Cara Praktis Membuat Kalender Akademik di WordPress

kalender akademik wordpress

Kalender akademik adalah jadwal penyelenggaraan kegiatan akademik selama jangka waktu setahun. Pada umumnya kalender akademik ini dibuat oleh lembaga pendidikan, misalnya sekolah dan perguruan tinggi.

Satu tahun akademik dibagi menjadi dua semester, yaitu semester ganjil dan semester genap. Kalau di perguruan tinggi biasanya ada tambahan lagi yaitu semester pendek atau semester khusus.

Kalender akademik sering juga disebut dengan istilah kalender pendidikan. Dengan adanya kalender akademik, baik guru, pihak sekolah, siswa maupun orang tua / wali murid dapat mengatur jadwal kegiatan akademik dengan baik.

Fungsi kalender akademik yaitu sebagai berikut:

  • Mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah atau kampus
  • Menyelaraskan peraturan mengenai hari efektif dan hari libur sekolah
  • Sebagai pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran di sekolah
  • Sebagai pedoman bagi guru dalam menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus dan satuan acara pembelajaran

Komponen penting yang harus diketahui dalam kalender akademik yaitu sebagai berikut:

Tahun Ajaran

Tahun ajaran merupakan awal dari dimulainya kegiatan pembelajaran di sekolah. Tahun ajaran baru ditetapkan oleh Dinas Pendidikan yaitu pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir di bulan Juni tahun berikutnya.

Minggu Efektif

Minggu efektif adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Setiap sekolah bisa menyesuaikan jumlah tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Hari Libur

Hari libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan dan libur nasional.

Hari-hari libur tersebut mencakup sebagai berikut:

  • Libur semester
  • Libur hari besar keagamaan
  • Libur nasional
  • Cuti bersama
  • Libur khusus yang ditetapkan lembaga

Pada umumnya kalender sekolah dibuat dengan software grafis seperti Photoshop. Namun di WordPress Anda bisa membuat kalender sekolah dengan lebih mudah berkat adanya plugin WP School Calendar.

Apa Itu WP School Calendar

WP School Calendar adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk menampilkan kalender yang berisi agenda kegiatan di WordPress secara otomatis. Dengan WP School Calendar, Anda tidak perlu lagi membuat kalender akademik secara manual dengan software grafis seperti Photoshop.

Anda tinggal memasukkan tanggal-tanggal penting yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan di sekolah. Selanjutnya plugin WP School Calendar akan menyusun dan menampilkannya dalam bentuk kalender yang menarik.

WP School Calendar merupakan freemium plugin yang artinya plugin yang terdiri dari dua versi yaitu free dan premium. Versi free-nya bisa didownload secara gratis di website Plugin Directory WordPress.org.

Instalasi WP School Calendar

Anda bisa melakukan instalasi plugin WP School Calendar secara langsung lewat panel administrasi WordPress. Setelah login klik menu Plugins > Add New. Selanjutnya ketikkan “wp school calendar” pada kotak pencarian lalu tekan Enter. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

wp school calendar

Klik tombol Install Now untuk memulai instalasi. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan tombol berubah menjadi Activate. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkannya.

Selanjutnya akan muncul halaman setup seperti gambar di bawah ini.

setup wp school calendar

Anda harus menentukan halaman yang akan dipakai untuk menampilkan kalender akademik tersebut. Pada bagian Calendar Page pilih halaman web yang sudah Anda buat, atau kosongkan saja jika belum ada.

Selanjutnya beri tanda centang pada bagian Sample Content jika Anda ingin menginstall contoh kalender. Secara otomatis nantinya WP School Calendar akan membuat contoh kalender lengkap dengan tanggal-tanggal penting yang ada dalam kalender tersebut.

Selanjutnya klik tombol Save Changes.

Setelah proses instalasi WP School Calendar, pada panel administrasi WordPress akan muncul menu tambahan dengan nama School Calendar dan memiliki beberapa submenu, yaitu sebagai berikut:

  • Important Dates: Menu untuk menampilkan daftar tanggal penting pada kalender
  • Add New Date: Menu untuk menambah tanggal penting pada kalender
  • School Years: Menu untuk menampilkan daftar tahun akademik
  • Categories: Menu untuk menampilkan daftar kategori tanggal penting
  • Settings: Menu untuk menampilkan halaman pengaturan kalender

Menampilkan Kalender

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, WP School Calendar menggunakan halaman tertentu untuk menampilkan kalender akademik. Anda bisa mengatur halaman mana yang akan dipakai lewat menu Settings.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana contoh tampilan kalender akademik yang dibuat dengan plugin WP School Calendar, silakan kunjungi halaman demo website WP School Calendar.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *