Hindari 7 Kesalahan Ini Ketika Membangun Website Sekolah

kesalahan website sekolah

Website sekolah merupakan salah satu sarana yang sangat efektif untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat luas. Website sekolah yang dikelola dengan baik akan memberikan citra yang positif, baik itu kepada calon siswa baru maupun orang tua siswa itu sendiri.

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa efektif website sekolah Anda dalam menarik minat calon siswa baru untuk bersekolah di sana? Apakah keberadaan website sekolah memberikan nilai tambah bagi sekolah tersebut atau justru malah sebaliknya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul karena tidak jarang pengelola website sekolah kurang memperhatikan atau bahkan mengabaikan keberadaan website sekolah tersebut. Akibatnya website sekolah tidak memberikan banyak manfaat bagi sekolah tersebut.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengelola website sekolah sehingga keberadaan website sekolah menjadi kurang efektif untuk mempromosikan sekolah maupun menarik minat calon siswa untuk bersekolah di sana.

Apa saja kesalahan tersebut? Nah, pada artikel ini kita akan membahasnya satu persatu secara detail.

1. Desain Kurang Profesional

Tampilan website merupakan daya tarik utama mengapa pengunjung mau lama-lama berada di website tersebut. Jika tampilannya kurang menarik maka bisa dipastikan pengunjung akan segera pergi dari website tersebut.

Website sekolah harus dikemas secara profesional dengan tampilan yang menarik dan navigasi menu yang mudah dipahami. Namun pada kenyataannya masih banyak website sekolah yang didesain secara asal-asalan dengan kombinasi warna yang aneh.

Selain itu masih banyak juga website sekolah yang menggunakan layanan gratisan seperti Blogspot. Website sekolah merupakan wajah sekolah di dunia maya, jadi harus terlihat menarik.

Baca Juga: 48 Desain Website Sekolah Menengah Terbaik

2. Tidak Mobile Friendly

Saat ini orang lebih suka menggunakan ponsel dan smartphone untuk berselancar di dunia maya daripada laptop atau PC. Hal ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi perangkat mobile yang makin canggih.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah website sekolah Anda sudah mobile friendly? Dengan kata lain apakah tampilan website tersebut terlihat sama bagusnya di ponsel dan smartphone?

Jika website sekolah Anda belum mobile friendly maka ini adalah kerugian besar. Mengapa demikian? Karena website sekolah Anda akan kehilangan potensi trafik yang cukup besar dari pengunjung yang mengakses Internet lewat ponsel mereka.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Mendatangkan Trafik ke Website Secara Gratis

3. Terlalu Fokus Pada Informasi Seputar Sekolah

Hampir semua website sekolah hanya menyajikan informasi seputar sekolah saja, misalnya sejarah sekolah, sarana prasarana, fasilitas pendukung, staf pengajarnya, dan sebagainya.

Informasi seputar sekolah memang penting. Namun kalau hanya fokus menyajikan informasi tersebut maka website sekolah akan terkesan monoton dan kurang menarik bagi pengunjung.

Akan lebih baik jika website sekolah dilengkapi dengan informasi yang menceritakan aktivitas siswa, orang tua siswa maupun guru di sekolah tersebut.

Pada dasarnya setiap orang menyukai cerita sehingga dengan adanya cerita di website sekolah yang dikemas sedemikian rupa maka pengunjung akan merasa tertarik untuk ikut menjadi bagian dari sekolah tersebut.

4. Tidak Memiliki Akun Media Sosial

Hampir semua orang memiliki akun media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Jadi mengapa kita tidak memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi seputar sekolah?

Sayangnya tidak sedikit pengelola website sekolah yang mengabaikan pentingnya akun media sosial yang dibuat khusus untuk sekolah. Kalaupun ada, akun media sosial tersebut tidak dikelola secara serius dan bahkan tidak dicantumkan di website sekolah.

5. Konten Jarang Diperbarui

Seberapa sering website sekolah Anda diperbarui kontennya? Kalau informasi yang ada di website selalu sama maka cepat atau lambat website tersebut akan ditinggalkan oleh pengunjung.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya banyak sekali informasi menarik yang bisa ditampilkan di website sekolah. Anda tidak akan kehabisan inspirasi untuk konten website sekolah Anda. Misalnya saja aktivitas siswa dan guru, agenda kegiatan yang akan diselenggarakan, foto-foto kegiatan sekolah, dan sebagainya.

6. Tidak Mempunyai Halaman Testimonial

Jika sekolah Anda sudah berdiri sekian lama maka pastilah memiliki banyak alumni. Pertanyaannya sekarang, mengapa tidak menampilkan testimonial para alumni tersebut di website sekolah?

Jarang sekali kita jumpai website sekolah yang menampilkan kesan-kesan para alumni selama mereka menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Padahal ini adalah media promosi yang sangat efektif.

Apalagi kalau yang memberikan testimonial tersebut adalah para alumni yang berprestasi dan sudah sukses di bidangnya masing-masing. Tentu ini akan menjadi daya tarik sangat besar bagi para calon siswa maupun orang tua.

7. Masih Menggunakan Email Gratisan

Banyak sekali sekolah yang masih menggunakan layanan email gratisan seperti Gmail dan Yahoo. Apakah tidak boleh? Tentu saja boleh, akan tetapi hal tersebut memberikan kesan kurang profesional.

Alangkah baiknya jika alamat email resmi yang digunakan oleh sekolah menggunakan domain sesuai dengan nama sekolah tersebut dan menggunakan ekstensi domain yang memang diperuntukkan bagi sekolah yaitu .sch.id.

Itulah 7 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengelola website sekolah. Hindari kesalahan tersebut agar keberadaan website sekolah Anda bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *