Panduan Membuat Akun FTP Lewat cPanel

ftp cpanel

Salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi cPanel yaitu fitur untuk membuat akun FTP. Nah, pada artikel ini saya akan membahas secara singkat bagaimana cara membuat maupun menghapus akun FTP lewat aplikasi cPanel.

Baca Juga: Apa Itu cPanel? Mengapa Kita Harus Menggunakan cPanel?

Namun demikian, sebelum ke pembahasan tersebut ada baiknya bila saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan akun FTP. Barangkali ada yang belum mengerti apa itu akun FTP.

Akun FTP adalah akun yang dipakai untuk mengupload dan mengatur file pada server lewat FTP (File Transfer Protocol). Kita bisa menggunakan software FTP client seperti FileZilla untuk keperluan tersebut.

Pada umumnya akun FTP dibuat oleh cPanel secara otomatis pada saat kita mendaftar paket hosting atau menambahkan addon dan subdomain pada cPanel. Akun tersebut biasanya sama dengan username dan password yang kita gunakan untuk login ke cPanel.

Namun ada saatnya kita perlu membuat akun FTP yang baru, yaitu ketika kita ingin memberikan akses kepada orang lain tanpa perlu memberitahukan username cPanel kita kepada orang tersebut.

Dengan akun FTP tersebut kita bisa memberikan batasan, direktori apa yang boleh diakses.

Bagaimana Cara Membuat Akun FTP?

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat akun FTP:

Pertama, login ke aplikasi cPanel dan klik ikon FTP Accounts yang terdapat pada kategori Files seperti gambar di bawah ini.

cpanel ftp account

Selanjutnya kita akan diminta untuk mengisi form untuk membuat akun FTP. Lengkapi form tersebut sesuai dengan akun yang ingin kita buat. Contohnya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

cpanel ftp account

Pada kotak isian Login ketikkan nama user FTP yang ingin kita buat misalnya “michael”. Nantinya pada saat login lewat software FTP, kita harus menggunakan username yang lengkap, pada contoh di atas yaitu “michael@example.com”.

Selanjutnya masukkan password sebanyak dua kali. kita bisa menggunakan tool Password Generator jika ingin membuat password yang unik.

Pada kotak isian Directory, biasanya secara otomatis akan terisi sesuai dengan username FTP yang kita buat, misalnya “public_html/michael”. Ubah kotak isian tersebut sesuai dengan nama direktori pada website kita.

Sebagai contoh, jika kita ingin memberikan akses ke direktori “blog” yang ada di bawah “public_html”, kita bisa mengisikan “public_html/blog”. Dengan cara ini nantinya akun FTP yang kita buat hanya bisa mengakses file-file yang berada pada direktori “public_html/blog” saja dan tidak akan bisa mengakses direktori lain pada “public_html”.

Klik tombol Create FTP Account.

Jika sukses username FTP yang kita buat akan muncul pada daftar akun FTP seperti contoh di bawah ini.

cpanel ftp account list

Bagaimana Cara Menghapus Akun FTP?

Apabila suatu saat kita sudah tidak membutuhkan akun FTP tersebut, kita bisa menghapusnya dengan mengklik menu Delete seperti pada gambar di bawah ini.

cpanel delete ftp account

Selanjutnya klik tombol Delete Account (nomor 2). Perhatian, jangan mengklik tombol nomor 3 apabila isi direktori tersebut masih diperlukan.

Demikianlah cara menambah akun FTP lewat cPanel maupun cara menghapusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *