Masih Pentingkah Kartu Nama di Era Digital Marketing?

kartu nama

Siapa yang tidak tahu tentang kartu nama? Saya yakin semua orang pasti mengenalnya. Kertas kecil dan mungil itu seringkali tersimpan rapi di dompet pemiliknya. Jika kebetulan pemiliknya berkenalan dengan orang baru, hampir bisa dipastikan kertas kecil tersebut akan berpindah tangan.

Ya, kartu nama memang bukanlah selembar kertas biasa. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi tentang pemilik kartu tersebut, misalnya nama, alamat, nomor telepon, pekerjaan dan sebagainya. Pendek kata, melalui kartu nama kita bisa tahu dengan cepat siapa orang tersebut.

Bagi seorang pebisnis baik itu yang besar maupun kecil, kartu nama memiliki fungsi yang sangat penting. Bahkan saking pentingnya, tidak jarang seseorang memiliki beberapa model kartu nama yang disesuaikan dengan bisnis yang ia miliki. Biasanya pebisnis menggunakan kartu nama tersebut untuk mempromosikan usahanya.

Namun tidak hanya pebisnis yang perlu mempunyai kartu nama. Karyawan biasa, guru, pelajar, mahasiswa, penulis bahkan ibu rumah tangga pun memerlukan kartu nama. Kartu nama bisa digunakan sebagai sarana yang praktis untuk memperkenalkan diri tanpa harus capek-capek mencatat identitas orang yang baru kita kenal.

Di era serba digital seperti sekarang ini penggunaan kartu nama sedikit demi sedikit mulai banyak ditinggalkan. Banyak yang menganggap bahwa kartu nama tidak bermanfaat lagi karena sudah ada handphone dan smartphone yang canggih. Bertukar nomor telepon, alamat email, atau pin BB cukup dilakukan dengan handphone.

Apakah Anda juga mempunyai pandangan seperti itu?

Meskipun sekarang sudah jamannya teknologi canggih, namun keberadaan kartu nama masih sangat penting. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika suatu saat Anda bertemu dan ingin berkenalan dengan seseorang yang Anda anggap penting di jalan namun waktunya sangat terbatas? Cukup dengan memberikan kartu nama Anda maka semuanya jadi beres.

Kartu nama juga berfungsi untuk memberikan kesan profesional kepada orang yang baru Anda kenal. Melalui kartu nama Anda mempunyai kesempatan yang bagus untuk membentuk personal branding secara efektif dan efisien. Anda tidak perlu bercerita panjang lebar lagi tentang diri Anda kepada orang lain.

Bahkan tidak jarang desain kartu nama yang keren akan membuat orang yang baru Anda kenal semakin penasaran dengan diri Anda. Secara psikologis orang akan lebih terkesan dan mudah mengingat Anda dengan adanya kartu nama. Jadi, Anda bisa menggunakan kartu nama tersebut sebagai senjata ketika berkenalan dengan orang lain.

Bagaimana pendapat Anda? Masihkah Anda menganggap kartu nama itu tidak penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *