Pilih Domain Lokal atau Umum? Ini Dia Pertimbangannya!

domain lokal

Setiap kali mendaftarkan nama domain baru, kita pasti akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu apakah akan menggunakan ekstensi domain lokal atau domain umum. Ini yang sering membuat kita bingung.

Mungkin ada yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan domain lokal dan domain umum. Biar lebih jelas, kita akan membahas dulu secara sepintas apa perbedaan kedua tipe domain tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Efektif Menentukan Nama Domain Yang Unik dan Menarik

Apa Itu Domain Lokal dan Umum?

Ketika kita mendaftarkan nama domain baru, penyedia layanan akan menanyakan ekstensi nama domain yang akan kita gunakan, misalnya .com, .net, .org atau yang lainnya. Nah, ekstensi domain tersebut dikenal dengan istilah TLD (Top Level Domain).

Ada dua jenis TLD yang umum kita kenal, yaitu domain umum (Generic Top Level Domain) dan domain lokal (Country Code Top Level Domain).

Baca Juga: Peringkat 25 Nama Domain Termahal di Dunia

Apa Perbedaan gTLD dan ccTLD?

Perbedaan kedua tipe domain tersebut terletak pada lingkupnya. Domain umum itu sifatnya global, contohnya yaitu .com, .net dan .org. Sedangkan domain lokal sifatnya spesifik atau khusus untuk area/negara tertentu, contohnya .co.id (Indonesia), .co.uk (United Kingdom), .ca (Canada) dan .com.au (Australia).

Sudah tahukan perbedaan domain lokal dan umum? Lalu apa kelebihan dan kekurangan domain lokal dan umum? Oke, kita akan membahasnya satu persatu.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Kapan Kita Menggunakan Domain Umum?

Harus kita akui bahwa domain umum itu lebih populer daripada domain lokal. Mengapa bisa lebih populer? Karena lebih familiar dan sering kita dengar. Apalagi website-website besar juga menggunakan domain tersebut.

Menurut W3techs.com, .com merupakan Top Level Domain yang paling populer dan digunakan oleh 52.6% website yang ada di dunia. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa .com lebih populer daripada TLD yang lain?

Faktor SEO (Search Engine Optimization) merupakan alasan utama mengapa .com lebih disukai. Sudah bukan rahasia lagi bahwa domain .com lebih dipercaya oleh search engine, yang artinya website dengan domain .com lebih mudah untuk mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian.

Alasan lainnya yaitu target pengunjung. Pada umumnya orang membuat website dengan target pengunjung dari seluruh dunia. Apalagi jika website itu dipakai untuk keperluan bisnis. Itu sebabnya domain umum seperti .com lebih populer.

Website dengan domain .com memberikan kesan kepada pengunjung bahwa website tersebut untuk semua orang, tidak hanya komunitas lokal saja. Walaupun tentu saja tidak selalu demikian. Banyak juga website dengan domain lokal tetapi pengunjungnya mayoritas dari luar negeri.

Sayangnya membuat nama domain dengan ekstensi domain umum itu sudah sangat sulit. Mengapa demikian? Karena hampir semua nama domain dengan nama-nama unik dan kata kunci populer baik itu dalam bahasa Inggris maupun Indonesia sudah didaftarkan.

Baca Juga: Panduan Setup Zoho Mail Dengan Nama Domain Sendiri

Kapan Kita Menggunakan Domain Lokal?

Walaupun domain umum lebih populer namun bukan berarti kita harus selalu menggunakan domain umum untuk website kita.

Ada beberapa jenis website yang mengharuskan kita untuk menggunakan domain lokal, yaitu website sekolah (.sch.id), website perguruan tinggi (.ac.id), website desa (.desa) dan website instansi pemerintah (.go.id).

Selain itu jika kita membuat website dengan target pemasaran lokal seperti restoran, katering, kafe atau industri rumahan, disarankan untuk menggunakan domain lokal seperti .id atau .co.id karena akan lebih mudah dalam menarik pengunjung.

Mengapa domain lokal lebih mudah menarik pengunjung lokal?

PERTAMA, domain lokal memberikan peluang yang lebih besar kepada website kita untuk mendapatkan posisi yang bagus pada search engine ketika pengguna melakukan pencarian berdasarkan negara tertentu.

KEDUA, website dengan domain lokal memberikan kesan bahwa lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal pengunjung sehingga mereka lebih nyaman untuk melakukan transaksi.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa kita pakai, apakah akan menggunakan domain lokal atau domain umum ketika membuat website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *