Kartu Debit Jenius, Solusi Untuk Transaksi Online Pengganti Kartu Kredit

kartu debit jenius

Ada yang kenal dengan kartu debit Jenius dari BTPN? Atau malah sudah memilikinya? Kartu debit Jenius merupakan kartu debit yang bisa dipakai sebagai pengganti kartu kredit untuk transaksi online di website luar negeri.

Seperti yang diketahui bersama, toko online dan website luar negeri seperti Amazon, HostGator, atau NameCheap cara pembayarannya menggunakan kartu kredit atau PayPal. Hal inilah yang menjadi masalah besar bagi mayoritas pengguna Internet di Indonesia.

Penyebabnya yaitu karena kartu kredit itu termasuk barang mewah. Tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit dengan mudah. Persyaratannya cukup banyak dan tidak semua orang bisa memenuhinya. Apalagi jika tidak mempunyai pekerjaan tetap.

Begitu juga dengan PayPal. Setiap orang bisa mendaftar di website PayPal tetapi proses aktivasinya tidak gampang. Lagi-lagi diperlukan kartu kredit untuk keperluan tersebut.

Untunglah saat ini ada kartu debit Jenius yang memberikan solusi untuk permasalahan tersebut.

Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang dilengkapi dengan kartu debit Visa dan memungkinkan nasabah untuk dapat mengelola aktivitas finansial seperti bertransaksi, menabung serta mengatur keuangan dengan lebih aman dan mudah melalui smartphone.

Kartu debit Jenius mempunyai beberapa fitur yang sangat menarik, yaitu antara lain:

  • Anda tidak perlu ke bank untuk membuat rekening kartu debit Jenius, cukup lewat aplikasi Jenius di ponsel Anda.
  • Tidak ada biaya administrasi setiap bulannya, jadi saldo tabungan Anda aman dan tidak akan pernah dipotong oleh pihak bank.
  • Saldo awal saat membuat rekening kartu debit Jenius nol dan tidak ada ketentuan saldo minimum.
  • Kartu debit Jenius berbasis Visa dan bisa diterima semua jaringan ATM manapun termasuk luar negeri.
  • Kartu debit Jenius bisa dipakai untuk pembayaran online di website luar negeri, termasuk untuk keperluan aktivasi akun PayPal.

Untuk mendapatkan kartu debit Jenius, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar lewat smartphone, tanpa ke bank. Cukup siapkan alamat email, nomor HP, e-KTP, dan NPWP (tidak wajib).

Registrasi Akun Jenius

Proses registrasi akun Jenius dilakukan lewat ponsel. Oleh karena itu sebelum melakukan registrasi, download terlebih dahulu aplikasi Jenius di Google PlayStore untuk HP Android atau App Store untuk iOS.

Setelah menyiapkan data pribadi dan mendownload aplikasinya, langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu melakukan registrasi. Langkah pertama, buka aplikasi Jenius di ponsel Anda lalu pilih menu Register.

Untuk registrasi ini, ada beberapa tahapan, yaitu:

  • Masukan alamat e-mail dan nomor HP Anda yang aktif.
  • Foto e-KTP asli milik Anda dan pastikan hasil foto terlihat jelas.
  • Buat nama unik untuk $Cashtag. $Cashtag ini merupakan identitas baru untuk nomor rekening Anda. Cashtag ini berfungsi juga untuk mengirim dan menerima uang dengan cepat.
  • Tentukan nama untuk dicetak di kartu debit Jenius. Nama ini bukan berupa inisial atau nama panggilan. Anda harus menggunakan nama lengkap.
  • Buat kata sandi minimal 10 karakter yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf besar dan angka untuk otentikasi transaksi di Jenius.
  • Buat pin perangkat yang terdiri dari angka enam digit. Jadi, kalau Anda hendak membuka aplikasi Jenius di ponsel, Anda tinggal memasukkan pin perangkat dan aplikasi Jenius akan terbuka.

Pada saat proses registrasi tersebut Anda akan diminta untuk menyebutkan pekerjaan dan alamat kantor Anda. Jika Anda tidak mempunyai pekerjaan tetap, Anda bisa memilih Profesional pada daftar pilihan yang tersedia. Nama kantor bisa Anda isi sembarang dan alamat kantor bisa Anda isi dengan alamat rumah Anda sendiri.

Anda tidak harus menggunakan NPWP Anda sendiri untuk membuat kartu debit Jenius. NPWP orang tua atau suami/istri juga bisa Anda gunakan. Jika memang tidak punya Anda bisa memberi tanda centang pada opsi “Saya tidak membawa NPWP“.

Nantinya dalam waktu 14 hari setelah kartu Jenius aktif Anda akan menerima pemberitahuan lewat email untuk mengupload foto NPWP. Jika memang tidak ada NPWP sama sekali Anda bisa mengabaikan pesan tersebut. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena akun Jenius Anda akan tetap aktif.

Aktivasi Akun Jenius

Setelah melakukan registrasi, akun Jenius Anda tidak langsung aktif begitu saja. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Anda bisa memilih salah satu dari dua cara berikut ini untuk aktivasi.

1. Video Call Dengan Jenius Crew

Buka aplikasi Jenius kemudian pilih menu Video Call dengan Jenius Crew. Pilihan aktivasi ini membutuhkan koneksi Internet yang stabil. Untuk kru yang bertugas akan tersedia setiap hari sejak pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.30 WIB.

Sebelum melakukan video call, usahakan aplikasi Jenius Anda adalah versi terbaru. Selain itu, siapkan dahulu kartu identitas yang Anda gunakan untuk proses registrasi seperti e-KTP, SIM, atau NPWP.

Aktivasi dengan Video Call merupakan cara yang paling mudah. Prosesnya sangat cepat, tidak sampai 10 menit sudah selesai. Anda hanya akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas Anda dan menyebutkan nama orang tua Anda sesuai dengan data pada kartu keluarga.

2. Datang ke Jenius Live

Jenius Live yaitu lokasi Jenius yang terdekat di area Anda. Untuk mencari tahu lokasi terdekat di area Anda, Anda bisa mengeceknya di website resmi Jenius. Jangan khawatir bila Anda berada di luar Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Anda juga bisa mengaktifkannya melalui kantor cabang BPTN Sinaya terdekat.

Setelah proses aktivasi selesai biasanya dalam waktu kurang lebih 1 jam, akun Jenius Anda sudah aktif dan Anda sudah bisa login ke akun Jenius Anda melalui aplikasi Jenius di ponsel Anda.

Namun demikian perlu diketahui bahwa akun tersebut belum bisa digunakan karena saldonya masih kosong. Anda harus mengisi saldo akun tersebut lebih dahulu.

Cara Mengisi Saldo Rekening Jenius

Agar kartu debit Jenius tersebut bisa dipakai untuk melakukan pembayaran, Anda harus mengisi saldo kartu tersebut lebih dahulu. Ada tiga cara yang bisa Anda pakai untuk mengisi saldo Jenius, yaitu sebagai berikut:

1. Transfer lewat Internet Banking, Mobile Banking, Mesin ATM

Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda telah memiliki kartu ATM dari bank lain. Caranya sama persis seperti kalau Anda mentransfer uang ke bank lain lewat ATM, Internet Banking atau Mobile Banking.

Pertama, pilih menu transfer antar bank yang tertera dan masukkan kode bank BTPN (213). Selanjutnya masukkan nomor rekening Jenius Anda dan jumlah uang yang akan ditransfer.
Nomor rekening Jenius bisa Anda temukan dengan membuka menu utama di ujung kiri atas aplikasi Jenius di ponsel. Setelah itu, pilih menu “Lihat Profil“. Anda akan diarahkan ke halaman Profile and Settings. Nomor rekening Jenius Anda terletak si bawah $cashtag.

Transfer melalui antar bank selain bank BTPN akan dikenai biaya sesuai dengan ketentuan masing-masing bank.

2. Datang ke Jenius Location

Cara kedua adalah dengan datang ke Jenius Location terdekat dan lakukan pengisian saldo di mesin TCR (Teller Cash Recycler) yang telah tersedia di Jenius Center.

3. Setor Tunai

Cara ketiga yaitu dengan setor tunai secara langsung melalui teller di kantor cabang BTPN Sinaya atau Purna Bakti. Atau bisa juga setor tunai melalui Jenius Live terdekat.

Cara Menggunakan Kartu Debit Jenius

Setelah proses registrasi akun Jenius disetujui, Anda akan mendapatkan kartu debit utama yang berbentuk fisik atau yang dikenal dengan sebutan m-Card. Kartu tersebut akan dikirimkan ke alamat rumah Anda dalam waktu 3 – 7 hari kerja setelah proses aktivasi akun Jenius.

m-Card ini bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM Bersama, Prima dan jaringan Visa internasional baik itu offline maupun online.

Selain kartu debit utama, Anda juga akan mendapat 2 tipe kartu lainnya yaitu kartu debit virtual (e-Card) dan kartu debit tambahan (x-Card).

Ketiga jenis kartu debit Jenius tersebut merupakan kartu dengan logo VISA dan bisa digunakan sebagai pengganti kartu kredit, bahkan bisa juga digunakan di luar negeri. Inilah salah satu kelebihan kartu debit Jenius dibandingkan kartu debit lainnya.

Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kartu debit utama karena terhubung dengan saldo aktif dari akun Jenius Anda. Sebisa mungkin jangan pernah menggunakan kartu debit utama tersebut untuk transaksi online. Sebagai penggantinya gunakan saja kartu debit virtual Anda agar lebih aman.

Berbeda dengan kartu debit utama, kartu debit virtual dan kartu debit tambahan bisa diatur limit-nya sehingga lebih aman untuk kegiatan online. Limit tersebut bisa Anda atur sendiri lewat aplikasi Jenius di ponsel.

Sebagai tambahan, Anda harus melakukan Top-Up terlebih dahulu apabila ingin menggunakan kartu debit virtual dan kartu debit tambahan. Saldonya akan tetap nol selama Anda belum melakukan Top-Up dari saldo aktif Anda.

Bagaimana cara melakukan Top-Up?

Caranya mudah sekali, Anda tinggal membuka menu Card Center di aplikasi Jenius lalu pilih kartu yang ingin Anda isi saldonya. Setelah itu Top-Up dengan jumlah sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebelumnya pastikan saldo aktif Anda cukup untuk melakukan Top-Up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *