Ini Dia, 7 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Tahun 2020

bahasa pemrograman populer

Bahasa pemrograman itu jumlahnya banyak sekali. Mungkin jumlahnya bisa mencapai ratusan. Kalau Anda ingin mempelajari semua bahasa tersebut jelas tidak mungkin. Anda bisa stress sendiri nantinya.

Bisa saja sih semuanya dipelajari tapi yang pasti nggak akan bisa mendalam. Kemungkinan besar Anda hanya akan tahu dasar-dasarnya saja. Karena untuk mencapai tingkat mahir itu diperlukan waktu yang lama. Yang jadi pertanyaan, kapan Anda akan bekerja kalau waktunya habis untuk mempelajari bahasa pemrograman baru?

Akan lebih baik kalau Anda belajar satu bahasa pemrograman saja dulu sampai benar-benar mahir, setelah itu Anda baru mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Kalau sudah ada satu bahasa pemrograman yang dikuasai secara mendalam, belajar bahasa pemrograman yang lain itu lebih mudah.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih bahasa pemrograman apa yang ingin dipelajari, mungkin Anda perlu mengetahui apa saja bahasa pemrograman yang paling populer saat ini agar nantinya tidak salah dalam menentukan pilihan.

Java

Bahasa pemrograman yang paling populer saat ini adalah Java. Hampir semua perusahaan besar menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Kalau Anda belum tahu, aplikasi yang berjalan di ponsel Android itu juga dibuat dengan bahasa pemrograman Java.

Java pertama kali dikembangkan oleh beberapa programmer di Sun Microsystem yang dipimpin oleh James Gosling. Waktu itu tujuannya yaitu membuat software pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh. Tak disangka saat ini jutaan perangkat mobile bergantung pada bahasa pemrograman tersebut.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa dinamakan bahasa Java?

Apakah ada hubungannya dengan pulau Jawa?

Ya, memang benar. Nama tersebut diambil dari nama kopi kesukaan Gosling. Konon kopi tersebut berasal dari pulau Jawa atau Java dalam bahasa Inggris-nya. Namun ada juga yang berpendapat bahwa Java berasal dari singkatan nama-nama pembuatnya.

Saat ini programmer yang menguasai bahasa pemrograman Java mendapat bayaran yang paling mahal dibandingkan dengan programmer dengan bahasa lainnya. Programmer Java mempunyai masa depan yang cukup cerah karena bahasa tersebut masih akan terus digunakan di masa yang akan datang.

C++

Bisa dibilang C++ merupakan bahasa pemrograman yang cukup tua namun masih sangat populer hingga saat ini. Bahasa ini disukai oleh para developer karena sangat efisien dan fleksibel. Software-software yang terkenal seperti MS Office dan Adobe Photoshop juga dibuat dengan bahasa pemrograman C++.

Bahasa pemrograman C++ dikembangkan pertama kali oleh Bjarne Stroustrup. Awal mula Bjarne Stroustrup membuat membuat C++ adalah ketika dia melakukan penelitian untuk tesis doktor pada salah satu bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman C++ memang sangat rumit dan sulit dipelajari namun sangat populer di kalangan perusahaan teknologi informasi untuk membuat aplikasi desktop. Peluang kerja programmer C++ sangat luas karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

C#

C# (bacanya C sharp) merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Dalam prakteknya C# hanya bisa jalan pada framework yang disebut dengan .NET Framework.

Sama seperti halnya dengan C++, bahasa pemrograman C# ini juga dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman C. Ciri dari bahasa ini adalah simpel, modern, aman, dan berorientasi pada obyek.

Bahasa pemrograman C# sangat banyak digunakan dalam pengembangan video game, jadi bagi Anda yang bercita-cita menjadi developer video game, alangkah baiknya untuk mempelajari bahasa tersebut.

PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling populer untuk membuat aplikasi berbasis web. Website sosial media yang populer seperti Facebook pun dibuat dengan bahasa pemrograman PHP. Hingga saat ini PHP telah digunakan oleh lebih dari 20 juta website yang ada di Internet.

Rasmus Lerdorf pertama kali mengembangkan bahasa pemrograman PHP pada tahun 1995. Waktu itu tujuannya hanyalah untuk keperluan website pribadinya saja. Tak disangka banyak programmer yang tertarik dengan bahasa pemrograman tersebut dan ikut menggunakannya.

PHP merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Jadi tak heran jika banyak sekali programmer yang menguasainya. Jika Anda tertarik untuk menjadi programmer PHP maka Anda harus benar-benar mempelajarinya hingga mahir karena banyak sekali pesaing Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali yang membutuhkan keahlian tersebut.

Objective-C

Bagi Anda yang ingin belajar membuat aplikasi untuk iOS atau Mac OS, bahasa pemrograman Objective-C merupakan bahasa yang wajib untuk dipelajari.

Objective-C merupakan bahasa utama yang digunakan oleh Apple untuk mengembangkan sistem operasi OS X dan iOS serta untuk mengembangkan Application Programming Interfaces (API) perusahaan tersebut. Bahasa pemrograman ini secara khusus dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan aplikasi OS X.

Objective-C termasuk bahasa pemrograman yang sulit dipelajari oleh programmer pemula. Untuk memudahkan pengembangan aplikasi iOS dan aplikasi OS X, kini Apple membuat bahasa pemrograman baru yang dinamakan Swift.

Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang mempunyai sintaks sederhana dan mudah dipelajari oleh programmer pemula. Tak heran jika Python ini sering digunakan untuk kepentingan pendidikan dan pengenalan tentang koding.

Namun jangan salah sangka. Python juga banyak digunakan untuk keperluan komersial dan industri. Anda sering menggunakan Google dan Youtube kan? Nah, konon kabarnya kedua website tersebut juga dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python.

Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman berorientasi obyek yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi web. Ruby merupakan bahasa pemrograman yang unik karena ditulis dengan bahasa pemrograman C tapi mempunyai kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Bicara tentang bahasa pemrograman Ruby, masih kurang lengkap jika tidak membahas Ruby on Rails. Ruby on Rails merupakan web framework open source yang dioptimalkan untuk memudahkan programmer dan menopang produktivitas.

Ruby on Rails sangat populer di kalangan web developer. Banyak sekali aplikasi web yang menggunakan Ruby on Rails, sebut saja Twitter, GitHub, Basecamp, Shopify dan masih banyak lagi yang lainnya. Programmer yang menguasai Ruby on Rails mempunyai rentang gaji yang sangat tinggi karena banyak sekali yang membutuhkannya.

Kesimpulan

Jika Anda ingin belajar bahasa pemrograman, Anda bisa memilih salah satu dari 7 bahasa pemrograman yang paling populer di atas. Aspek popularitas dari bahasa pemrograman wajib menjadi pertimbangan agar ke depannya Anda lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *