Panduan Setup Akun Email di cPanel

email cpanel

Kita bisa membuat akun email dengan nama domain kita sendiri lewat cPanel. Jika domain kita adalah “example.com” maka format akun email yang bisa kita buat nantinya adalah “username@example.com”.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Perlu diperhatikan bahwa jumlah akun email dan kuota mailbox yang bisa dialokasikan untuk setiap akun email dibatasi oleh kapasitas disk dari paket web hosting yang kita pilih.

Sebagai contoh jika kapasitas disk yang kita peroleh dari penyedia web hosting sebesar 500MB maka itu berarti ukuran total dokumen web termasuk email tidak boleh melebihi 500MB.

Dengan asumsi bahwa kita membuat website dengan platform WordPress, maka kita bisa mengalokasikan kapasitas disk yang kita peroleh dari penyedia web hosting dengan pembagian sebagai berikut:

  • 100MB untuk website, dengan catatan website kita tidak terlalu banyak gambarnya.
  • Sisanya, 400MB bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data seluruh akun email yang kita miliki. Dengan demikian jika kita ingin membuat 4 akun email maka kuota mailbox setiap alamat email bisa kita isi dengan angka 100.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat akun email lewat cPanel:

Login ke cPanel lalu klik ikon Email Accounts (lihat gambar di bawah ini).

cpanel email account

Lengkapi form seperti contoh di bawah ini.

cpanel create email

Masukkan username yang akan kita buat pada kotak isian Email. Sebagai contoh jika kita ingin membuat akun email “kontak@example.com” maka masukkan “kontak” pada kotak tersebut lalu pilih domain “example.com”.

Berikutnya masukkan password dan kuota mailbox dengan ketentuan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Klik tombol Create Account.

Jika sukses akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

cpanel create email success

Proses pembuatan akun email sudah selesai. Selanjutnya kita bisa menggunakan akun email tersebut untuk mengirim dan menerima email.

Ada beberapa software webmail open source yang bisa kita pakai di cPanel, yaitu Horde, SquirrelMail dan RoundCube. Kita bisa menggunakan salah satu software tersebut untuk mengirim atau membaca email.

Jika nama domain kita adalah “example.com” dan konfigurasi name server domain tersebut sudah mengarah ke server web hosting maka kita bisa mengakses webmail menggunakan salah satu URL berikut ini:

  • http://example.com/webmail
  • http://example.com:2095
  • http://webmail.example.com

Ketikkan salah satu URL di atas sesuai dengan nama domain kita pada web browser.

Selanjutnya akan muncul tampilan login yang meminta kita untuk memasukkan alamat email dan password. Yang harus kita lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Pada kotak isian Email Address, ketikkan alamat email kita secara lengkap, misalnya kontak@example.com.
  • Pada kotak isian Password, ketikkan password yang kita buat pada saat membuat akun email lewat cPanel.

Jika login berhasil akan muncul tampilan halaman web yang berisi pilihan software webmail yang disediakan oleh cPanel seperti pada gambar di bawah ini.

cpanel webmail

Dilihat dari sisi tampilan interface-nya RoundCube merupakan software webmail yang terbaik.

Berikut ini tampilan dari RoundCube.

cpanel roundcube

Itulah panduan singkat bagaimana cara membuat dan mengakses akun email dengan nama domain kita sendiri lewat aplikasi cPanel.

Kekurangan dari membuat akun email lewat cPanel adalah kapasitas mailbox-nya sangat terbatas. Mengapa demikian? Karena kita harus berbagi ruang penyimpanan di server hosting dengan dokumen web yang lain.

Oleh karena itu jika kita membutuhkan kapasitas mailbox yang lebih besar, kita harus mencari alternatif lain, salah satunya yaitu Zoho Mail. Zoho Mail adalah penyedia layanan email hosting yang mengijinkan pengguna untuk menggunakan nama domain sendiri sebagai alamat email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *