Ingin Sukses Membangun Website, Pahami 5 Kuncinya Berikut Ini

kunci sukses membangun website

Cara mudah untuk mengetahui website yang kita bangun itu sukses atau tidak yaitu dengan melihat seberapa tinggi trafik website tersebut. Kalau setiap harinya hanya dikunjungi oleh beberapa orang saja atau bahkan tidak ada kunjungan sama sekali maka bisa dikatakan bahwa website tersebut kurang sukses.

Kalau website diibaratkan dengan sebuah toko maka semakin banyak pengunjungnya peluang terjadinya penjualan di toko tersebut akan semakin besar. Namun sebaliknya kalau yang berkunjung hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali maka tentu saja kecil kemungkinannya akan ada penjualan.

Bagaimana cara untuk melihat trafik website kita?

Mudah sekali. Kita bisa memanfaatkan layanan Google Analytics untuk mengetahui hal tersebut. Lewat Google Analytics kita bisa tahu berapa orang yang mengunjungi website kita setiap harinya, halaman apa saja yang mereka lihat, asal mereka dan sebagainya.

Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana caranya agar website yang kita bangun bisa sukses?

Ada banyak faktor yang menentukan kesuksesan sebuah website. Namun demikian pada artikel ini saya hanya akan membahas 5 saja.

Tampilan Visual

Tampilan visual sebuah website merupakan hal pertama yang menjadi daya tarik pengunjung website. Kalau tampilan website tersebut enak dilihat alias menarik maka tanpa diminta pun pengunjung akan terus menjelajahi website tersebut.

Pengunjung akan tertarik untuk mengklik menu yang tersedia di website tersebut untuk mengetahui lebih jauh lagi apa isi website tersebut. Meskipun apa yang dicari oleh pengunjung tidak ada di website tersebut, namun berhubung tampilan visualnya menarik, tanpa disadari dia akan betah juga berlama-lama di website tersebut.

Sebaliknya, jika tampilan visual sebuah website tidak menarik, jika tidak terpaksa sekali biasanya pengunjung akan segera pergi dari website tersebut. Dia tidak akan tertarik untuk mengetahui lebih jauh lagi apa isi website tersebut.

Itulah pentingnya tampilan visual sebuah website. Tentu Anda tidak berharap pengunjung hanya sekedar mampir lewat di website Anda bukan? Oleh karena itu Anda perlu mendesain tampilan website Anda dengan sebaik-baiknya.

Struktur Navigasi

Navigasi atau menu website yang membingungkan merupakan salah satu penyebab mengapa website tidak sukses. Menu website harus bisa ditemukan dengan mudah oleh pengunjung di setiap halaman website.

Kuncinya adalah konsistensi.

Artinya antara halaman website yang satu dengan yang lainnya struktur navigasi menunya harus sama. Mengapa harus demikian? Tujuannya yaitu agar pengunjung tidak bingung. Bisa jadi pengunjung akan mengira bahwa halaman website yang dia lihat sudah bukan bagian dari website tersebut kalau navigasi menunya berbeda.

Dalam mendesain navigasi atau menu website, kita harus memakai prinsip KISS atau Keep It Simple, Sometimes. Artinya navigasi menu sebuah website haruslah dibuat sesederhana mungkin. Membuat navigasi menu yang kompleks dan rumit merupakan ide yang buruk dan harus kita hindari.

Konten

Anda pernah mendengar istilah “Content is King”? Istilah tersebut berkaitan dengan konsep marketing di era digital.

Bisa dikatakan bahwa konten website yang berkualitas merupakan alat marketing yang murah namun sangat efektif. Anda mungkin tidak percaya kalau konten yang ada di website Anda merupakan salah satu penyebab mengapa pengunjung bisa menemukan website Anda.

Suka atau tidak suka search engine seperti Google merupakan sumber trafik yang paling bisa diandalkan untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Tanpa bantuan Google mungkin kita perlu biaya yang sangat besar untuk mempromosikan website kita.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa search engine sangat menyukai konten website yang fresh. Website yang selalu diperbarui secara teratur dengan artikel-artikel baru yang berkualitas bisa dipastikan 99% mudah ditemukan lewat search engine.

Mobile-Friendly

Apa maksud dari istilah “mobile-friendly”? Bisa dibilang bahwa saat ini orang cenderung lebih suka mengakses internet lewat smartphone. Alasannya yaitu lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Oleh karena itu desain website haruslah bisa mengakomodasi hal ini. Kalau kita membangun website pastikan bahwa tampilan website di perangkat mobile seperti smartphone sama baiknya dengan tampilan di komputer atau laptop.

Jangan sampai tampilan di komputer sudah bagus tapi kalau diakses dengan perangkat mobile tampilannya jadi berantakan. Kalau itu sampai terjadi kita akan kehilangan trafik pengunjung website yang cukup signifikan.

Marketing

Punya website itu bukan jaminan sukses. Kita tidak boleh melupakan marketing website sekalipun sudah banyak pengunjungnya. Kalau ingin sukses kita harus terus mempromosikan website kita lewat berbagai macam cara, misalnya lewat media sosial dan email newsletter.

Itulah 5 kunci sukses membangun website yang perlu Anda pahami agar tujuan Anda membuat website bisa tercapai. Barangkali ada yang ingin menambahkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *