Panduan Instalasi WordPress Plugin

instalasi wordpress plugin

Plugin adalah komponen WordPress yang berfungsi untuk menambah fitur baru pada WordPress. Kalau kita ingin membuat website dengan WordPress, agar fitur yang tersedia lebih lengkap, kita bisa melakukan instalasi WordPress plugin.

Sebagai contoh, kita ingin membuat toko online. Kalau hanya mengandalkan WordPress saja tentu saja tidak bisa. Kita harus menggunakan plugin tertentu seperti WooCommerce atau Easy Digital Downloads.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress

Begitu pula jika kita ingin menambahkan form kontak di website kita. WordPress saja tidak cukup, kita harus menggunakan plugin seperti WPForms, Contact Form 7, Ninja Forms atau Formidable Forms.

Ada ribuan plugin yang bisa kita manfaatkan untuk menambah fitur pada WordPress. Seperti halnya WordPress themes, plugins ada yang Free (gratis) dan ada juga yang Premium (berbayar).

Berikut ini cara instalasi WordPress plugins lewat panel administrasi WordPress.

Instalasi WordPress Plugin Dengan Metode Search

Jika kita ingin mencari plugin WordPress yang gratis dari website Plugin Directory WordPress.org, cara yang paling mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan fasilitas plugin search yang ada di panel administrasi WordPress.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins > Add New.

add new wordpress plugin

Selanjutnya kita bisa mencari WordPress plugin yang ingin kita gunakan dengan fasilitas pencarian yang ada di halaman tersebut. Sebagai contoh kita akan mencari plugin WPForms maka ketikkan “wpforms” pada kotak pencarian seperti pada gambar di bawah ini lalu tekan tombol Enter.

search wordpress plugin

Apabila sudah menemukan plugin yang dimaksud, klik tombol Install Now untuk melakukan instalasi.

install wordpress plugin

Tunggu beberapa saat. WordPress akan segera menjalankan proses instalasi. Jika berhasil tombol Install Now akan berubah menjadi Activate.

activate wordpress plugin

Selanjutnya klik tombol Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Instalasi WordPress Plugin Dengan Metode Upload

Cara pertama hanya bisa digunakan untuk melakukan instalasi plugin gratis yang tersedia di website Plugin Directory WordPress.org. Jika kita ingin melakukan instalasi premium plugin, kita harus menggunakan metode upload.

Pertama, login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins > Add New.

add wordpress plugin

Selanjutnya klik tombol Upload Plugin.

upload wordpress plugin

Pilih plugin yang sudah kita simpan di komputer kita lalu klik tombol Install Now.

browse wordpress plugin

Tunggu beberapa saat. WordPress akan segera menjalankan proses instalasi. Setelah selesai akan muncul pemberitahuan beserta link untuk mengaktifkan plugin tersebut.

upload plugin sukses

Selanjutnya klik tombol Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Rekomendasi WordPress Plugin Penting

WordPress menyediakan ribuan plugin yang bisa kita gunakan secara gratis di website kita. Saking banyaknya mungkin kita jadi bingung mau memilih plugin apa yang sebaiknya digunakan. Nah, biar tidak bingung saya rekomendasikan beberapa plugin pilihan yang bisa digunakan di WordPress.

Plugin penting yang sebaiknya ada di website kita:

Plugin untuk keperluan tertentu:

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *