7 Kiat Agar WordPress Tetap Aman Dari Gangguan Peretas

wordpress security

Saat ini tidak ada yang bisa menyaingi popularitas WordPress sebagai CMS. Hampir semua web developer maupun penyedia layanan web hosting merekomendasikan klien mereka agar membangun website dengan WordPress.

Baca Juga: 7 Fakta Yang Menunjukkan WordPress CMS Paling Populer

Terlepas dari popularitasnya yang sangat tinggi itu, ada satu pertanyaan yang seringkali membuat banyak orang ragu-ragu untuk membuat website dengan WordPress.

Pertanyaan tersebut yaitu “Apakah WordPress itu Aman?”. Keraguan tersebut muncul karena banyak sekali website berbasis WordPress yang terkena serangan peretas.

Harus diakui bahwa tidak ada satu pun software di dunia ini yang 100% aman, termasuk WordPress. Jadi tidak ada gunanya Anda sibuk mencari tahu software apa yang bisa Anda gunakan secara aman untuk membuat website tanpa khawatir mendapat serangan peretas.

Saya pribadi lebih menyukai WordPress dibandingkan dengan software lain seperti Joomla atau Drupal karena menurut saya WordPress mudah digunakan. Disamping itu yang paling penting jika saya menemukan suatu masalah yang berkaitan dengan WordPress, saya tidak terlalu sulit mencari solusinya di Google.

Jika Anda merasa cocok dengan WordPress, Anda tidak perlu ragu-ragu menggunakan WordPress untuk membuat website. Selama Anda mengikuti panduan bagaimana cara mengatur dan merawat website berbasis WordPress dengan benar, website Anda akan aman-aman saja.

Banyak pendapat mengatakan bahwa plugin dan theme WordPress merupakan sumber permasalahan utama yang menjadikan website berbasis WordPress rentan terhadap serangan para hacker.

Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Perlu Anda ketahui bahwa sekalipun plugin dan theme yang Anda gunakan didownload dari situs resmi WordPress, plugin dan theme tersebut sebenarnya dibuat oleh pihak ketiga.

Tidak sedikit plugin dan theme yang dibuat secara asal-asalan dan tidak memperhatikan aspek keamanannya. Oleh karena itu jangan sembarangan menginstall plugin dan theme WordPress yang belum Anda kenal. Anda perlu berhati-hati dan jangan mudah tergoda dengan tampilan screenshot yang menarik dari plugin dan theme tersebut.

Baca Juga: Pertimbangkan 7 Faktor Ini Ketika Memilih Plugin WordPress

Berikut 7 tips agar website Anda tetap aman:

  1. Update segera software WordPress jika sudah tersedia versi terbarunya.
  2. Jangan menginstall plugin yang aneh-aneh. Install plugin yang sudah terbukti aman. Anda bisa mengeceknya dengan mencari review tentang plugin yang akan Anda install di Google. Perhatikan juga seberapa populer plugin tersebut.
  3. Pastikan Anda menggunakan plugin dan theme dengan versi terbaru.
  4. Hapus semua plugin dan theme yang tidak digunakan.
  5. Gunakan password yang susah ditebak, misalnya dengan kombinasi angka, huruf besar dan kecil, karakter khusus seperti @, # dan sebagainya.
  6. Jangan menggunakan username “admin”. Jika ada username tersebut di website Anda segera buat username yang baru lalu hapus username “admin” tersebut.
  7. Backup konten website secara berkala.

Oke, itu sedikit tips bagaimana mengamankan WordPress dari gangguan peretas.

Barangkali Anda mempunyai pendapat yang lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *