8 Cara Efektif Mendatangkan Trafik ke Website Secara Gratis

trafik website

Kesuksesan sebuah website bisa diukur dari seberapa tinggi trafik ke website tersebut. Jika website kita merupakan sebuah toko online maka semakin tinggi trafik yang menuju ke website kita, semakin besar pula peluang terjadinya penjualan. Namun sebaliknya, jika trafiknya kecil maka kegagalan sudah menanti di depan mata.

Apa yang harus kita lakukan untuk mendatangkan trafik ke website kita? Nah, pada artikel ini saya akan mengulas 8 cara gratis dan paling efektif untuk mendatangkan trafik atau kunjungan ke website kita. Cara-cara di bawah ini bisa kita terapkan baik itu untuk website yang masih baru maupun yang sudah lama.

1. Berkomentar di Blog Dengan Trafik Tinggi

Cara yang paling cepat untuk mendatangkan trafik ke website kita yaitu dengan menulis komentar di blog lain. Namun tentu saja ada syaratnya yaitu blog tersebut harus yang terkenal dan banyak pengunjungnya. Kalau sama-sama sepi ya nggak ada gunanya, hanya buang-buang waktu saja.

Ketika mengomentari sesuatu, selain nama kita jangan lupa pula untuk menulis alamat website kita pada kolom yang telah disediakan. Kita juga wajib memberikan komentar yang berkualitas, jangan asal berkomentar saja. Tujuannya apa? Agar orang lain tertarik dan penasaran untuk mengetahui siapa kita. Kalau mereka penasaran, tentunya mereka akan mengklik alamat website yang kita cantumkan di situ.

2. Berbagi Konten Website di Media Sosial

Media sosial memberikan kesempatan kepada kita untuk membagikan konten website ke pengguna lainnya secara gratis. Jadi jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

3. Aktif di Forum Diskusi

Kita bisa bergabung dengan forum diskusi online yang relevan dengan website kita. Tidak cukup hanya bergabung saja, kita pun harus aktif berpartisipasi dalam diskusi. Tujuannya jelas yaitu agar kita terlihat menonjol dalam forum tersebut sehingga dikenal oleh anggota forum yang lain.

Hampir semua forum diskusi mengizinkan anggotanya untuk mencantumkan link alamat website pada signature. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendatangkan trafik ke website kita. Signature tersebut akan selalu nampak ketika kita memberikan tanggapan di forum tersebut.

4. Membuat Konten Website Dengan Keyword Yang Tepat

Menulis konten website dengan kata kunci atau keyword yang tepat merupakan cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung website melalui hasil pencarian di search engine. Dengan membuat artikel yang baik secara konsisten di website, entah itu setiap hari sekali atau seminggu sekali maka Google akan selalu mengunjungi dan mengindeks konten website kita.

Dengan demikian, semakin banyak konten website kita maka akan semakin besar peluang bagi kita untuk mendapatkan trafik dari hasil pencarian di search engine.

5. Beritahu Orang Lain Ketika Membuat Konten Baru

Setiap kali mempublikasikan konten baru di website kita, beritahu blogger lainnya. Kita bisa memberitahu mereka dengan mengirim email atau lewat cuitan di Twitter. Jika artikel yang kita buat cukup menarik, dalam waktu singkat akan menyebar kemana-mana.

6. Membuat Youtube Channel

Kita pasti mengenal Youtube. Membuat video di Youtube serta mencantumkan link alamat website kita di bagian deskripsi merupakan cara lain untuk mendatangkan trafik ke website. Kita bisa membuat versi video dari artikel di website kita lalu mengupload video tersebut ke Youtube.

7. Cantumkan Alamat Website di Profil Media Sosial

Kita tentu mempunyai akun media sosial seperti Facebook dan Twitter bukan? Nah, kenapa tidak kita manfaatkan saja akun tersebut untuk mendatangkan trafik ke website kita. Kalau pengikut akun kita sangat banyak, tentu tidak sulit untuk mengajak mereka agar berkunjung ke website.

Kita tidak perlu terang-terangan menyuruh mereka apalagi sampai memaksa. Cukup dengan mencantumkan link alamat website kita di profil media sosial kita. Kalau mereka melihatnya tentu dengan senang hati mereka akan mengklik link yang kita buat.

8. Manfaatkan Yahoo! Answer

Kita juga bisa memanfaatkan Yahoo! Answer untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Caranya yaitu dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna Yahoo lain dan mencantumkan link ke artikel di website kita.

Itulah beberapa tips untuk mendatangkan trafik pengunjung ke website.

Barangkali ada yang ingin menambahkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *