Hindari 10 Kesalahan Ini Ketika Membangun Toko Online

kesalahan toko online

Banyak orang bingung kenapa penjualan di toko online tidak pernah meningkat.

Dari waktu ke waktu hanya sedikit pengunjung yang bertransaksi di toko online tersebut. Padahal tujuan membuat toko online itu kan agar jangkauan pasarnya semakin luas sehingga diharapkan terjadi penjualan yang signifikan.

Tapi mengapa harapan itu tidak pernah tercapai?

Apakah ada yang salah dengan toko online yang mereka miliki?

Jika hal tersebut terjadi pada toko online Anda, alangkah baiknya apabila Anda mengecek 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik toko online di bawah ini. Bisa jadi ada beberapa kesalahan yang juga Anda lakukan sehingga toko online Anda tidak begitu sukses.

Website Sulit Diakses

Bagaimana mungkin terjadi penjualan kalau website Anda sulit diakses. Jadi wajar saja toko online Anda tidak sukses. Mana mungkin pengunjung bisa betah di website Anda kalau aksesnya lambat.

Idealnya halaman website harus bisa diakses kurang dari 2 detik.

Jadi buatlah agar website Anda bisa diakses dengan cepat oleh pengunjung. Caranya yaitu antara lain dengan mengoptimasi gambar sebelum diupload ke server, mengubah ukuran gambar agar tidak terlalu besar, menggunakan caching, serta melakukan kompresi pada file CSS dan Java Script.

Tampilan Website Tidak Meyakinkan

Kesan pertama itu sangat penting. Kalau tampilan website cukup bagus, biasanya pengunjung akan dengan mudah mengingat suatu website. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan melakukan transaksi pada kunjungan berikutnya.

Oleh karena itu jangan asal-asalan dalam membuat toko online. Anda harus memperhatikan aspek tampilan dari toko online Anda. Kalau tidak punya ide bagaimana tampilan website yang baik Anda bisa mencontoh toko online yang sudah sukses seperti Amazon.com atau eBay.com.

Navigasi Website Membingungkan

Faktor lainnya yang harus Anda perhatikan adalah navigasi website. Coba Anda teliti dengan lebih seksama apakah struktur menu yang ada di website Anda tidak membingungkan. Apakah pengunjung bisa menemukan informasi di website Anda dengan mudah atau tidak.

Anda perlu meletakkan menu di lokasi yang mudah ditemukan oleh pengunjung. Selain itu tampilan menu juga harus lebih mencolok agar pengunjung bisa membedakannya dengan konten yang lainnya.

Tidak Peduli Dengan Keamanan Data

Keamanan data merupakan faktor yang sangat penting pada toko online. Pada umumnya pengunjung tidak akan mau bertransaksi kalau mereka tidak yakin apakah bertransaksi di toko online tersebut aman atau tidak.

Oleh karena itu apabila Anda memang serius dalam membangun toko online maka Anda perlu melengkapinya dengan sertifikat digital atau SSL. Dengan adanya SSL tersebut pengunjung akan merasa yakin bahwa pemilik toko online tersebut peduli dengan keamanan data pelanggannya.

Pengunjung Tidak Tahu Cara Membeli

Apakah Anda sudah menyediakan panduan atau petunjuk bagaimana cara berbelanja di toko online Anda? Jika belum mungkin ini salah satu sebab mengapa penjualan di toko online Anda tidak pernah meningkat.

Ingat, tidak semua pengunjung itu familiar dan tahu bagaimana mekanisme transaksi lewat Internet. Jadi Anda harus menyediakan petunjuk yang jelas dan detail agar pengunjung tahu bagaimana cara membeli produk di toko online Anda.

Informasi Produk Kurang Detail

Kurangnya informasi terkait produk yang dijual di toko online akan membuat pengunjung merasa ragu-ragu untuk bertransaksi. Anda harus menyediakan informasi yang lengkap mengenai produk yang Anda jual, misalnya spesifikasi produk, gambar, ukuran, dan sebagainya.

Pada prinsipnya semakin lengkap informasi tentang produk maka semakin besar peluang terjadinya penjualan. Perlu diperhatikan bahwa gambar produk itu mutlak harus ada di toko online Anda. Namun demikian jangan asal mengupload gambar. Anda harus memilih gambar produk yang kualitasnya bagus dan menarik.

Metode Pembayaran Kurang Lengkap

Apakah metode pembayaran yang tersedia di toko online Anda sudah cukup lengkap? Anda harus menyediakan beberapa metode pembayaran di toko online, tidak cukup hanya dengan satu metode pembayaran saja.

Sebagai contoh, kalau metode pembayarannya dengan transfer bank maka Anda perlu menyediakan beberapa nomor rekening bank. Pilih bank yang jumlah nasabahnya cukup besar dan memiliki cabang sampai pelosok daerah.

Tidak Membuat Blog

Kesalahan besar lain yang sering dilakukan oleh pemilik toko online adalah tidak membuat blog. Jangan meremehkan keberadaan blog di toko online Anda. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mempunyai blog.

Dengan membuat blog Anda bisa membangun brand toko online Anda dengan lebih mudah. Anda juga bisa berbagi tips dan informasi penting yang berkaitan dengan produk yang Anda jual di toko online Anda.

Blog juga bermanfaat untuk meningkatkan rangking di search engine. Kalau peringkat website Anda bagus maka pengunjung akan dengan mudah menemukan alamat toko online Anda lewat search engine.

Tidak Melakukan Promosi

Membuat toko online saja tidak cukup. Apa gunanya mempunyai toko online kalau tidak ada yang mengetahuinya? Jangan mengira bahwa dengan memiliki toko online pekerjaan telah selesai dan Anda tinggal ongkang-ongkang kaki.

Walaupun sudah punya toko online, promosi itu juga perlu. Selain agar toko online Anda dikenal banyak orang, tujuannya agar calon pembeli tahu bahwa Anda menjual produk yang mereka butuhkan.

Promosi itu banyak sekali caranya. Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk keperluan promosi. Lewat media sosial, grup WhatsApp, atau saat berkenalan dengan orang lain juga bisa Anda gunakan untuk mempromosikan toko online Anda.

Infomasi Kontak Tidak Tersedia

Meskipun Anda jualan secara online bukan berarti Anda tidak perlu menyediakan informasi kontak di website Anda. Pengunjung akan lebih mudah menaruh kepercayaan kepada toko online Anda kalau mereka diberikan kemudahan untuk menghubungi Anda.

Oleh karena itu sediakan informasi kontak di toko online Anda, misalnya alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, email, WhatsApp dan sebagainya. Biasanya kalau mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, mereka akan berusaha untuk menghubungi Anda sebelum melakukan transaksi.

Itulah 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik toko online. Kalau Anda ingin sukses maka hindari kesalahan tersebut ketika membangun toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *