Panduan Instalasi WooCommerce

instalasi woocommerce

Langkah pertama untuk membuat toko online di WordPress adalah melakukan instalasi plugin WooCommerce. Namun sebelumnya pastikan bahwa kita sudah mempunyai website yang lengkap, dalam arti kita sudah selesai melakukan instalasi dan setup WordPress.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress

Plugin WooCommerce sudah tersedia di website repositori WordPress sehingga kita bisa melakukan instalasi secara langsung lewat panel administrasi WordPress. Caranya yaitu login ke panel administrasi WordPress lalu klik menu Plugins > Add New. Selanjutnya ketikkan “woocommerce” pada kolom pencarian.

search woocommerce

Selanjutnya akan muncul beberapa plugin yang berkaitan dengan WooCommerce. Biasanya WooCommerce merupakan plugin pertama yang ada dalam daftar tersebut. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

install woocommerce

Klik tombol Install Now untuk melakukan instalasi WooCommerce. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Kalau berhasil tombol akan berubah menjadi Activate. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

activate woocommerce

Klik tombol Activate untuk mengaktifkan WooCommerce.

Setelah WooCommerce aktif selanjutnya akan muncul tampilan wizard untuk mengatur setting toko online yang ingin kita buat seperti gambar di bawah ini.

woocommerce wizard store setup

Pada tampilan tab Store Setup, masukkan informasi toko online yang akan kita buat.

  • Where is your store based? – Pilih negara dan propinsi sesuai dengan lokasi toko online
  • Address – Masukkan alamat lengkap toko online
  • City – Masukkan nama kabupaten atau kota
  • Postcode/ZIP – Masukkan kode pos
  • What currency do you use? – Pilih mata uang yang akan digunakan
  • What type of product do you plan to sell? – Pilih tipe produk yang akan dijual, produk fisik, digital atau keduanya

Selanjutnya klik tombol Let’s Go! untuk mengatur konfigurasi pembayaran.

woocommerce payment

Pilih semua metode pembayaran yang akan digunakan dengan cara mengklik tombol ON/OFF yang ada di sebelah kanannya. Jika kita mengklik tanda panah pada Offline Payments nantinya akan muncul metode pembayaran offline yaitu Check Payments, Bank Transfer, dan Cash on Delivery.

woocommerce payment

Silakan dipilih semua metode pembayaran yang akan digunakan. Kalau masih bingung, pilih sembarang juga tidak apa-apa karena kita bisa mengatur setting itu lagi nanti setelah proses instalasi WooCommerce selesai.

Selanjutnya klik tombol Continue untuk mengatur konfigurasi Shipping.

woocommerce wizard shipping

Hanya ada dua pilihan metode shipping pada form setup WooCommerce tersebut, yaitu Flat Rate dan Free Shipping. Untuk sementara kita bisa mengabaikan setting ini dengan mengisi sembarang saja. Nanti kita akan mengatur kembali setting tersebut setelah proses instalasi WooCommerce selesai.

Selanjutnya klik tombol Continue untuk melanjutkan.

woocommerce recommendation

WooCommerce akan memberikan rekomendasi plugin yang bisa kita tambahkan pada toko online yang kita buat. Namun rekomendasi tersebut tidak mengikat dan kita bisa mengabaikannya jika memang tidak memerlukannya.

Klik tombol Continue atau Skip this step untuk melanjutkan.

woocommerce jetpack

Jetpack adalah plugin WordPress yang mempunyai banyak modul menarik untuk meningkatkan fungsionalitas website kita. Namun demikian proses instalasi Jetpack pada tahap ini bisa kita abaikan. Kita akan membahas Jetpack secara detail pada artikel yang lain.

Selanjutnya klik “Skip this step” pada bagian bawah untuk melanjutkan.

woocommerce ready

Kalau muncul tampilan seperti di atas artinya proses instalasi dan setup WooCommerce sudah selesai. Namun jangan senang dulu karena toko online tersebut masih kosong. Kita perlu memasukkan produk yang akan dijual di toko online tersebut. Selain itu ada beberapa setting WooCommerce yang harus kita atur lagi agar lebih optimal.

Klik tombol Visit Dashboard atau Review Settings untuk melanjutkan.

Pada artikel yang akan datang saya akan membahas secara lebih detail tentang manajemen produk di WooCommerce serta cara mengatur setting produk, shipping, metode pembayaran, checkout, template email dan account pelanggan.

Sampai jumpa lagi dengan tutorial WooCommerce yang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *