai keahlian yang bisa dijadikan sebagai modal. Anda bisa memulai dari yang paling mudah dulu, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi.

Secara perlahan Anda bisa meningkatkan keahlian Anda dengan belajar hal-hal baru yang menjanjikan penghasilan lebih besar daripada bidang yang Anda pilih sebelumnya.

Ada beberapa macam pekerjaan yang patut Anda pertimbangkan apabila Anda tertarik menjadi freelancer. Selain peluangnya sangat besar, pekerjaan tersebut juga menjanjikan penghasilan yang tinggi.

Graphic Designer

Jika Anda memiliki keahlian dalam desain grafis entah itu dengan Photoshop, Corel Draw, atau software grafis lainnya, cobalah manfaatkan keahlian yang Anda miliki tersebut untuk menjadi freelancer.

Web Developer

Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang menguasai bahasa pemrograman web. Anda nantinya akan bekerja membuat aplikasi web untuk klien Anda dengan bahasa PHP, Java, Ruby, maupun JavaScript.

Android Developer

Tahukah Anda berapa jumlah pengguna Android saat ini? Lebih dari 1 miliar pengguna. Artinya pasar Android itu sangat besar dan Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi pengembang aplikasi Android.

Game Developer

Jika Anda suka bermain game, pekerjaan ini tentunya sangat menyenangkan. Anda bisa menyalurkan hobi Anda sekaligus mendapatkan uang. Ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan game misalnya saja designer, developer, tester dan masih banyak lagi yang lainnya.

SEO Expert

Asing dengan pekerjaan yang satu ini? Perusahaan besar, khususnya yang bergerak di bidang layanan online pastilah memerlukan pekerja yang paham SEO. Mengapa demikian? Karena dari SEO inilah pelanggan-pelanggan baru akan berdatangan.

Database Administrator

Database administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab atas kinerja, integritas dan keamanan database. Seorang database admministrator memiiki peran yang penting bagi perusahaan. Jika Anda menguasai Oracle, Microsoft SQL Server atau MySQL maka pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda.

Content Writer

Content writer adalah penulis profesional yang menulis konten web atau artikel untuk dipublikasikan di Internet. Content writer merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan saat ini. Jika Anda memiliki kemampuan dasar di bidang kepenulisan maka pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda.

Animator

Jika Anda pandai menggambar dan menguasai software seperti Adobe After Effects, Adobe Premier, Autodesk 3ds Max, dan Autodesk Maya maka pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Pekerjaan sebagai animator cukup melimpah di luar negeri.

Data Entry

Pekerjaan utama data entry yaitu input data, biasanya menggunakan software tertentu dari perusahaan. Pekerjaannya cukup simple dan tidak butuh waktu lama untuk dipelajari. Anda bisa memulai dengan pekerjaan ini jika keahlian yang Anda miliki masih sedikit.

Penerjemah

Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan bahasa asing dan tidak sembarang orang bisa. Minimal Anda harus menguasai dua bahasa asing kalau ingin berkarir sebagai penerjemah. Di luar negeri pekerjaan sebagai penerjemah ini peluangnya sangat besar.

Baca Juga: Tips Belajar Programming Secara Otodidak

2. Temukan Ceruk Yang Menguntungkan

Setelah mengetahui apa yang menjadi keahlian Anda langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan sekarang adalah melakukan riset atau penelitian pada pasar. Maksudnya adalah, dengan keahlian seperti yang Anda miliki tersebut, apakah bisa “dijual” atau tidak. Apa yang bisa dijadikan penghasilan dari keahlian tersebut.

Kebanyakan freelancer saat ini menggeluti bidang online, karena pangsa pasar di sini masih sangat menggiurkan bagi freelancer. Riset tersebut nantinya bisa mencakup segala hal yang akan Anda butuhkan nantinya. Dari riset ini, nantinya Anda bisa mempersiapkan diri apa saja yang dibutuhkan dalam menjalani profesi sebagai freelancer.

Sebagai contoh, Anda memiliki keahlian di bidang desain grafis atau setidaknya terampil menggunakan Adobe Illustrator dan Photoshop. Dari sini Anda perlu melakukan riset seberapa ketat tingkat persaingan di bidang tersebut.

Perlu diketahui bahwa di luar sana banyak sekali orang yang memiliki keahlian yang sama dengan Anda dan bersedia mengenakan tarif jauh lebih rendah daripada yang Anda tawarkan. Kalau tidak pintar-pintar menemukan ceruk yang tepat, Anda akan terlibat perang harga yang sangat melelahkan.

Anda perlu meluangkan waktu untuk berpikir secara mendalam untuk menemukan ceruk yang menguntungkan untuk bisnis freelance Anda tanpa harus perang harga dengan yang lain. Anda harus secara aktif mencari industri dan tipe klien yang benar-benar menghargai kualitas.

Saat Anda berada di ruang yang mengedepankan persaingan dalam hal kualitas, Anda akan sepenuhnya mengubah cara Anda dalam menjual layanan. Anda akan bersaing dalam hal nilai, bukan hanya harga.

Alih-alih mengambil proyek desain grafis apa pun yang Anda inginkan, Anda bisa memilih untuk hanya berkonsentrasi pada desain infografis untuk blog, logo perusahaan atau tata letak ebook. Pilih area yang benar-benar menarik minat Anda, dan fokus untuk menjadi desainer terbaik di ruang sempit itu – itulah cara menemukan ceruk yang tepat.

3. Identifikasi Target Klien Anda

Sama pentingnya dengan menemukan ceruk yang menguntungkan, Anda juga perlu mengidentifikasi target klien yang tepat untuk bisnis freelance Anda. Kalau sudah memiliki target yang jelas, Anda akan lebih nyaman dalam menjalani bisnis freelancer ini.

Karena Anda baru saja memulai bisnis freelancer tersebut, tidak apa-apa jika Anda memilih target yang lebih luas untuk mendapatkan beberapa klien. Buat beberapa asumsi awal tentang dengan siapa Anda ingin bekerja, targetkan terlebih dahulu, dan setelah bekerja dengan beberapa dari mereka, Anda akan segera mengetahui apakah ingin terus mengejar tipe klien yang sama atau tidak.

Mempersempit target klien yang paling cocok dengan Anda akan membantu Anda untuk mencapai hasil yang jauh lebih baik dalam jangka panjang. Pada awalnya ini akan terasa sangat sulit karena itu berarti Anda harus mengesampingkan banyak peluang bisnis lainnya.

Untuk menentukan target klien yang tepat saat memulai bisnis freelance, Anda perlu menanyakan kepada diri Anda sendiri tiga pertanyaan berikut ini:

  • Bisnis mana yang akan mendapatkan manfaat lebih besar dari layanan yang saya berikan?
  • Bisnis mana yang mampu membayar harga yang harus saya bebankan untuk mencapai target penghasilan yang telah saya tetapkan?
  • Siapa pembuat keputusan dalam bisnis tersebut dan apa yang bisa saya pelajari tentang mereka? Bisakah saya menemukan cara untuk terhubung dengan mereka secara pribadi?

Ketika Anda memiliki semua informasi tersebut, Anda akan berada pada posisi yang tepat untuk terhubung dengan mereka secara langsung dan menawarkan nilai tambah yang bisa Anda berikan.

4. Manfaatkan Internet Untuk Mendapatkan Klien

Bagi seorang freelancer, mencari klien yang bersedia memanfaatkan layanan yang ia tawarkan tidaklah mudah. Jika mempunyai relasi yang luas dia akan lebih mudah dalam menawarkan layanan, namun bagaimana jika tidak? Tentu susah sekali.

Itulah sebabnya Anda perlu memanfaatkan teknologi Internet untuk mendapatkan klien. Ada banyak sekali situs freelance yang akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah tanpa harus bertemu calon klien kesana kesini dengan membawa proposal penawaran.

Situs freelance adalah suatu platform di mana para pencari kerja freelance dan pencari jasa freelance berkumpul. Di sini, pencari jasa akan memposting suatu pekerjaan dan pencari kerja akan melakukan penawaran untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Dengan menggunakan situs freelance, Anda bisa menemukan pekerjaan dengan lebih mudah. Ada berbagai macam pekerjaan yang ditawarkan di situs freelance. Selain itu Anda juga bisa mengambil pekerjaan dari mana saja tanpa ada batas apapun.

Berikut ini beberapa situs freelance yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan.

Upwork

upwork

Upwork ini dikenal sebagai situs freelance terbesar di dunia dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien di sana. Dengan angka yang luar biasa tersebut, Anda bisa menemukan banyak peluang kerja di sini.

Di Upwork sistem pembayaran bisa berupa hitungan perjam ataupun berdasarkan proyek yang diselesaikan. Jadi, memberikan fleksibilitas baik kepada pencari kerja maupun pencari jasa.

Fiverr

fiverr

Fiverr merupakan situs freelancer yang cukup unik. Kalau di situs freelance lain, klienlah yang membuat pengumuman untuk mencari pekerja freelance. Namun sebaliknya di Fiverr, freelancer yang membuat pengumuman untuk mencari klien.

Sistem kerja di Fiverr ini tentu saja unik. Sebab Anda tak harus repot-repot untuk apply atau mengirim proposal pada proyek yang dibuka klien satu per satu. Anda tinggal membuat pengumuman dan menunggu untuk mendapatkan klien yang sesuai.

Freelancer

freelancer

Hampir mirip dengan Upwork, Freelancer juga termasuk situs freelance dengan jumlah pengguna terbanyak. Berdasarkan laporan, ada lebih dari 42 juta pencari kerja dan klien yang menggunakan situs Freelance ini.

Satu hal yang membedakan Freelancer dengan situs freelance lainnya adalah Anda diharuskan membayar untuk menjadi anggota di sini.

WriterAccess

writeraccess

Seperti namanya, WriterAccess adalah situs freelance yang khusus ditujukan bagi penulis lepas. Di situs tersebut Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis seperti menulis artikel, studi kasus, laporan ilmiah dan masih banyak lainnya.

WriterAccess juga menawarkan berbagai tools seperti optimasi keyword, content planner, dan analytics. Berbagai tools ini bisa membantu pekerjaan Anda sebagai penulis untuk efisien dan lebih berkualitas.

Toptal

toptal

Berbeda dengan situs freelance lain yang ada di daftar ini, untuk mendaftar di Toptal Anda harus punya deretan portofolio berkualitas. Karena Toptal ini menawarkan pencari jasa dengan talenta-talenta terbaik yang ada di dunia sehingga membuat proses seleksi di sini juga sangat ketat.

Kesulitan dan kualitas yang terjamin membuat bayaran di Toptal jauh lebih tinggi daripada situs freelance lain. Selain itu Anda juga bisa memilih proyek dengan jangka panjang atau jangka pendek.

SimplyHired

simplyhired

SimplyHired adalah situs freelance yang menawarkan pekerjaan baik secara online maupun offline. Sehingga apabila Anda tak menemukan pekerjaan di situs freelance lain yang sesuai dengan skill, SimplyHired bisa dijadikan alternatif.

Selain itu, SimplyHired juga menawarkan pekerjaan dari 24 negara berbeda dan menyediakan fitur untuk mencari pekerjaan di lokasi terdekat Anda. Berguna sekali, bukan?

PeoplePerHour

peopleperhour

PeoplePerHour merupakan situs freelance dengan persaingan yang bisa dikatakan lebih ketat daripada situs freelance lainnya. Oleh karena itu ada sistem rating di sini yang berguna untuk sarana promosi Anda untuk bersaing.

Nah, karena ketatnya persaingan di PeoplePerHour, Anda jangan berharap mendapatkan keuntungan yang besar. Selalu patok harga yang wajar agar bisa bersaing dengan pengguna lainnya.

99Designs

99designs

Dari namanya sepertinya sudah jelas bahwa situs freelance yang satu ini memang fokus untuk desainer. Di 99design Anda bisa berkompetisi dalam kontes untuk menarik minat pencari jasa kepada Anda.

99design juga menyediakan beragam artikel yang bisa membantu Anda menjadi graphic designer yang lebih baik lagi. Ada tips desain, tips membangun karir freelance dan masih banyak lainnya.

Guru

guru

Sejak didirikan pada tahun 2001 silam, Guru telah menjadi salah satu situs freelance terbaik yang ada di dunia. Di Guru, baik pencari kerja maupun pencari jasa diharuskan untuk membuat profil mereka masing-masing. Baru kemudian setelah mereka cocok dengan profil masing-masing, pekerjaan bisa dimulai.

Selalu ada saja pekerjaan baru di Guru setiap harinya, sehingga Anda harus sering-sering membuka situs freelance ini agar selalu up-to-date. Anda juga bisa mencari kerja berdasarkan lokasi, kategori maupun jenis pembayaran (per jam atau per proyek).

Baca Juga: Sukses Jadi Freelancer Lewat Upwork

5. Lakukan Personal Branding

Personal branding bisa diartikan sebagai cara seseorang dalam memasarkan diri sendiri agar dinilai lebih baik oleh orang lain. Dalam bahasa yang lebih kasar bisa juga disebut dengan istilah pencitraan. Jadi, bukan hanya artis atau politisi yang perlu melakukan personal branding, freelancer juga perlu melakukan itu agar dikenal.

Mengapa personal branding sangat penting bagi freelancer?

Sebagai freelancer Anda perlu melakukan personal branding agar orang lain tahu siapa dan apa keahlian Anda. Apa tujuannya? Tentu saja tujuannya agar Anda bisa mempengaruhi orang lain agar mau membeli layanan yang Anda tawarkan.

Lalu bagaimana caranya untuk melakukan personal branding?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk memperkuat branding diri Anda sebagai freelancer.

Buatlah Website Portfolio Yang Keren

Website portfolio berfungsi untuk menunjukkan kepada calon klien hasil karya atau proyek-proyek yang pernah Anda kerjakan.

Lewat website portfolio Anda bisa menampilkan testimonial dari klien yang pernah menggunakan layanan Anda. Selain itu dengan adanya website portfolio akan membuat Anda lebih mudah ditemukan oleh perusahaan dan klien Anda lewat Internet.

Secara garis besar ada 5 manfaat utama dari website portfolio, yaitu sebagai berikut:

  • Memudahkan calon klien dalam menemukan Anda lewat Internet
  • Memudahkan calon klien dalam menghubungi Anda lewat form kontak
  • Meyakinkan calon klien baru agar mau menggunakan layanan Anda
  • Memuat profil diri pribadi Anda seperti latar belakang pendidikan, foto profile, keahlian yang Anda kuasai dan penghargaan yang pernah Anda terima
  • Mendokumentasikan hasil karya dan pengalaman yang pernah diraih

Bisa dikatakan bahwa website portfolio merupakan representasi diri Anda secara online. Oleh karena itu website portfolio haruslah memiliki ciri khas unik yang membedakannya dengan website portfolio lainnya.

Buatlah Contoh Hasil Karya Yang Bisa Dipamerkan

Klien yang potensial cenderung lebih suka mempekerjakan freelancer yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat beberapa contoh hasil karya yang bisa dipamerkan kepada calon klien Anda.

Publikasikan dan demonstrasikan hasil karya Anda tersebut di website portfolio yang telah Anda buat agar klien bisa melihat bagaimana kualitas pekerjaan yang bisa Anda berikan kepada mereka.

Bagikan Pengalaman dan Pengetahuan Anda

Salah satu cara yang sangat efektif untuk menunjukkan keahlian Anda yaitu dengan membagikan pengalaman dan pengetahuan lewat website. Artikel-artikel yang Anda publikasikan di website dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Ada beberapa manfaat tambahan yang bisa Anda dapatkan dengan membagikan pengalaman dan pengetahuan Anda lewat website portfolio, yaitu sebagai berikut:

  • Website portfolio Anda akan terlihat lebih hidup karena ada konten baru setiap saat
  • Website portfolio Anda lebih mudah ditemukan lewat search engine
  • Website portfolio Anda akan terlihat lebih menonjol dibandingkan website portfolio lain yang hanya memuat konten statis
  • Anda akan dikenal ahli dibidang yang Anda geluti oleh calon klien yang mengunjungi website Anda
  • Anda akan lebih mudah mendapatkan proyek karena calon klien yakin dengan kemampuan yang Anda miliki

Buatlah Youtube Channel

Apakah perlu seorang freelancer membuat Youtube channel? Tentu saja sangat perlu dan jika Anda bisa melakukan hal tersebut maka efeknya akan sangat dahsyat terhadap perkembangan bisnis freelancer Anda.

Lalu video apa yang harus ditampilkan di dalam Youtube channel tersebut?

Mungkin ini yang menjadi kebingungan Anda, terutama apabila Anda belum terbiasa dalam membuat video.

Ada beberapa jenis video yang bisa Anda tampilkan di dalam Youtube channel Anda, misalnya saja:

  • Testimonial klien dalam bentuk video
  • Video tutorial tentang topik tertentu
  • Demo proyek atau aplikasi yang pernah Anda buat

Kesimpulan

Setelah mengetahui langkah yang tepat untuk memulai karir sebagai freelancer, apakah Anda masih ragu untuk menjadi seorang freelancer? Saat awal memulai bisnis freelancer ini, Anda mungkin akan mengalami beberapa kesulitan namun cepat atau lambat jika Anda terus berusaha, Anda pasti akan berhasil.

Upwork merupakan salah satu situs freelancer yang patut dipertimbangkan jika Anda memutuskan untuk memulai karir sebagai freelancer. Ebook yang berjudul “Sukses Jadi Freelancer Lewat Upwork” akan membantu Anda langkah demi langkah bagaimana cara mendapatkan klien lewat situs freelancer tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *