Panduan Instalasi WordPress Theme

instalasi wordpress theme

Theme adalah komponen WordPress yang berfungsi untuk mengatur tampilan atau layout website agar lebih menarik. Instalasi WordPress theme kita perlukan apabila theme standar yang ada di WordPress tidak sesuai dengan keinginan kita.

Theme bisa diibaratkan seperti baju. Menarik atau tidaknya seseorang, salah satunya dipengaruhi oleh baju yang dipakainya. Begitu juga dengan website, tampilan website yang dibuat dengan WordPress tergantung dari theme yang digunakan.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress

Ada dua jenis WordPress theme, yaitu Free (gratis) dan Premium (berbayar).

Free WordPress theme bisa kita download secara gratis. Ada ribuan theme gratis yang dapat kita coba. Namun terkadang, kita membutuhkan fungsi theme yang tidak dimiliki oleh theme gratisan, sehingga kita perlu jenis WordPress theme yang kedua yaitu Premium Theme.

Lalu apa bedanya Free dan Premium Theme?

Kalau bisa free, kenapa harus berbayar? Mungkin begitu yang ada di pikiran kita. Tentu ada perbedaannya.

Free WordPress ThemePremium WordPress Theme
GratisBerbayar
Fitur sangat terbatasMemiliki fitur yang lebih lengkap dan terus dikembangkan
Jarang diupdate dan kadang jadi bermasalah terutama saat ada update pada WordPressSering diupdate dan pembuat theme biasanya selalu memastikan theme berjalan pada versi WordPress terbaru
Tidak ada Support SystemMemiliki Support System, kita dapat bertanya apabila ada kesulitan ataupun konflik dengan plugin lain dalam menggunakan theme berbayar

Pada saat proses instalasi WordPress selesai, secara otomatis theme yang terinstall dan aktif adalah theme bawaan dari WordPress yaitu misalnya Twenty Seventeen. Theme ini mempunyai tampilan seperti gambar di bawah ini.

wordpress twenty seventeen

Jika kita tidak cocok dengan tampilan Twenty Seventeen, kita bisa mengganti theme yang kita gunakan dengan cara melakukan instalasi theme baru. Kita bisa mencari theme gratisan yang tersedia di website Theme Directory WordPress.org atau membeli premium themes.

Berikut ini cara instalasi themes lewat panel administrasi WordPress.

Instalasi WordPress Theme Dengan Metode Search

Jika kita ingin mencari theme WordPress yang gratis dari website Theme Directory WordPress.org, cara yang paling mudah dan cepat untuk melakukan instalasi WordPress theme yaitu dengan menggunakan fasilitas theme search yang ada di panel administrasi WordPress.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Appearance > Themes.

wordpress themes

Setelah ada di halaman yang memuat daftar WordPress themes yang terinstall di WordPress, klik tombol Add New yang berada di bagian atas.

new wordpress theme

Selanjutnya kita bisa memilih WordPress theme yang ingin kita gunakan dengan fasilitas pencarian yang ada di halaman tersebut.

search wordpress theme

Apabila kita sudah menemukan theme yang cocok, letakkan kursor mouse di atas gambar theme yang kita pilih hingga muncul tombol Details & Preview, Install, dan Preview. Selanjutnya klik tombol Install untuk melakukan instalasi.

install wordpress theme

WordPress akan segera menjalankan proses instalasi theme. Setelah selesai akan muncul pesan yang menyatakan bahwa instalasi sukses beserta tombol untuk mengaktifkan theme tersebut.

activate wordpress theme

Klik Activate dan tampilan website akan berubah sesuai dengan theme yang kita pilih.

Instalasi WordPress Theme Dengan Metode Upload

Cara pertama hanya bisa digunakan untuk melakukan instalasi WordPress theme gratisan yang tersedia di website Theme Directory WordPress.org. Jika kita ingin melakukan instalasi premium theme, kita harus menggunakan metode upload.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Appearance > Themes.

wordpress theme

Setelah ada di halaman yang memuat daftar WordPress themes yang terinstall di WordPress, klik tombol Add New yang berada di bagian atas.

add new wordpress theme

Selanjutnya klik tombol Upload Theme.

upload wordpress theme

Pilih theme yang sudah kita simpan di komputer kita lalu klik tombol Install Now.

browse theme

WordPress akan segera menjalankan proses instalasi. Setelah selesai akan muncul pemberitahuan beserta link untuk mengaktifkan theme tersebut.

sukses upload theme

Klik Activate untuk mengaktifkan theme dan tampilan website akan berubah sesuai dengan theme yang kita pilih.

Mengatur Tampilan Website

Kita bisa mengatur tampilan website sesuai dengan selera kita dengan mengklik menu Appearance > Customize. Ada banyak elemen website yang bisa kita sesuaikan, misalnya navigasi menu, warna teks, latar belakang, dan sebagainya.

Setiap theme biasanya mempunyai ciri khas tersendiri. Jadi kita tidak perlu bingung apabila menjumpai setting yang berbeda antara theme yang satu dengan yang lainnya. Kita tinggal mencoba satu persatu hingga mendapatkan tampilan website yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *