Plus Minus Adanya Form Komentar di Blog

komentar blog

Form komentar adalah fitur standar yang biasanya ada di setiap blog berbasis WordPress. Kecuali kalau fitur tersebut dimatikan, di bagian bawah setiap artikel akan ada sebuah form agar pengunjung blog bisa mengomentari artikel tersebut.

Baca Juga: Panduan Instalasi WordPress

Jumlah komentar yang ada di setiap artikel seringkali menjadi tolok ukur seberapa populer blog tersebut. Kalau komentarnya banyak itu berarti blog tersebut sangat populer dan sebaliknya kalau sedikit atau malah tidak ada sama sekali bisa dikatakan kemungkinan besar blog tersebut trafiknya belum begitu tinggi.

Blogger yang merasa frustasi karena tidak ada yang berkomentar di blognya biasanya akan mematikan fitur tersebut. Sedikitnya komentar juga sering menjadi alasan bagi seorang blogger untuk malas meng-update blog mereka. Yang lebih parah lagi adalah mereka lalu memutuskan untuk berhenti ngeblog.

Namun ada juga blogger yang tidak begitu peduli dengan komentar di blognya. Ada atau tidak ada komentar, dia akan terus menulis artikel di blog. Semangatnya untuk ngeblog tidak pernah luntur hanya gara-gara tidak ada yang mengomentari tulisannya. Pendek kata, sedikitnya komentar bukanlah penghambat bagi dia untuk selalu meng-update blognya dengan artikel-artikel baru.

Pertanyaannya sekarang adalah Anda termasuk tipe blogger yang mana?

Pada dasarnya salah satu fungsi dari blog adalah untuk menjalin komunikasi yang interaktif dengan pengunjung. Itu sebabnya ada fitur komentar. Dengan adanya fitur tersebut pengunjung bisa menyampaikan pendapat mereka secara bebas. Pengunjung bisa memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam diskusi mengenai topik yang mereka sukai.

Tanpa adanya fitur komentar komunikasi di blog Anda hanya akan berjalan satu arah saja. Blog Anda tidak akan ada bedanya sama sekali dengan website statis. Anda bisa saja mematikan fitur komentar di blog Anda. Namun yang pasti Anda tidak akan memperoleh manfaat dari fitur tersebut.

Dengan demikian jelas sekali bahwa fitur komentar itu sangat penting untuk membantu kesuksesan sebuah blog.

Bersyukurlah jika blog Anda ramai dengan komentar. Itu adalah suatu tanda bahwa pengunjung menyukai konten yang Anda buat. Anda bisa memanfaatkan fitur komentar di blog Anda untuk berinteraksi dengan pengunjung. Ajak mereka untuk ikut memberi masukan topik apa saja yang mereka sukai.

Bagaimana pendapat Anda? Masihkah menganggap fitur komentar tidak penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *