Kunci Sukses Jualan Online Lewat Internet

sukses jualan online

Banyak orang menganggap bahwa dengan membuat toko online semua pekerjaan sudah selesai dan pembeli akan berdatangan untuk bertransaksi di toko online tersebut tanpa harus bersusah payah.

Anggapan tersebut adalah salah besar.

Kesuksesan itu tidak datang dalam waktu semalam. Sekedar memiliki toko online di Internet saja tidaklah cukup. Anda memerlukan strategi yang tepat agar sukses jualan secara online di Internet.

Ada 5 kunci utama agar jualan online Anda bisa sukses, yaitu:

Bangun Kepercayaan Pelanggan

Anda jangan terlalu berharap bahwa pengunjung akan langsung berbelanja di toko online Anda pada kunjungan pertama. Perlu waktu agar mereka menaruh kepercayaan kepada toko online Anda.

Apalagi kalau tampilan toko online Anda kurang meyakinkan. Hampir pasti mereka akan ogah berbelanja di situ dan langsung pergi begitu saja tanpa menunggu lama-lama.

Cara yang paling mudah untuk membangun kepercayaan pelanggan yaitu dengan menyediakan berbagai informasi tentang produk dan layanan yang Anda jual di toko online tersebut selengkap mungkin.

Jika Anda berjualan baju secara online, tak ada salahnya apabila Anda memberikan tips dan saran bagaimana cara memilih baju yang cocok dengan pelanggan. Bagaimana memilih warna atau motif baju yang sesuai untuk orang yang gemuk atau kurus, yang badannya tinggi atau pendek dan sebagainya.

Manfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

Banyak orang memanfaatkan media sosial untuk berjualan secara online. Anda juga bisa melakukan hal tersebut. Namun perlu Anda ingat bahwa fungsi utama media sosial adalah untuk berinteraksi dengan orang lain.

Jangan terlalu agresif menawarkan produk atau layanan lewat media sosial.

Gunakan media sosial untuk keperluan promosi saja. Jika mereka tertarik dengan produk dan layanan Anda, arahkan mereka untuk berbelanja di toko online Anda. Prinsipnya adalah media sosial hanya berfungsi untuk mengenal dan berkomunikasi dengan pelanggan, bukan untuk berjualan secara langsung.

Permudah Proses Transaksi

Buatlah toko online yang sederhana saja, jangan terlalu norak. Yang terpenting adalah harus bisa diakses dengan cepat dan tersedia navigasi atau menu yang bisa dilihat dan ditemukan oleh pengunjung dengan mudah.

Berikan informasi yang lengkap kepada pengunjung misalnya saja bagaimana cara berbelanja di toko online Anda, cara melakukan pembayaran, nomor rekening yang bisa digunakan, cara mengecek pengiriman barang, berapa lama barang akan sampai, cara mengembalikan barang jika tidak sesuai, dan sebagainya.

Bijak Dalam Menentukan Harga

Jangan mudah terpancing untuk melakukan perang harga dengan toko online sebelah. Strategi banting harga tidak akan memberikan keuntungan apa-apa untuk Anda. Justru Anda akan rugi sendiri jika melakukan hal tersebut.

Lebih penting untuk meyakinkan pelanggan bahwa harga yang Anda tawarkan tersebut sepadan dengan kualitas produk atau layanan di toko online Anda. Percayalah bahwa kalau pelanggan sudah menaruh kepercayaan kepada toko online Anda mereka tidak akan terlalu mempedulikan masalah harga.

Perhatikan Aspek Keamanan

Bagaimana mungkin pelanggan mau berbelanja di toko online Anda kalau mereka tidak yakin bahwa keamanannya cukup terjamin. Apalagi jika transaksinya menggunakan kartu kredit. Aspek keamanan mutlak harus Anda perhatikan.

Itulah 5 kunci sukses agar jualan online Anda di Internet bisa sukses. Kalau itu bisa Anda lakukan saya yakin penjualan toko online Anda akan melejit. Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *