Ini Dia, 10 Fitur Keren WordPress Jetpack Yang Wajib Diketahui

wordpress jetpack

Anda memiliki blog di WordPress.Com? Walaupun serba gratis, fitur-fitur yang ditawarkan di WordPress.Com sangat lengkap dan menarik bukan?

Nah, jika kita membuat blog dengan hosting sendiri, kita pun masih bisa menggunakan fitur-fitur keren yang tersedia di WordPress.Com. Caranya bagaimana? Caranya yaitu dengan memasang plugin Jetpack.

Apa Itu Jetpack?

Jetpack adalah plugin WordPress yang memungkinkan website dengan platform WordPress yang menggunakan hosting sendiri atau self hosted WordPress bisa menikmati berbagai fitur keren yang hanya tersedia untuk blog di layanan WordPress.Com.

Walaupun hanya sebuah plugin tunggal, Jetpack mempunyai banyak sekali modul yang bisa kita aktifkan dan non aktifkan sesuai dengan kebutuhan. Kita tidak harus menggunakan semua modul tersebut. Kalau tidak dipakai ya tidak usah diaktifkan.

Pada artikel ini saya akan mengulas 10 fitur menarik yang menjadi alasan mengapa sebaiknya kita memasang Jetpack di WordPress.

Photon

jetpack photon

Jetpack Photon adalah CDN (Content Delivery Network) untuk gambar atau foto yang merupakan salah satu fitur paling populer di Jetpack. Dengan mengaktifkan modul Photon maka semua gambar di website kita akan di-load dari CDN yang disediakan oleh WordPress.Com.

Loading gambar dari CDN lebih cepat daripada loading gambar dari server hosting kita sendiri. Mengapa demikian? Karena CDN tersebut menggunakan banyak server tidak hanya satu.

Publicize

jetpack publicize

Jetpack Publicize adalah fitur Jetpack yang berfungsi untuk memposting artikel di blog ke akun media sosial yaitu Facebook, Twitter, Tumblr, Google+, Path, dan LinkedIn ketika artikel tersebut dipublikasikan. Fitur ini bekerja secara otomatis.

Sharing

jetpack sharing

Jetpack Sharing memberikan kemudahan kepada kita untuk menampilkan tombol berbagi (sharing) di WordPress. Kita tinggal memilih media sosial yang akan kita gunakan untuk berbagi artikel.

Monitor

jetpack monitor

Situs mengalami down atau tidak bisa diakses kadang-kadang terjadi tanpa kita ketahui. Nah, mengaktifkan modul Jetpack Monitor jika sewaktu-waktu situs kita mengalami down, kita akan mendapat laporan lewat email secara otomatis.

Related Posts

jetpack related posts

Jetpack Related Posts berfungsi untuk menampilkan daftar artikel yang relevan dengan artikel yang sedang dimuat. Daftar artikel tersebut akan ditampilkan di bagian bawah artikel tersebut.

Subscriptions

jetpack subscription

Jetpack Subscriptions adalah modul Jetpack yang berguna untuk menampilkan form berlangganan artikel lewat email. Jika kita mengaktifkan modul tersebut maka semua pengunjung yang telah berlangganan akan menerima pemberitahuan lewat email apabila ada artikel baru.

WordPress.com Stats

jetpack wordpress stats

Jetpack WordPress.com Stats berfungsi untuk menampilkan statistik trafik website seperti Google Analytics.

Jetpack Comments

jetpack comments

Jetpack Comments adalah modul Jetpack yang memungkinkan pengunjung bisa menggunakan akun WordPress.com, Facebook, Twitter atau Google+ ketika memberikan komentar di blog kita.

Shortcode Embeds

Jetpack Shortcode Embeds memberikan kemudahan kepada kita untuk menyisipkan konten berupa video, audio, gambar, dokumen, dan media lainnya di artikel yang kita buat.

Tiled Galleries

jetpack tiled galleries

Jetpack Tiled Galleries yaitu modul Jetpack yang berguna untuk menampilkan galeri foto dengan model rectangular mosaic, square mosaic, dan circular grid.

Bagaimana, Anda tertarik dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Jetpack? Ayo, segera pasang di WordPress Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *