10 Kiat Aman Berbelanja Secara Online

kiat belanja online

Perlahan namun pasti aktivitas berbelanja online saat ini mulai banyak digemari oleh banyak orang. Selain praktis kita juga bisa membandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing toko online dengan mudah.

Hanya di depan komputer atau lewat smartphone saja kita sudah bisa menjelajahi banyak sekali toko online yang menjual barang-barang yang kita inginkan. Kita bisa melihat dan menanyakan fitur apa saja yang ditawarkan oleh setiap toko online tanpa perlu takut ditegur karena tidak jadi membeli barang tersebut.

Namun selain kemudahan-kemudahan tersebut, berbelanja secara online juga menyimpan potensi bahaya. Kalau tidak berhati-hati kita bisa tertipu. Mending kalau sekedar kualitas barang yang kita terima tidak sesuai dengan harapan. Bagaimana kalau barang tidak dapat tapi malah uang kita yang hilang? Tentu sangat menyakitkan bukan?

Nah, agar tidak mengalami kejadian seperti itu ada baiknya kita memperhatikan 10 kiat berikut ini saat berbelanja secara online.

Pakai Software Yang Aman

Sebelum berbelanja secara online pastikan bahwa software yang kita gunakan itu aman, baik itu sistem operasinya, web browser dan anti virus. Jangan sampai kita menggunakan software yang sudah kadaluwarsa karena cukup berbahaya.

Software yang sudah cukup lama dan tidak pernah diperbarui biasanya memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan orang untuk mencuri data-data pribadi kita.

Cek Reputasi Toko Online

Hati-hati jika berbelanja secara online di toko yang belum ketahuan reputasinya. Jika kita memang tertarik dengan barang yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk membeli tanyakan sedetail-detailnya kondisi barang tersebut. Jangan sampai sudah terlanjur membeli ternyata barangnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Baca Review/Rating Toko Online

Toko online yang sudah cukup lama biasanya ada review dari pembeli sebelumnya yang bisa kita lihat. Kita bisa menggunakan itu untuk mengetahui seberapa baik pelayanan toko online tersebut terhadap pelanggan. Kalau ada yang memberikan komentar yang negatif itu artinya kita harus waspada. Jangan sampai kita mengalami nasib yang sama.

Periksa Alamat Website

Kita perlu memeriksa dengan teliti alamat website toko online yang kita kunjungi. Bisa jadi itu adalah alamat website yang palsu. Sebagai contoh, tidak menutup kemungkinan jika ada beberapa alamat website toko online yang sama tetapi ekstensi domainnya berbeda. Kita perlu jeli karena bisa jadi yang asli hanya satu.

Pastikan Menggunakan SSL

Sebuah toko online yang terpercaya biasanya peduli dengan masalah keamanan di websitenya. Mereka akan menggunakan protokol SSL atau HTTPS untuk memastikan bahwa data-data pelanggan yang dikirim lewat website tersebut aman. Jika toko online yang kita kunjungi tidak menggunakan HTTPS kita harus berhati-hati ketika bertransaksi lewat toko online tersebut.

Lindungi Data Pribadi

Jangan mudah memberikan data pribadi kita seperti nomor rekening, nomor handphone dan sebagainya kalau memang tidak diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan data.

Ekstra Hati-Hati Saat Pakai Kartu Kredit

Berbelanja secara online seringkali harus memakai kartu kredit sebagai sarana pembayarannya. Kita harus ekstra hati-hati jika mereka minta data kartu kredit kita. Pastikan bahwa toko online tersebut bisa dipercaya dan menggunakan HTTPS. Jika tidak lebih baik jangan bertransaksi di toko online tersebut.

Periksa Informasi Alamat Kontak

Berhati-hatilah apabila toko online yang kita kunjungi tidak mau memberikan informasi alamat kontak yang jelas. Itu menandakan bahwa toko online tersebut kurang bisa dipercaya.

Tanyakan Hak Sebagai Pembeli

Toko online terpercaya biasanya memberikan jaminan garansi kepada pelanggannya. Jika barang yang dibeli tidak sesuai bisa ditukar atau uangnya kembali. Ada baiknya jika kita menanyakan hak kita sebagai pembeli jika toko online tersebut tidak memberikan informasi yang jelas mengenai hal itu.

Periksa Daftar Belanja Dengan Teliti

Pada saat melakukan transaksi secara online biasanya akan muncul ringkasan yang berisi daftar belanja kita. Periksa dengan teliti apakah informasi tersebut sudah benar atau belum.

Itulah 10 kiat agar aktivitas belanja online kita bisa berjalan dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *