Keuntungan Memiliki Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri

email domain sendiri

Harus kita akui bahwa penyedia layanan email gratisan yang populer seperti Gmail, Yahoo, Outlook atau Zoho memberikan account email dengan berbagai macam kemudahan dan fasilitas yang menarik kepada penggunanya.

Kita tinggal mengisikan beberapa data pribadi seperti nama, alamat serta tanggal lahir dan selanjutnya dalam beberapa menit saja kita sudah bisa memiliki alamat email secara gratis dengan kapasitas yang besar dan fasilitas serba mewah.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kalau kita menggunakan layanan email gratisan tersebut untuk keperluan bisnis, misalnya sebagai alamat email perusahaan? Apakah menguntungkan atau justru merugikan?

Boleh saja kita menggunakan alamat email gratisan untuk keperluan bisnis. Namun untuk kepentingan jangka panjang, bagi pelaku bisnis sangat disarankan untuk memiliki alamat email dengan nama domain sendiri.

Kita akan mendapatkan manfaat yang besar dengan menggunakan alamat email yang memuat nama bisnis atau perusahaan kita. Dilihat dari sisi profesionalitas, secara tidak langsung hal ini bisa menunjukkan kepada calon pelanggan seberapa besar keseriusan kita dalam bisnis tersebut.

Pelanggan akan lebih mudah mengingat nama bisnis kita jika menggunakan alamat email dengan nama domain kita sendiri. Logikanya, orang tentu akan lebih terkesan dan lebih mudah mengingat alamat email “kontak@nama-bisnis.com” daripada “nama-bisnis@gmail.com”.

Selain itu ada beberapa kesan negatif yang mungkin timbul bila kita menggunakan alamat email gratisan, yaitu antara lain:

  • Bisnis yang kita jalankan merupakan usaha dengan skala kecil atau tidak dikelola dengan baik.
  • Komunikasi lewat email bukanlah prioritas utama.
  • Perusahaan kita tidak memiliki website resmi.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat alamat email dengan nama domain kita sendiri?

PERTAMA, kita harus mendaftarkan nama domain yang unik dan mudah diingat.

Pilihlah nama domain yang pendek namun sudah bisa mewakili nama bisnis atau perusahaan yang kita jalankan. Biaya pendaftaran nama domain tidak terlalu mahal, antara 90 – 150 ribu rupiah dan itu berlaku untuk 1 tahun.

KEDUA, cari penyedia layanan email hosting yang cocok.

Perusahaan web hosting biasanya menawarkan paket yang memungkinkan pelanggan untuk membuat satu atau beberapa alamat email dengan nama domain mereka sendiri. Kita bisa membuat alamat email lewat kontrol panel yang disediakan oleh perusahaan web hosting, misalnya cPanel.

Biaya web hosting cukup bervariasi, ada paket hosting dengan biaya 5 ribu/bulan, 20 ribu/bulan, 100 ribu/bulan dan seterusnya, tergantung fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan web hosting.

Alternatif lainnya, jika kita membutuhkan email dengan kapasitas besar, kita bisa memanfaatkan penyedia layanan email yang memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk bisa menggunakan nama domain sendiri, misalnya Google Apps atau Zoho Mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *