5 Alasan Kenapa Website Memerlukan Gambar

website gambar

Sebuah website tanpa gambar bisa diibaratkan bagaikan sayur tanpa garam. Tentu Anda bisa membayangkan seperti apa bukan? Rasanya tentu hambar, tidak menarik atau bahkan bisa dikatakan terkesan tidak ada kehidupan sama sekali.

Lain halnya kalau ada gambar atau foto. Website kita akan terlihat lebih menarik dan enak untuk dilihat. Namun jangan berlebihan dalam menggunakan gambar. Karena kalau gambarnya terlalu banyak, website kita malah akan terlihat norak.

Baca Juga: 21 Website Penyedia Gambar Gratis Berkualitas Tinggi Untuk Website Kita

Apa alasannya sehingga website Anda memerlukan gambar atau foto?

1. Menambah Daya Tarik Secara Visual

Secara visual website yang dilengkapi dengan gambar akan terlihat lebih menarik dibandingkan website lain yang hanya berisi teks saja. Jadi jangan heran kalau website seperti itu lebih mudah untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi.

Jika website Anda hanya berisi teks saja, sekaranglah saatnya untuk berbenah. Desain ulang website Anda dan tambahkan gambar atau foto yang kira-kira cocok dan relevan dengan tema website Anda. Namun perlu diperhatikan juga bahwa gambar yang terlalu banyak juga bisa memperlambat kecepatan website Anda. Oleh karena itu jangan berlebihan dalam menggunakan gambar.

2. Menarik Perhatian Pengunjung

Gambar atau foto juga berfungsi untuk menarik perhatian pengunjung bahkan sebelum mereka sempat membaca satu pun tulisan yang ada di website yang mereka kunjungi.

Apa yang akan terjadi apabila pengunjung sudah tertarik hanya dengan melihat gambar yang ada di website Anda?

Tentu pengunjung akan makin penasaran dengan konten website Anda. Ingat, kesan pertama itu sangat penting. Beruntunglah jika Anda bisa membuat pengunjung merasa terkesan dengan website Anda. Mengapa demikian? Karena bisa dipastikan suatu saat mereka akan kembali lagi mengunjungi website Anda.

3. Menahan Pengunjung Agar Tidak Pergi

Alasan yang ketiga ini masih ada kaitannya dengan yang kedua, yaitu menarik perhatian pengunjung. Secara logika, kalau pengunjung merasa tertarik dengan tampilan visual website Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan segera pergi dari situ.

Lalu apa yang mereka lakukan di website Anda?

Ada berbagai kemungkinan. Bisa cuma lihat-lihat saja, membaca artikel yang Anda tulis di website, mengomentari tulisan Anda, nge-LIKE Facebook page Anda (jika link-nya ada di situ) atau bahkan membeli produk yang Anda jual di website.

4. Memberikan Penekanan Pada Tulisan

Gambar atau foto juga bisa digunakan untuk memberikan penekanan pada tulisan agar lebih mudah dipahami oleh pengunjung. Biasanya berupa gambar ilustrasi, screenshot, diagram, atau infografis. Dengan gambar ilustrasi, tulisan Anda akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Bayangkan seandainya saja tidak ada gambar, apalagi kalau tulisan yang Anda buat sangat panjang, misalnya saja lebih dari 3000 kata, sudah tentu pengunjung website Anda akan cepat bosan dan segera pergi meninggalkan website Anda.

5. Meningkatkan Pageview Website

Apa itu pageview? Pageview adalah jumlah total halaman yang dilihat oleh pengunjung suatu website pada jangka waktu tertentu. Logikanya, semakin lama pengunjung berada di website Anda maka akan semakin banyak pula halaman website yang mereka lihat.

Itulah sebabnya website Anda memerlukan gambar. Tujuannya agar website Anda terlihat menarik sehingga pengunjung betah berlama-lama di website Anda. Dengan demikian harapannya pageview website Anda akan meningkat.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *